Bahan Makanan Wajib ala Dapur Indonesia

Bahan Makanan Wajib ala Dapur Indonesia
info gambar utama

Negara kita mempunyai beragam keunikan dan tradisi tersendiri. Terbagi dalam beberapa provinsi, Indonesia memiliki makanan khas di setiap daerah masing-masing. Makanan-makanan tersebut pun sudah dikenal dunia. Bila kita bisa menikmatintya dengan harga murah, beberapa kuliner Indonesia dijual dengan harga tinggi di luar negeri.

Letak keunikan masakan Indonesia sebenarnya berasal dari bahan makanan itu sendiri. Indonesia telah terkenal sebagai negara penghasil rempah-rempah sejak dulu. Bahan inilah yang dicampurkan ke dalam masakan sehingga menyajikan aroma dan rasa yang tidak bisa ditiru oleh negara-negara lain.

Penghasil Masakan Khas Indonesia

Meskipun kuliner kita beraneka-ragam, ada beberapa bahan memasak yang hampir selalu ada di dapur kita. Kira-kira apa saja bahan-bahan tersebut?

1. Beras

Beras sehat berkualitas - Beras MaknyussSumber gambar: https://berasmaknyuss.com/

Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat kita. Tidak heran keberadaan beras hampir selalu hadir di dapur. Tipe beras pun bermacam-macam diantaranya beras putih, beras merah, beras ketan, beras cokelat, dan beras hitam.

2. Bawang

bawang merah

Sumber gambar: https://id.wikipedia.org/

Meskipun bukan berasal asli dari Indonesia, hampir semua masakan menggunakan bawang sebagai salah satu bumbu penyedap. Beberapa jenis bawang yang sering kita temui adalah bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.

3. Cabai

cabai-merahSumber gambar: https://www.vemale.com/

Penduduk Indonesia terkenal dengan kegemarannya menikmati masakan pedas. Belum afdol rasanya makan tanpa sambal. Cabai sendiri memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tipe cabai paling terkenal di Indonesia adalah cabai rawit. Cabai jenis ini banyak menjadi pelengkap makanan seperti nasi goreng, soto, sampai cemilan seperti gorengan.

4. Lada

lada / merica
Sumber gambar: republika.co.id

Lada atau merica, akan menghasilkan rasa sedikit pahit dan pedas pada masakan. Tubuh juga akan terasa lebih hangat. Jenis lada yang sering digunakan adalah merica putih yang banyak digunakan pada sup atau saus.

Di Indonesia sendiri Kepulauan Bangka Belitung merupakan daerah penghasil lada terbesar di Indonesia.

5. Lengkuas

lengkuas

Sumber gambar: brillio.net

Untuk menambah rasa segar, beberapa makanan khas Indonesia menggunakan lengkuas sebagai tambahan bumbu dapur. Wangi yang dihasilkan pun menambah khas rasa suatu makanan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini