Papua Bakal Punya Sekolah Pilot

Papua Bakal Punya Sekolah Pilot

Papua Bakal Punya Sekolah Pilot

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Papua merupakan salah satu wilayah terbesar di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Wilayah ini dikenal masih banyak memiliki hutan-hutan tropis yang belum terjamah dan alami. Sebab di sana tidak banyak terdapat transportasi darat yang menghubungkan daerah yang satu dengan lainnya. Hubungan antar daerah tersebut lebih banyak dilakukan via udara alias menggunakan pesawat perintis. Itu mengapa penerbangan perintis di Papua menjadi penting.

Memahami pentingnya peran penerbangan perintis, pemerintah Republik Indonesia kemudian bakal mendirikan sekolah pilot di Tanah Mutiara Hitam itu. Pendirian tersebut akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Oktober mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Keuta Lembaga Masyarakat Adat Papua, Lenis Kogoya Senin (26/9/2016) di Jakarta sebagaimana diberitakan detikNews.

"Awal minggu kedua Oktober nanti, Presiden menjadwalkan ke Papua. Salah satu agenda untuk meresmikan sekolah pilot di Biak, Papua," ujar Lenis.

Lenis juga mengatakan bahwa sekolah pilot ini nantinya ini khusus untuk anak-anak Papua. Tujuannya agar anak-anak Papua bisa andil dalam dunia penerbangan di Indonesia.

"Sekolah pilot itu dari adat, yang kelola Badan Usaha Milik Adat (BUMA). Ini khusus untuk anak Papua. Pelatihan untuk jadi pilot. Intinya Presiden mengharapkan Papua bukan jadi penonton, tetapi juga bisa aktif di dunia penerbangan, dan warga Papua terlibat langsung untuk membangun Papua," katanya.

Saat ini sekolah tersebut sudah memiliki 9 unit pesawat latih. Beberapa putra Papua juga sudah disekolahkan oleh pemerintah daerahnya untuk sekolah pilot di Banten. Nantinya, setelah sekolah pilot di Biak telah diresmikan, beberapa siswa yang sekolah pilot di Banten akan kembali ke Papua agar dapat beradaptasi dengan karakter penerbangan di Papua.

"Di sana (papua-red.) kan banyak gunung, awan, jadi mereka latihannya nanti adaptasi langsung dengan alam. Biar terbiasa, biar jadi pilot andal," tambah Lenis.

Peresmian yang akan dilakukan pada bulan Oktober tersebut ternyata tidak hanya untuk sekolah pilot tetapi juga peresmian untuk beberapa sekolah unggulan dan akademi komunitas. Akademi komunitas tersebut nantinya akan menjadi sekolah bidang teknologi, pertanian, komputer dan bidang lain yang banyak dibutuhkan di Papua.

Sumber : detikNews
Sumber Gambar Sampul : bisniswisata.co.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Gerakan Promosi Wonderful Indonesia di Qatar Sebelummnya

Gerakan Promosi Wonderful Indonesia di Qatar

Pindad Maung, ''Humvee'' Rasa Lokal Bermesin Kijang Innova Selanjutnya

Pindad Maung, ''Humvee'' Rasa Lokal Bermesin Kijang Innova

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

1 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.