Kini Giliran Indonesia Nampang di New York

Kini Giliran Indonesia Nampang di New York
info gambar utama

Selama hampir satu bulan, iklan aneka ikon pariwisata Indonesia terpampang di salah satu pusat kegiatan paling sibuk di dunia. Tepatnya di Times Square , Manhattan, untuk pertama kalinya dilakukan branding iklan media luar ruang “Wonderful Indonesia” yang dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dipampang di New York, Amerika Serikat. Billboard tersebut dipasang di 42nd Street dan 8th Avanue, mulai dari 26 September hingga 24 Oktober 2016.

Elizabeth Hutagaol sebagai Kepala Bidang Komunikasi Media Ruang Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, mengatakan “Time Square adalah titik point wisatawan di dunia yang berkunjung ke New York. Juga tempat hilir mudik masyarakata New York dan disana juga tempat produk-produk di dunia memasang iklan. Ini yang pertama kali berbentuk media luar ruang di Amerika Serikat,” tuturnya seperti yang dilansir Kompas.com

5 ikon pariwiata Indonesia berupa billboard yang ditampilkan, yakni adalah :

  1. Candi Borobudur, Jawa Tengah
Candi Borobudur (pramana-tours.com)
info gambar

Adalah candi Buddha terbesar di dunia yang terletak di Magelang, juga menjadi salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Candi Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Terdiri dari 6 teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat 3 pelataran melingkar. Dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan terdapat sekitar 504 arca Buddha.

Candi borobudur tampak atas (wisata-jogja.ne)
info gambar

Stupa utama terbesar sebagai mahkota bagunan terletak di tengah dan dikelilingi oleh 3 pelataran melingkar, 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Candi Borobudur dipasang di 5 Times Square & 42nd (Panel 2) F/E berukuran 37 x 37 kaki.

Billboard Candi Borobudur dan G-land (assets.kompas.com)
info gambar
  1. G-Land, Banyuwangi
Bentuk G-land tampak atas (www.tempatwisatamu.com)
info gambar

G-Land atau Pantai Plengkung adalah pantai yang berlokasi dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabbupaten Banyuwangi. Merupakan spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan termasuk salah satu dari tujuh ombak terbaik di dunia. Ketinggian ombaknya bisa mencapai 4-8 meter dengan panjang 2 km. Ombak nya yang indah dan menantang membuat banyak turis berbondong-bondong datang ke G-land untuk menikmati keindahan alamnya.

Keindahan Ombak G-Land (agentwisatabromo.com)
info gambar
Billboard G-Land dan Borobudur di New York (assets.kompas.com)
info gambar

Billboard ikon pariwisata selancar di Pantai G-Land dipasang di 42nd Street dan 8th Avanue F/S dengan ukuran 54 x 18 kaki.

  1. Gebogan, Bali
Gebogan Bali (baliartandcultures.files.wordpress.com)
info gambar

Gebogan atau Pajegan adalah suatu bentuk persembahan berupa susunan rangkaian buah-buahan, jajanan dan bunga yang dikreasi oleh umat Hindu di Bali. Rangkaian tersebut bisa diinovasikan menurut perkembangan zaman, tak melulu buah-buahaan dan jajanan tertentu. Dan gebogan biasanya diusung oleh para ibu-ibu dan gadis Bali untuk dihaturan ke pura saat upacara. Makna dari gebogan yakni sebagai wujud persembahan dan bhakti kehadapan Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta. Bentuk gebogan menjulang tinggi, semakin keatas semakin mengerucut. Di letakkan canang dan sampiyan diatas gebogan. Tinggi rendah gebogan bukanlah tolok ukur keikhlasan hati seseorang dalam memberi persembahan.

Billboard Gebog Bali dan Hewan Komodo di New York (assets.kompas.com)
info gambar

Gebogan di Bali (perempuan membawa gebogan khas Bali) dipasang di 727 Seventh Ave btwn 48th & 49th Streets F/NW berukuran 47 x 25 kaki.

  1. Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo
Taman Nasional Komodo (penabiru.com)
info gambar
Komodo (traveloista.com)
info gambar

Terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Terdiri dari 3 pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil lainnya. Didirikan sejak 1980 untuk melindungi komodo dan habitatnya. Terdapat 277 spesies hewan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung dan 37 spesies reptil. Taman Nasional Komodo diterima sebagai situs warisan UNESCO pada tahun 1991.

Billboard Hewan Komodo dan Gebog Bali (assets.kompas.com)
info gambar

Billboard bergambar Hewan komodo dipasang di 5 Times Square & 42nd (Panel 1) F/SE dengan ukuran 36 x 8 kaki.

  1. Raja Ampat, Papua
Kepulauan Raja Ampat (raja-ampat.biz)
info gambar
Wisata Raja Ampat (1.bp.blogspot.com)
info gambar

Kepulauan Raja Ampat adalah rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di bagian barat Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Empat pulau tersebut yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Perairan Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Keindahan alam bawah airnya tak pernah diragukan. Dan merupakan salah satu destinasi wisata yang diperhitungan.

Billboard Raja Ampat di New York (assets.kompas.com)
info gambar

Pemasangan Billboard Raja Ampat menyusul keempat billboard lainnya yang telah terlebih dahulu dipasang sejak 26 September lalu. Sedangkan billbooard Raja Ampat dipasang mulai 3 Oktober, karena dinilai bulan Oktober adalah waktu yang tepat karena sebagian besar wisatawan AS merencakan liburan pada bulan ini. Billboard bergambar Raja Ampat mulai dipasang di 5 Times Square & 42nd (Panel 5) F/N, dengan ukuran billboard sebesar 36 x 85 kaki.


Sumber : wikipedia.com travel.kompas.com bintang.com
Sumber Gambar Sampul : penabiru.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini