10 Pebulu Tangkis, Harapan Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro

10 Pebulu Tangkis, Harapan Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro
info gambar utama

Sebanyak 10 pebulu tangkis Indonesia akhirnya berhasil mengamankan tiket ke Olimpiade Rio de Janeiro yang akan berlangsung pada Agustus 2016. PBSI dan rakyat Indonesia menggantungkan harapan kepada mereka untuk mendulang emas yang sempat hilang pada Olimpiade London empat tahun silam.

Dari penghitungan poin mulai 4 Mei 2015 hingga 1 Mei 2016, Indonesia menempatkan Tommy Sugiarto dan Linda Wenifanetri masing-masing di sektor tunggal putra dan tunggal putri.

Ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dengan meyakinkan meraih tiket ke olimpiade dengan duduk di peringkat dua dunia, begitupun pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Sektor ganda campuran berhasil meloloskan dua wakil yaitu pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen Jordan/Debby Susanto.

Di sektor tunggal putri, sempat terjadi kejar-kejaran peringkat antara Linda dan Maria Febe Kusumastuti, pemain binaan klub Djarum. Peringkat terakhir menyatakan Linda berada di posisi 22, dua tingkat lebih tinggi dari Febe yang duduk di posisi 24 dunia.

Hal lain yang mendasari terpilihnya Linda adalah penghitungan hasilhead to head melawan pemain-pemain top dunia seperti Carolina Marin (Spanyol), Ratchanok Intanon (Thailand), Wang Yihan (Cina) dan lain-lain. Hasilnya, Linda tercatat memiliki skor lebih tinggi dari Febe.

“BWF (Badminton World Federation) sudah merilis daftar-daftar pemain yang berhak untuk berlaga di olimpiade dan nama Linda ada di urutan ke-15, dari segi peringkat dunia juga Linda berada di atas Febe. Selain itu, kami juga sudah menganalisa performance Linda dan Febe, secara hasil penghitungan head to head dengan pemain-pemain dunia, Linda lebih unggul,” ujar Rexy Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI.

Dua medali emas menjadi target tim bulu tangkis di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dua sektor yang paling berpeluang untuk memenuhi target ini adalah sektor ganda putra dan ganda campuran. Namun tak menutup kemungkinan sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri membuat kejutan dan menyumbangkan medali.



Sumber : republika
Sumber Gambar Sampul : auvijanfamily.wordpress.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini