Telkom Dampingi Siswa untuk Mengenal Nusantara

Telkom Dampingi Siswa untuk Mengenal Nusantara
info gambar utama

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memberangkatkan sebanyak 20 pelajar berprestasi setingkat SMA dari 13 kota/kabupaten di Jawa Timur ke Sulawesi Tenggara dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang digagas Kementerian BUMN.

"Pengiriman siswa ini untuk mengenal keindahan budaya, ekonomi, pariwisata dan kemajuan dunia pendidikan di Kendari, Sulawesi Tenggara," kata Direktur Human Capital Management Telkom, Herdy Harman, di Jakarta, Rabu.

Rombongan diberangkatkan dari Balairung Telkom Regional V Jatim, Surabaya, Selasa (2/8) yang disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Saiful Rachman, MM, M.Pd. Didampingi tiga guru pembimbing peserta SMN akan berada di Sulawesi Tenggara hingga 9 Agustus 2016.

Perhelatan ini bagian dari program besar "BUMN Hadir Untuk Negeri" dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Ini bentuk kontribusi BUMN untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada generasi muda sebagai generasi penerus bangsa," ujar Herdy.

Diharapkan momentum SMN ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para siswa untuk mengenal lebih jauh keragaman budaya, sosial ekonomi dan pendidikan daerah lain serta mengetahui peran BUMN dalam membangun daerah.

Menurut Herdy, kegiatan SMN ini merupakan salah satu wujud dari kepedulian BUMN terhadap dunia pendidikan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme utamanya dalam konteks untuk memperkuat semangat kemerdekaan.

Sementara itu, Saiful Rachman yang mewakili Wakil Gubernur Jawa Timur mengapresiasi dukungan seluruh BUMN yang dimotori oleh Telkom, sehingga para siswa peserta SMN dapat membawa nama Jawa Timur di kancah nasional.

Ia berpesan siswa SMA tersebut dapat memelopori ragam budaya Jawa Timur dan memperkenalkan lebih dekat lagi kepada daerah lain, dalam hal ini Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selain memberangkatkan 20 peserta SMN dan 3 guru pendamping ke Kendari, pada hari yang sama Provinsi Jawa Timur juga menerima kedatangan 20 pelajar dari Sulawesi Tenggara untuk melihat potensi wisata, budaya, pendidikan, dan perekonomian rakyat di beberapa kota Jawa Timur.

Selama delapan hari berada di Jawa Timur, pelajar-pelajar tersebut bermalam di rumah-rumah penduduk, seperti di Kampung Herbal Surabaya dan Kampung Cacing Malang.

Sementara itu, dalam program SMN di Jawa Timur, Telkom mendapat kesempatan menjadi penyelenggara dari 14 macam kegiatan dengan kerja sama lima BUMN pendamping lainnya, yakni PT Petrokimia Gresik, Perum Jasa Tirta I, PT SIER, PT Garam dan PT Boma Bisma Indra.

Telkom bersama BUMN pendamping juga akan melaksanakan beragam program, antara lain upacara peringatan HUT RI, penyediaan sarana air bersih, penyediaan sarana mandi cuci kakus, pembangunan tempat penitipan anak, serta pembinaan mantan atlet nasional.

Selain itu, Telkom juga melaksanakan pembinaan desa terpencil, perbatasan dan rawan konflik, elektrifikasi rumah tangga yang belum teraliri listrik, pasar murah, kegiatan lomba-lomba untuk masyarakat, dan BUMN Mengajar serta bedah rumah para veteran.



Sumber :antaranews.com

Sumber Gambar : telkom.co.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini