Pada Jumat (27/5) kemarin, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meresmikan Kampung UKM Digital ke-116  yang berlokasi di tepian Danau Toba Parapat Kabupaten Simalungun.

Ada makna filosofis dibalik angka 116. 

“Angka 1 menunjukkan lokasi pertama di tepian danau. Angka 1 lainnya menunjukkan komunitas pertama yang beranggotakan pengusaha kapal wisata. Angka 6 adalah angka yang bermakna kemakmuran potensi wisata danau Toba,” kata Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dalam regular sharing session on the Weekend dengan IndoTelko, Sabtu (28/5).

Diungkapkannya, Kampung UKM Digital ke-116 ini menggandeng Organisasi Perusahaan Sejenis (OPS) Marihat Permai yang berdiri sejak 1996. Ada sekitar 35 Kapal Motor penumpang wisata dan pemilik permainan air.  

“Mereka ini tak memliki situs sendiri  untuk pemasaran digital. Selama ini mengandalkan word of mouth atau tulisan pengunjung di blog-nya. Kita mau akselerasi dengan Goes Digital secara mandiri,” paparnya.

Dalam pengembangan Program Kampung UKM Digital di Danau Toba, operator pelat merah ini  mengacu pada konsep Connectivity, Content, dan Commerce (3C)

Connectivity, dimana Kampung UKM Digital Kapal Wisata Danau Toba ini dilengkapi ruang Broadband Learning Center yang terkoneksi dengan akses High Speed Internet  dengan kecepatan 10 Mbps sebagai media pembelajaran bagi pelaku UKM.

Content,  dimana  Telkom melakukan program pendampingan dalam bentuk pelatihan dan penyiapan aplikasi Smart Bisnis sebagai wadah kolaborasi dan promosi antar UKM.

Commerce  adalah  meningkatkan transaksi penjualan produk-produk UKM dengan aplikasi blanja.com dan Jarvis Store yang dibantu promosi di media social via facebook dan twitter.

“Konsep Kampung UKM Digital yang diusung Telkom ini merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung atau area tertentu, sehingga para pelaku UKM yang ada semakin maju, mandiri dan modern. Ini bakti Telkom bagi Negeri,” pungkasnya.

Inisiasi Kampung UKM Digital ini merupakan bagian dari program BAGUS Indonesia (Bina Aspirasi Gerakan Sejuta UKM Seluruh Indonesia) dan merupakan wujud bakti PT Telekomunikasi Indonesia untuk membantu UKM Indonesia dalam rangka modernisasi dan peningkatan kompetensi UKM melalui ICT. Melalui ICT diharapkan UKM juga mampu untuk memiliki daya saing dalam tingkat global dan turut serta berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

Sumber: www.indotelko.com 
Sumber Gambar Sampul : http://interfacelift.com/ 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu