Ini Dia, Mobil Besutan Mahasiswa ITS Sebagai Penantang Mobil Batman

Ini Dia, Mobil Besutan Mahasiswa ITS Sebagai Penantang Mobil Batman
info gambar utama

Siapa yang tak kenal Batman, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa pasti mengetahui superhero satu ini. Batman yang memiliki ciri menggunakan jubah warna hitam dan memakai topeng, kental kaitannya dengan kendaraan yang sering ia kendarai. Ya, Batmobile namanya, merupakan mobil tunggangan sang superhero.

Kini mobil sang superhero dapat kita jumpai di Indonesia. Beberapa mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang mobil yang mirip dengan Batmobile. Terinspirasi dari mobil sang superhero mahasiswa ITS menghadirkan penantang Batmobile.

Mobil karya mahasiswa ITS tersebut dinamai Lowo ireng (Kelelawar Hitam), hal itu tidak lain karena terinspirasi oleh Batman. Menurut Grangsang Setya Ramadhani, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam proyek tersebut tidak membantah bahwa mobil unik itu terinspirasi dari mobil sang superhero Batman.

“Makanya, kami juga menamakannya Lowo Ireng saat pertama kali membuatnya pada awal 2014,” ujar Grangsang kepada VIVA.co.id di bengkel Motor Listrik Nasional, ITS, Surabaya, awal pekan ini.

Menurut Grangsang, mobil itu bisa melaju hingga kecepatan 180 kilometer per jam. Selain itu, mobil ini bisa mencapai akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam hanya dalam waktu 10 detik. Menurutnya, hal itu sudah terbilang cepat untuk sebuah supercar buatan dalam negeri.

“Rahasia kecepatannya itu ada pada mesin yang menggunakan mesin V6, dan bahan karbonat yang kami gunakan di badan mobil, sehingga mobilnya menjadi ringan tapi kuat,” imbuh Grangsang.

Mobil Lowo Ireng Saat Melakukan Uji Coba | https://otomotif.news.viva.co.id
info gambar

Bahan bakar yang digunakan untuk mobil Lowo Ireng adalah bensin jenis pertamax. Kemampuan Lowo Ireng juga sudah terbukti dalam beberapa uji coba selain itu ia juga dianggap sukses menjalani Tour de Java pada 2014 lalu.

Menurut Hanif Taufik salah satu anggota lainnya yang tergabung dalam proyek ini menyatakan, bahwa bagian tersulit dari pembuatan mobil itu adalah saat membuat bodi mobil. Hal itu


Sumber : citizen6.liputan6.com
Sumber Gambar Sampul : molina.its.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini