Rambut dan Bulu Mata Palsu Purbalingga yang Mendunia

Rambut dan Bulu Mata Palsu Purbalingga yang Mendunia
info gambar utama

Tuhan memberikan banyak berkah kepada Indonesia sejak awal berdirinya. Berhasil merdeka dari penjajah dan memiliki keindahan alam dengan beragam jenis flora dan fauna merupakan sebagian kecilnya. Warga Indonesia belajar mensyukuri berkah tersebut dengan terus mengembangkan kemampuan. Ada yang belajar mengolah hasil laut, tani, dan menjalankan industri. Salah satu industri yang terdapat di Indonesia adalah rambut dan bulu mata palsu dari Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Seorang pekerja sedang melakukan proses produksi bulu mata palsu.
info gambar

Ketika berada di Purbalingga, kita dapat menemui beberapa pabrik tempat produksi rambut dan bulu mata palsu dilakukan. Di pabrik-pabrik tersebut sebagian besar warga Purbalingga mencari penghasilan hingga dapat memenuhi kebutuhan hidup. Tidak hanya di pabrik, produksi rambut dan bulu mata palsu juga dilakukan di rumah-rumah sebagai home industry. Jika dilihat dari luar, rumah-rumah di Purbalingga terlihat sama saja dengan rumah pada umumnya, namun jika masuk ke dalamnya, kembali kita ditunjukan kepada kegiatan produksi rambut dan bulu mata palsu.

Salah satu sudut rumah tempat produksi rambut palsu.
info gambar

Salah satu daerah di Purbalingga yang memiliki banyak home industry rambut dan bulu mata palsu adalah Desa Karangbanjar. Saking identiknya Desa Karangbanjar dengan rambut dan bulu mata palsu, pernah dibuat sanggul raksasa seberat 7 kwintal yang kemudian masuk ke dalam catatan rekor muri. Industri rambut dan bulu mata palsu di Karangbanjar dimulai sejak tahun 60-an. Awalnya, terdapat warga Karangbanjar yang akan menikah kemudian terdapat orang tua yang mencoba membuat sanggul dari rambut-rambut yang terdapat disisir. Kini, hampir semua rumah di desa Karangbanjar juga merupakan home industry rambut dan bulu mata palsu sehingga membuat persaingannya sangat tinggi. Tiap-tiap rumah biasanya sudah memiliki pengepul masing-masing. Ketika sudah terkumpul, rambut diolah setengah jadi kemudian dijual.

Sanggul raksasa sebagai simbol ramainya industri rambut palsu di Desa Karangbanjar.
info gambar

Rambut dan bulu mata palsu dari Purbalingga sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Pasarannya pun bukan di Indonesia saja, melainkan sampai ke luar negeri seperti Amerika dan Korea. Dengan begitu, tidak berlebihan jika Purbalingga disebut sebagai salah satu tempat penghasil rambut dan bulu mata palsu terbesar di dunia. Berkah dari Tuhan untuk Indonesia semakin sempurna.


Sumber : Perangkat Desa Karangbanjar.
Sumber Gambar Sampul : Dokumentasi pribadi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini