Situs streaming musik asal Korea Selatan, MelOn, di Indonesia kini akhirnya dimiliki penuh oleh PT. Telekomunkasi Indonesia Tbk (Telkom). PT. Melon Indonesia diakuisisi penuh oleh Telkom melalui anak usahanya Metranet.

Capaian yang tengah diinginkan oleh Telkom sejak pertama kali memiliki 51% saham MelOn pada tahun 2010 ini akhirnya terealisasi. Melon menjadi salah satu portofolio yang menjadi andalan Telkom untuk menjadi King of Digital khususnya di bidang musik.

“Betul, sekarang Melon Indonesia sudah 100% milik Telkom Group,” ungkap Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom, Indra Utoyo kepada IndoTelko, Senin (31/10).

Diharapkannya, dengan dikuasainya secara penuh MelOn oleh Telkom bisa  menjadi platform digital musik experience dan content derivatifnya yang akan memperkuat digital services di Telkom Group khususnya langitmusik Telkomsel dan IndiHome.

Telkom mengakuisisi 49% saham SK Planet (anak usaha SK Telcom) senilai U$ 13 juta. Alhasil, sekarang MelOn menjadi 100% Merah Putih.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Metranet kini memiliki 52% saham Melon yang sebelumnya dimiliki SK Planet (49%), dan Telkom Metra (3%). Pasca efektifnya pengalihan saham pada awal November 2016, Melon akan dimiliki oleh Metranet (52%) dan TelkomMetra (48%), keduanya merupakan anak perusahaan yang dimiliki secara penuh oleh Telkom.

SVP Synergy & Portfolio Telkom, sekaligus Komisaris MelOn, Achmad Sugiarto menyakini aksi akuisisi itu   akan memberikan value bagus dan arena baru buat industri musik tanah air, dan tentu juga Telkom.

“Indonesia yang sangat kaya dengan budaya dan termasuk musik di dalamnya, dengan akusisi ini akan dapat menggairahkan kembali industri musik digital anak negeri ke dalam platform lokal, serta tentu juga akan menggali potensi konten dari sinergi BUMN yang menarik,” katanya.

Direktur Utama TelkomMetra mengungkapkan, SK Telecom secara grup usaha sudah berhenti di bisnis musik, dimana MelOn Korea telah dijual senilai US$ 2 miliar.

“Kita tak mau yang di Indonesia (MelOn) lepas ke asing, makanya Telkom akuisisi penuh.  Kita akan mengembangkan Melon tidak hanya di portofolio musik tapi juga semua konten digital. Kinerja MelOn ini tengah bagus-bagusnya, dimana pendapatan, EBITDA, dan laba bersih tumbuh diatas 40%, itu diatas rata-rata industri,” pungkasnya.

Di negeri asalnya sendiri,  Korea Selatan, SK Telecom telah melepas kepemilikan di anak usahanya Loen Entertainment (Loen) dengan nilai sekitar  US$1.5 miliar yang mengelola MelOn ke KakaoTalk pada kuartal pertama 2016 lalu.

 
Sumber : INDOTELKO

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu