Lupa Sandi?
Java Jazz Single

Ini Dia 9 Fakta Istimewa PON XIX 2016 yang Tidak Banyak Diketahui

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Ini Dia 9 Fakta Istimewa PON XIX 2016 yang Tidak Banyak Diketahui
Ini Dia 9 Fakta Istimewa PON XIX 2016 yang Tidak Banyak Diketahui

Indonesia pada bulan Agustus lalu berhasil membawa pulang satu medali emas dan dua medali perak dari ajang olahraga internasional, Olimpiade Musim Panas Rio 2016. Kita patut menapresiasi prestasi tersebut. Dan pasca perhelatan akbar tersebut usai, Indonesia terus berbenah diri untuk dapat meraih prestasi yang lebih baik dengan mengadakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 dua bulan kemudian. Pada ajang ini, Indonesia mengumpulkan atlet-atlet terbaik bangsa dari Sabang sampai Merauke.

PON yang telah ada sejak tahun 1948 tersebut memasuki episode ke XIX yang diselerenggarakan di Jawa Barat dengan pusatnya berada di Bandung. Terkait dengan pagelaran akbar nasional ini, GNFI telah merangkum beberapa fakta-fakta menarik tentang PON XIX 2016 yang akan resmi dibuka pada Sabtu, 17 September malam nanti.

Apa saja fakta-fakta menarik tersebut? Berikut ulasannya.  

1. Jumlah Peserta PON XIX 2016

Baca Juga
Kontingen PON XIX 2016 dari Jatim yang dilepas 8 September yang lalu (Foto: Fahrizal Arnas / Bola.com)
Kontingen PON XIX 2016 dari Jatim yang dilepas 8 September yang lalu (Foto: Fahrizal Anas / Bola.com)

Perhelatan olahraga nasional pada tahun ini melibatkan 9.533 atlet, 4.071 ofisial, 10.271 panitia pelaksana, dan 18.468 relawan yang semuanya datang dari berbagai penjuru Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke. 

2. Ribuan Medali diperebutkan

Berbicara tentang kompetisi olahraga tentu pasti akan membicarakan jumlah medali. Pada PON tahun ini, terdapat 2.492 medali yang akan diperebutkan oleh setiap kontingen yang terdiri dari 756 medali emas, 756 medali perak, dan 980 medali perunggu.

3. Maskot Surili Lili dan Lala

Maskot PON XIX 2016, Surili dan Lala (Gambar: idezia.com)
Maskot PON XIX 2016, Surili dan Lala (Gambar: idezia.com)

Ajang akbar bertingkat nasional juga tidak lengkap tanpa adanya sebuah maskot. Maskot pada PON XIX kali ini telah dirilis dan diresmikan pada 8 Maret 2016 yang lalu. Pada saat itu maskot yang diperkenalkan adalah sosok bernama Surili dan Lala. Keduanya merupakan karakter fabel primata dari hewan bernama Surili Jawa (Presbytis comata) yang memiliki habitat di daerah Jawa Barat dan Banten. Surili Jawa memiliki dua sub spesies yakni Presbytis comata comata yang hidup di Jawa Barat dan Presbytis comata fredericae yang terdapat di Jawa Tengah. 

4. Upacara Pembukaan dilakukan di GBLA

Gelora Bandung Lautan Api (Foto: poskotanews.com)
Gelora Bandung Lautan Api (Foto: poskotanews.com)

Upacara pembukaan PON XIX 2016 akan dilakukan di Stadion Gedebage yang kini bernama Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) malam nanti. Stadion ini berdiri dilahan seluas 24,5 hektar dan memiliki kapasitas sebesar 38.000 penonton.

5. Gurilaps, tema pembukaan PON XIX 2016

Sabtu malam, 17 September menjadi momentum penanda dimulainya gelaran PON XIX 2016 dengan diadakannya upacara pembukaan. Bila umumnya upacara pembukaan menggunakan satu tema khusus, pada pembukaan PON XIX 2016 nanti, tema Gurilaps akan menjadi tema. Gurilaps sendiri memiliki arti Gunung, Rimba, Laut, Pantai, dan Sungai. Berbagai kemeriahan akan mengandung unsur-unsur tersebut.

6. Api PON XIX 2016 dari Indramayu

Disetiap gelaran olahraga akbar, biasanya dilakukan kirab api yang menyimbolkan semangat yang tidak pernah padam. Torch relay atau kirab api memang lebih terkenal dilakukan di Olimpiade, namun PON XIX 2016 juga tidak ketinggalan dengan melakukan prosesi serupa yang telah dilakukan sejak 5 September lalu dari Indramayu, Jawa Barat dan melewati beberapa rute hingga akhirnya finis di Bandung. Indramayu merupakan Kabupaten tempat beradanya api abadi di desa Majakerta. 

7. Fasilitas Live Streaming

Aplikasi Live Streaming PON 2016 (Foto: play.google.com)
Aplikasi Live Streaming PON 2016 (Foto: play.google.com)

Ingin mendukung dan menyaksikan ajang PON XIX 2016 namun terkendala jarak dan waktu yang tidak memungkinkan untuk hadir di Bandung? Tidak usah khawatir dengan itu, PON XIX 2016 kali ini akan lebih modern dan mudah diakses masyarakat Indonesia berkat adanya aplikasi live streaming, "PON 2016" yang tersedia untuk ponsel pintar berbasis Android. 

8. Perangko Resmi Ajang PON XIX 2016

12 seri perangko resmi PON XIX 2016 (Foto: Deden Iman / Pikiran Rakyat)
12 seri perangko resmi PON XIX 2016 (Foto: Deden Iman / Pikiran Rakyat)

Tidak hanya didukung dengan aplikasi, kemeriahan ajang PON XIX 2016 juga didukung oleh PT Pos Indonesia yang secara eksklusif meluncurkan Perangko bertema PON XIX 2016. Perangko diedarkan sejak 10 September yang lalu sudah diburu para kolektor. Peluncuran ini merupakan tradisi yang telah dilakukan PT Pos Indonesia untuk setiap gelaran Pekan Olahraga Nasional.

9. Operator Jaringan Telekomunikasi Dukung Penuh PON

Selain PT Pos Indonesia, BUMN lain yang mendukung dengan sepenuh hati ajang ini adalah anak perusahaan Telkom Indonesia, Telkomsel. Operator jaringan telekomunikasi plat merah tersebut berkomitmen untuk memperkuat jaringan selama PON XIX 2016 dengan menyiagakan 804 BTS dan 13 BTS mobile. BTS mobile tersebut tersebar di sejumlah venue pertandingan serta fasilitas pendukung seperti Media Center, Penginapan Atlet, Bandara dan Stasiun Kereta hingga Ruma Sakit yang ada di Bandung, Tasikmalaya, Subang, Karawang, Cirebon, Cimahi, Bekasi, Bogor serta beberapa kota lainnya yang di Jawa Barat.

Sumber : berbagai sumber
Sumber Gambar Sampul : idezia.com

Pilih BanggaBangga33%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau67%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Pencerita yang tiada habisnya. Mencari makna untuk cipta karya. Pembelajar yang kerap lapar. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas