Teknologi pertahanan milik Indonesia unjuk gigi. Melalui PT Pindad, negeri ini tidak akan lama lagi bakal memiliki Tank Boat atau kapal tank dengan meriam berkaliber 105 mm. Kaliber sebesar itu menempatkan kapal ini sama dengan tank darat yang juga memiliki kaliber meriam yang serupa.

Seperti dilansir CNN Indonesia (12/05/2016) kemampuan Tank Boat ini dalam mengarungi laut juga tidak perlu diragukan. Direktur Utama PT Pindad, Silmy Karim mengungkapkan bahwa kapal tersebut memiliki kecepatan hingga 40 knot dan mampu mengarungi laut level empat (laut dengan kedalaman lebih dari 2000 meter).

“Kami ingin meyakinkan jika produk dalam negeri ini berkualitas. Saya tidak mau bilang produksi dalam negeri itu lebih murah, tapi jelas membeli produk dalam negeri membuat pabrik-pabrik kita bergerak, dan uang tidak lari ke luar,” ujar Silmy.

Silmy juga menjelaskan bahwa Tank Boat tersebut telah dikembangkan sejak tahun 2015. Dan saat ini tank boat Pindad tengah diuji model di Pulau Tasmania, Australia.

PT Pindad rencananya bakal memamerkan karya anak bangsa terserbut dalam gelaran Indo Defence Expo 2016 di Jakarta, 2-5 November. Meski belum resmi meluncurkan Tank Boat, Pindad mengatakan telah menerima surat dari beberapa negara yang berminat untuk membeli.

“Banyak negara yang minat, tapi tidak bisa saya sebut. Banyak yang sudah tanda tangan kontrak pun tidak mau diumumkan. Sebab ini jual senjata, bukan mi instan,” kata Silmy.

Sumber : CNN Indonesia
Sumber Gambar Sampul :Dok. Silmy Karim via www.cnnindonesia.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu