Indonesia Menjadi Lokasi Hotel Terbaik Dunia Tahun 2016

Indonesia Menjadi Lokasi Hotel Terbaik Dunia Tahun 2016
info gambar utama

Indonesia yang memiliki destinasi pariwisata alam yang sangat kaya memberikan banyak peluang untuk terbangunnya infrastruktur pendukung kegiatan pariwisata. Seperti fasilitas akomodasi penginapan seperti hotel, vila, maupun rumah singgah. Akibatnya, industri pariwisata pun menjadi dinamis dan terus bersaing meningkatkan kualitas layanannya.

Menilik tentang kualitas akomodasi pariwisata khususnya Hotel, baru-baru ini sebuah hotel di Indonesia dinobatkan sebagai Hotel Terbaik di Dunia versi Travel and Leisure (T+L). Hotel tersebut bernama hotel Nihiwatu yang terletak di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Sebagaimana dilansir dalam daftar 100 Hotel Terbaik di Dunia, Nihiwatu dikatakan oleh Sara Clemence News Director dari T+L mengungkapkan bahwa wisatawan atau pelancong saat ini rela untuk menghabiskan waktu untuk menjamah wilayah-wilayah terpencil hanya untuk menikmati destinasi wisata. Penerbangan sepanjang malam, perjalanan darat yang jauh, sampai harus singgah berulang kali untuk mencapai lokasi yang dituju. Melalui survey World's Best Awards yang dilakukan T+L, dirinya ingin memperoleh setiap opini berharga yang didapatkan dari pengalaman perjalanan yang dilakukan oleh setiap wisatawan dari seluruh dunia. Termasuk dalam hal pengalaman menempati akomodasi berupa hotel.

Secara umum, hotel yang terdaftar dalam 100 Hotel Terbaik di Dunia merupakan hasil pemilihan berdasarkan voting dari para wisawatan. Sehingga tidak semua hotel yang terdaftar merupakan hotel dengan destinasi wisata terpencil. Namun Sara mengungkapkan bahwa pada tahun ini terjadi sebuah kejutan dimana hotel pendatang baru Nihiwatu menjadi hotel terbaik sedunia.

T+L menuliskan deskripsinya tentang Nihiwatu sebagai hotel yang memiliki daya tarik akibat pamor dari pendiri hotel tersebut yang merupakan seorang peselancar. Bangunan penginapan ini mengambil inspirasi rumah tradisional Sumba yang menggunakan atap jerami dan teknik ikat. Tidak hanya itu, Nihiwatu menyediakan makanan laut yang isitmewa di ketiga restorannya. Tamu juga dapat melakukan kegiatan lain seperti memancing atau menunggang kuda khas Sumba. Namun apa yang membuat Nihiwatu spesial adalah adanya ikatan yang kuat antara Sumba, Indonesia dan orang-orang disekitarnya. "Saya akan kembali ke sini, lagi dan lagi," tulis salah satu pembaca T+L.

Nihiwatu Resort (Foto: www.cpp-luxury.com)
info gambar

Berdasarkan deskripsi tersebut tidak heran kemudian hotel yang terletak di Kuta Poleng Complex, Kabupaten Sumba Barat tersebut dipilih menjadi yang terbaik dengan nilai tertinggi, 98,35 mengalahkan berbagai hotel dari negara-negara yang telah maju industri pariwisatanya di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, dalam daftar yang sama, hotel dari Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar hotel terbaik adalah The St. Regis Bali Resort yang terletak di Nusa Dua, dengan nilai 96,22 menempati peringkat 35. Sehingga dalam daftar 100 Hotel Terbaik di Dunia, Indonesia menempatkan 2 hotel terbaik.

Sumber : T+L
Sumber Gambar Sampul : nihiwatu.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini