Diawali dengan welcome dinner rangkaian acara Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores jatuh pada hari Sabtu (15/10) bertempat di Capa Resort Maumere yang menampilkan Sikka Akustik bersama beberapa penampil antara lain Andre Hehanussa, Ivan Nestorman, Syaharani, Trie Utami, Barry Likumahuwa, Djaduk Ferianto.

Keesokan harinya pada tanggal 16 Oktober 2016 Andre Hehanussa direncanakan hadir bersama grup musik muda yang dipimpin oleh Ali Akbar (pianis The Groove). Sentuhan jazz disematkan melalui tangan Ali pada banyak lagu populer Andre yang akan ditampilkan di Mandiri Maumere Fiesta Flores kali ini, sebut saja Bidadari, Kuta Bali, dan Karena Kutahu Engkau Begitu (KKEB).

Masyarakat dapat hadir beramai-ramai menyaksikan acara ini dengan datang langsung ke hutan bakau Baba Akong, Magepanda, Maumere, Flores.

“Konser ini kita buka luas untuk masyarakat secara gratis untuk ditonton,” demikian ujar Melchias Markus Mekeng tokoh masyarakat Maumere yang juga pendiri Yayasan Bapa Bangsa. “Kita ingin daerah ini semakin dikenal melalui potensi budaya dan wisatanya. Hal-hal unik akan terus dilakukan demi daerah dan masyarakat Kabupaten Sikka” tambahnya.

Sementara itu Festival Director, Agus Setiawan Basuni dari WartaJazz mengungkapkan bahwa Festival Jazz di Hutan Bakau ini merupakan yang pertama di Indonesia dan sekaligus pembuka jalan untuk publik pecinta seni dan music Jazz untuk mengunjungi kawasan Timur Indonesia.

Musikus serba bisa Djaduk Ferianto akan berkolaborasi dengan musisi-musisi dari Meumere. Semalam (14/10) proses latihan mereka di desa Nita tepatnya di Alfonsa, Lepo Lorun, sangat menarik, Djaduk bersama Orkestra Satu Sikka menciptakan lima komposisi baru bersama Emiel Diejeh. Selain Djaduk Ferianto dan Orchestra Satu Sikka turut hadir Syaharani dan Trie Utami yang akan bermain bersama musisi asal Flores, Ivan Nestorman dalam kolektif yang ia beri nama The Nestornation. Mereka menampilkan karya-karya Ivan yang kental dengan nuansa lokal yang juga disaksikan oleh wartawan.

Festival ini juga merupakan festival pertama yang memanfaatkan alat berat untuk meratakan area pertunjukan agar nyaman dinikmati penonton. Instalasi lampu penerangan jalan dikerjakan oleh PT. PLN di area jembatan bambu sepanjang 320 m

Panitia tengah menjadwalkan kegiatan penanaman mangrove sebanyak 300 anakan pada lahan 1 hektar, (16/10). Kegiatan penanaman ini rencananya melibatkan sponsor, musisi jazz, media dan para tamu undangan.

Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores 2016 didukung penuh oleh Bank Mandiri selaku Title Sponsor dan turut didukung pula oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Pelindo serta Capa Resort Maumere.

Acara ini digagas oleh Yayasan Bapa Bangsa dan WartaJazz dan diorganisir oleh Jalamaya Productions.

Informasi lebih lanjut tentang acara ini dapat dilihat di www.maumerejazz.com atau email ke info@maumerejazz.com

***

 

Yayasan Bapa Bangsa
Sebuah yayasan yang didirikan untuk bekerja di bidang agama, sosial / kemanusiaan, kesehatan, pendidikan , seni dan kebudayaan di Maumere. Seni dan budaya adalah salah satu fokus pada pembangunan di Maumere untuk memperkenalkan tentang keragaman seni, budaya dan pariwisata.

 

WartaJazz

Merupakan eko-sistem jazz di Indonesia. Lebih dari 16 tahun mendukung dan mengembangkan berbagai kegiatan Jazz termasuk Festival. Menyelenggarakan Mahakam Jazz Fiesta, Maratua Jazz & Dive Fiesta, Balikpapan Jazz Fiesta, Ramadhan Jazz Festival, NgayogJazz dan lain-lain. Memiliki kepedulian pada pengembangan generasi muda dengan kegiatan Youth Jazz Showcase Series secara teratur, pemberdayaan komunitas dan mempromosikan talenta Indonesia ke mancanegara.




Sumber : Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores 2016
Sumber Gambar Sampul : Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores 2016

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu