Lupa Sandi?

Melipir Sebentar ke Yogyakarta Jangan Lupa Mampir ke Taman Sari

Achmat Saputra
Achmat Saputra
0 Komentar
Melipir Sebentar ke Yogyakarta Jangan Lupa Mampir ke Taman Sari
Kerajaan air Taman Sari Yogyakarta
Melati indah di Taman Sari

Taman Sari yang kemudian disebut dengan Water Castle atau istana air ini merupakan salah satu wisata andalan yang wajib dikunjungi para traveler ketika menginjakkan kaki di kota wisata Yogyakarta.

Dalam sejarahnya yang disampaikan oleh beberapa orang yang menjadi guide Istana Air Tamansari menyebutkan bahwa Taman ini dipergunakan oleh Raja Mataram (Jogja) untuk melakukan mandi pada bulan-bulan tertentu. Ada sedikit kemistikan yang terjadi di sekitar area kolam kala itu. Ketika Raja hendak masuk ke Istana Air Tamansari maka disambut dengan musik gamelan yang dilagukan dari bangunan-bangunan kecil di kanan dan kiri yang ada di depan Istana Air Tamansari. Lalu ada upacara tertentu untuk menyambut Raja dan orang-orang yang hendak masuk ke Istana Air Tamansari.

Suguhan bangunan dengan arsitektur khas bangunan kerajaan di Yogyakarta pada masanya ini akan tersuguhkan bagi para pengunjung. Berbagai wisatawan mulai dari wisatawan local sampai mancanegara pun selalu menyempatkan diri untuk mampir ke tempat ini, mungkin hanya untuk sekedar berfoto ria atau mencari tahu sejarah tentang bangunan ini. Tak jarang juga pasangan yang akan menikah, memilih lokasi ini untuk sesi foto pernikahan mereka atau yang biasa disebut pre wedding.

Aku sedih masih sendiri
Aku sedih masih sendiri

Untuk menuju ke tempat wisata ini sangatlah muda diakses, Istana Air Tamasari terletak di Jalan Taman sekitar 10 menit dari keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, bagi yang melalui jalur barat (Jakarta atau Kebumen) bisa menuju jalan lingkar barat (Ring Road Barat tapi bukan menuju jalan ini, hanya melewati) setelah melalui Jalan Wates lalu lurus menuju jalan RE Martadinata – Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan – Belok kiri menuju Jalan Nyai Ahmad Dahlan – lurus Jalan Ngasem – belok kiri Jalan Taman. Kalau dari Magelang atau Semarang, bisa melalui jalan Magelang kearah selatan melewati Jalan Tentara Pelajar – Jalan Letnan Jendral Suprapto – belok kiri ke arah jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan – Jalan Nyai Haji Ahmad Dahlan – Jalan Taman. Jika dari arah timur atau Surakarta atau Klaten bisa melalui Prambanan ke arah barat menuju pertigaan Janti ( naik ke jalan layang) belok kiri ke arah Ring Road Timur – Jalan Kusumanegara – Jalan Sultan Agung – Jalan Nyai Ahmad Dahlan. Atau dari jalan Janti (Jogja Expo Center) ke arah Jalan Ngeksigondo – Jalan Perintis Kemerdekaan – Jalan mentri Supeno – Jalan Kolonel Sugiyono lurus ke Jalan Sutoyo belok kanan ke jalan gading (ada gapura plengkung / setengah lingkaran) melewati alun-alun selatan – Jalan Taman.

Baca Juga
Berfoto ria bersama wisatawan asing
Berfoto ria bersama wisatawan asing

Dengan hanya merogoh isi kantong sebesar Rp. 5.000,- pengunjung wisata sudah bisa masuk dan menikmati Istana Air Tamansari. Tidak usah khawatir jika anda tersesat, di Tamansari ini terdapat banyak jasa tour guide yang sudah setia menunggu di pintu gerbang tempat wisata ini jika anda menginginkannya. Dengan membayar Rp. 25.000.- saja pengunjung sudah bisa ditemani untuk menikmati tempat wisata ini.


Sumber : Achmat Saputra
Sumber Gambar Sampul : Achmat Saputra

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ACHMAT SAPUTRA

S I M P L E - Student at Electronic Engineering Polytechnic Institute of Surabaya - Majoring in Multimedia Broadcasting Technology ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata