Pantai Coro, Pantai Perawan Cuplikan Surga yang Ada di Dunia

Pantai Coro, Pantai Perawan Cuplikan Surga yang Ada di Dunia
info gambar utama

Pantai Coro, pantai yang terletak 35 km dari pusat Kota Tulungagung ini kini mulai terdengar namanya di telinga kita. Pantai yang indah dengan deburan ombak yang menyapa membuatnya tak kala saing dengan pantai yang lainnya.

Sekilas ketika mendengar namanya pasti kita akan langsung berfikir jika di pantai ini banyak coro nya atau banyak kecoa nya. Bukan seperti itu, penduduk lokal disekitar pantai menerangkan bahwa penamaan pantai ini dengan nama Coro belum ada penjelasan pasti asal-usul pemberian nama pantai "Coro", katanya hanya suka-suka menyebutnya Coro.

Pantai Coro terletak diujung selatan Jawa Timur, tepatnya di kabupaten Tulungagung. Lokasi pantai Coro berada disebelah timur wisata Reco Sewu Popoh. Akses menuju lokasi pantai Coro sama dengan perjalanan menuju pantai Popoh karena sebenarnya kedua pantai ini bersebelahan. Wisata pantai ini merupakan wisata alami yang belum dikelola dinas pariwisata Tulungagung. Fasilitas di pantai Coro juga belum ada, kamar mandi (WC) hanya terbuat dari terpal dan dikenakan biaya Rp. 2.000 untuk buang air kecil.

Untuk menuju ke pantai indah ini tidaklah mudah dan harus dengan perjuangan. Pasalnya kita harus berjalan kaki dari area parker tempat start sampai ke pantai indah ini dengan jarak tempuh ± 3 km dengan waktu tempuh 30-40 menit. Yang membuat lama ketika menuju oantai ini adalah kita harus melewati hutan, naik turun bukit dengan jalanan yang berliku ditambah lagi licin ketika musim hujan datang. Tetapi perjalan menuju pantai coro memberikan pengalaman tersendiri karena anda akan dipaksa olahraga mendaki dan bersiaplah dengan perbekalan yang memadai.

Rasa capek diperjalan menuju pantai coro ini akan hilang dan terbayar dengan keindahan yang disuguhkan pantai yang masih perawan ini. Pasir putih yang terhampar, pemandangan tebing tebing terjal yang ditumbuhi pohon, semilir angin yang menyapa, sampai deburan ombak dengan gradasi warna air pantai ini yang berkejaran.

Tak afdol kalau ke pantai tanpa berfoto
info gambar

Di pantai ini tidak afdol ketika kita tidak mengabadikan moment berharaga ketika berkunjung ke tempat ini. Banyak tempat persinggahan untuk sekedar melepas dahaga dan meminum segelas es degan atau makan di sini.

Bersama kita hebat
info gambar

Akses menuju pantai Coro Tulungagung dapat dijangkau dari arah manapun sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi sepeda motor/ mobil karena tidak tersedia angkutan umu menuju pantai Coro. Kemudian untuk harga tiket masuk Pantai Coro, Tulungagung sendiri anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 5.000, tapi sebenarnya biaya ini adalah untuk pantai Popoh dan Reco Sewu yang satu lokasi dengan pantai ini. Inilah yang membedakan wisata di Tulungagung dengan wisata di Jawa Timur lainnya. Biasanya tiket masuk sudah termasuk parkir, namun di pantai Coro dan pantai Popoh dikenakan biaya Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pantai indah ini.


Sumber Gambar Sampul : Ega Khansa Alifa

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini