Lupa Sandi?

Empat Nama Indonesia di Jajaran 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Arifina Budi
Arifina Budi
0 Komentar
Empat Nama Indonesia di Jajaran 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Wadah pemikir Yordania, The Royal Islamic Strategic Studies Centre merilis daftar terbaru tokoh-tokoh Islam berpengaruh di dunia untuk periode 2017. Dalam daftar sebanyak 500 muslim paling berpengaruh tersebut, ada empat nama dari Indonesia. Siapa saja mereka?

Empat orang dari Indonesia dari jajaran 500 nama tersebut dan masuk di 50 besarnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menempati posisi teratas di urutan ke-13. Lembaga Yordania ini punya alasan khusus memilih Jokowi sebagai muslim paling berpengaruh di dunia lantaran Sang Presiden tersebut dipandang sebagai politikus yang bersih dan dinilai sanggup menghindar dari korupsi dan nepotisme.

Tak hanya itu, cara Jokowi mendekatkan diri kepada masyarakat dengan cara blusukan juga dipandang sebagai hal yang amat baik karena akan membuat mata dan telinganya terbuka dengan kondisi masyarakat.

Selain Jokowi, The Royal Islamic Strategic Studies Centre menempatkan Ketua Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Said Aqil Siradj di urutan ke-20. Ia dianggap memiliki latar belakang akademis yang mumpuni sehingga dapat memimpin sebuah organisasi pergerakan Islam di tanah air. NU dianggap telah memberikan kontribusi besar kepada masyarakat Indonesia khususya di bidang pembangunan pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

Said Aqil mendirikan Said Aqil Center di Mesir, pusat kajian yang berfokus dalam mengembangkan wacana keislaman, khususnya di dunia Arab.

Daftar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia ini banyak memasukkan pemimpin negara sebagai tokoh berpengaruh
Daftar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia ini banyak memasukkan pemimpin negara sebagai tokoh berpengaruh

Di urutan ke-41 terdapat nama Din Syamsuddin, mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai sosok yang aktif dalam dialog antaragama dan antarbudaya di dunia. Din juga menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia, anggota dari Kelompok Strategis Visi Rusia, Ketua Forum Perdamaian Dunia dan Presiden Dialog Antar-Agama.

Dan menyusul Din, di urutan ke-45 tertulis nama Habib Muhammad Luthfi bin Yahya sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah. Ia juga sebagai pemimpin spiritual dari Tarekat Ba Alawi di Indonesia. Ba Alawi merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW yang berimigrasi ke Hadramaut di Yaman pada awal sejarah Islam. Mereka memiliki peran utama dalam membawa Islam ke bagian timur, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, pada tahun 2009 daftar ini juga pernah memasukkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di urutan ke-6, tahun 2012 di urutan ke-9 dan tahun berikutnya di urutan ke-7. Pun pada daftar untuk tahun 2016 Presiden Joko Widodo juga masuk di dalamnya.

Selain keempat nama tersebut, dari total 500 nama tokoh Muslim juga terdapat 17 nama tokoh Muslim Indonesia lainnya seperti penulis Asma Nadia, sastrawan Goenawan Mohammad, Abdullah Gymnastiar, dan Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani.


Sumber : republika.co.id | beritagar.id
Sumber Gambar : republika.co.id

Pilih BanggaBangga63%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli13%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi13%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIFINA BUDI

Pencerita hal-hal baik untuk dunia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Dari Anak Jalanan Jadi Calon Ahli Kriminologi

Indah Gilang Pusparani2 bulan yang lalu

Ini Dia Peselancar Wanita Indonesia Yang Go International!

Agatha Olivia Victoria3 bulan yang lalu

Taufiq Effendi, Tunanetra Yang Berhasil Menggebrak Indonesia

Agatha Olivia Victoria4 bulan yang lalu

"Jika Perlu, Saya akan Bangkit dari Kubur"

Akhyari Hananto4 bulan yang lalu

"...Saya akan bangkit dari kubur"

Akhyari Hananto4 bulan yang lalu
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara