Lupa Sandi?

Ini Dia, Mobil Besutan Mahasiswa ITS Sebagai Penantang Mobil Batman

Esterlitha Maharani
Esterlitha Maharani
0 Komentar
Ini Dia, Mobil Besutan Mahasiswa ITS Sebagai Penantang Mobil Batman

Siapa yang tak kenal Batman, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pasti mengetahui superhero satu ini. Batman yang memiliki ciri menggunakan jubah warna hitam dan memakai topeng, kental kaitannya dengan kendaraan yang sering ia kendarai. Ya, Batmobile namanya, merupakan mobil tunggangan sang superhero.

Kini mobil sang superhero dapat kita jumpai di Indonesia. Beberapa mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang mobil yang mirip dengan Batmobile. Terinspirasi dari mobil sang superhero mahasiswa ITS menghadirkan penantang Batmobile.

Mobil karya mahasiswa ITS tersebut dinamai Lowo ireng (Kelelawar Hitam), hal itu tidak lain karena terinspirasi oleh Batman. Menurut Grangsang Setya Ramadhani, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam proyek tersebut tidak membantah bahwa mobil unik itu terinspirasi dari mobil sang superhero Batman.

 “Makanya, kami juga menamakannya Lowo Ireng saat pertama kali membuatnya pada awal 2014,” ujar Grangsang kepada VIVA.co.id di bengkel Motor Listrik Nasional, ITS, Surabaya, awal pekan ini.

Menurut Grangsang, mobil itu bisa melaju hingga kecepatan 180 kilometer per jam. Selain itu, mobil ini bisa mencapai akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam hanya dalam waktu 10 detik. Menurutnya, hal itu sudah terbilang cepat untuk sebuah supercar buatan dalam negeri.

“Rahasia kecepatannya itu ada pada mesin yang menggunakan mesin V6, dan bahan karbonat yang kami gunakan di badan mobil, sehingga mobilnya menjadi ringan tapi kuat,” imbuh Grangsang.

Mobil Lowo Ireng Saat Melakukan Uji Coba | http://otomotif.news.viva.co.id
Mobil Lowo Ireng Saat Melakukan Uji Coba | http://otomotif.news.viva.co.id

Bahan bakar yang digunakan untuk mobil Lowo Ireng adalah bensin jenis pertamax. Kemampuan Lowo Ireng juga sudah terbukti dalam beberapa uji coba selain itu ia juga dianggap sukses menjalani Tour de Java pada 2014 lalu.

Menurut Hanif Taufik salah satu anggota lainnya yang tergabung dalam proyek ini menyatakan, bahwa bagian tersulit dari pembuatan mobil itu adalah saat membuat bodi mobil. Hal itu


Sumber : citizen6.liputan6.com
Sumber Gambar Sampul : molina.its.ac.id

Label:
#karyabangsa
Pilih BanggaBangga77%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang5%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi8%
Pilih TerpukauTerpukau8%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ESTERLITHA MAHARANI

- ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Chris Lesmana, Desainer Mobil Kodok Yang Terkenal Di Kancah Internasional

Andari Widanto Fitria Aisyahsatu minggu yang lalu

Simpang Susun Semanggi dan Kecanggihannya

Agatha Olivia Victoriasatu minggu yang lalu

Akhirnya Dua Pulau Terluar RI Kini Punya Bandara!

Agatha Olivia Victoria2 minggu yang lalu
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara