Perayaan keagamaan merupakan momen sangat penting untuk masyarakat di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hari-hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha, Tahun baru Imlek, Waisak dan juga Natal, akan selalu menjadi momen untuk masyarakat menghabiskan waktu bersama keluarga.
Salah satu hal yang menjadi aktifitas rutin ketika menghabiskan waktu bersama keluarga, adalah "belanja". Contohnya di Indonesia, hari lebaran atau hari raya identik dengan membeli baju baru atau Natal yang tidak lengkap tanpa bertukaran kado.
Tren belanja di masyarakat Asia Tenggara sudah mulai berubah. Jika sebelumnya semua aktifitas belanja dilakukan dengan cara mendatangi lokasi secara langsung, kini masyarakat sudah mulai melakukan aktifitas belanja online.
Sruvey dari Bain & Company mengenai belanja online di Asia Tenggara menyebutkan bahwa, dari 150 juta konsumen digital, 100 juta sudah melakukan transaksi online. Sisanya 50 juta sudah melakukan riset, namun belum melakukan transaksi.
Salah satu e-commerce di Asia, iPrice, melakukan survey menarik mengenai hari-hari besar keagamaan yang berpengaruh terhadap E-commerce di Asia Tenggara.
Salah satunyahasil riset mereka adalah di Indonesia ketika hari raya idul fitri. Di riset ini terlihat bagaimana pola konsumen di Indonesia ketika melakukan belanja online. Berikut ini survey lengkapnya:
Sumber :
Sumber Gambar Sampul :iPrice
Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News