Papua Bakal Punya Sekolah Pilot

Papua Bakal Punya Sekolah Pilot
info gambar utama

Papua merupakan salah satu wilayah terbesar di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Wilayah ini dikenal masih banyak memiliki hutan-hutan tropis yang belum terjamah dan alami. Sebab di sana tidak banyak terdapat transportasi darat yang menghubungkan daerah yang satu dengan lainnya. Hubungan antar daerah tersebut lebih banyak dilakukan via udara alias menggunakan pesawat perintis. Itu mengapa penerbangan perintis di Papua menjadi penting.

Memahami pentingnya peran penerbangan perintis, pemerintah Republik Indonesia kemudian bakal mendirikan sekolah pilot di Tanah Mutiara Hitam itu. Pendirian tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Oktober mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Keuta Lembaga Masyarakat Adat Papua, Lenis Kogoya Senin (26/9/2016) di Jakarta sebagaimana diberitakan detikNews.

"Awal minggu kedua Oktober nanti, Presiden menjadwalkan ke Papua. Salah satu agenda untuk meresmikan sekolah pilot di Biak, Papua," ujar Lenis.

Lenis juga mengatakan bahwa sekolah pilot ini nantinya ini khusus untuk anak-anak Papua. Tujuannya agar anak-anak Papua bisa andil dalam dunia penerbangan di Indonesia.

"Sekolah pilot itu dari adat, yang kelola Badan Usaha Milik Adat (BUMA). Ini khusus untuk anak Papua. Pelatihan untuk jadi pilot. Intinya Presiden mengharapkan Papua bukan jadi penonton, tetapi juga bisa aktif di dunia penerbangan, dan warga Papua terlibat langsung untuk membangun Papua," katanya.

Saat ini sekolah tersebut sudah memiliki 9 unit pesawat latih. Beberapa putra Papua juga sudah disekolahkan oleh pemerintah daerahnya untuk sekolah pilot di Banten. Nantinya, setelah sekolah pilot di Biak telah diresmikan, beberapa siswa yang sekolah pilot di Banten akan kembali ke Papua agar dapat beradaptasi dengan karakter penerbangan di Papua.

"Di sana (papua-red.) kan banyak gunung, awan, jadi mereka latihannya nanti adaptasi langsung dengan alam. Biar terbiasa, biar jadi pilot andal," tambah Lenis.

Peresmian yang akan dilakukan pada bulan Oktober tersebut ternyata tidak hanya untuk sekolah pilot tetapi juga peresmian untuk beberapa sekolah unggulan dan akademi komunitas. Akademi komunitas tersebut nantinya akan menjadi sekolah bidang teknologi, pertanian, komputer dan bidang lain yang banyak dibutuhkan di Papua.

Sumber : detikNews
Sumber Gambar Sampul : bisniswisata.co.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini