Lupa Sandi?

Surga Kecil dari Pulau - Pulau Terluar Indonesia

Thomas Benmetan
Thomas Benmetan
0 Komentar
Surga Kecil dari Pulau - Pulau Terluar Indonesia

Dengan 2/3 wilayahnya berupa lautan serta 17.506 buah pulau terbentang membentuk negeri ini, Indonesia memang memiliki potensi bahari yang keindahannya susah untuk disandingkan dengan negara lain. sebaran pulau – pulau eksotis yang bsa membuat tercengang dengan keindahannya. Tidak terkecuali dengan pulau – pulau terluar Indonesia. Menjadi batas wilayah negeri ini, pulau – pulau tersebut memiliki keindahan yang patut untuk masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Meski jauh dari daratan utama yang lebih dekat dengan negeri ini, pulau – pulau ini ternyata banyak pula dikunjungi oleh wisatawan asing. Tidak lain dan tidak bukan adalah karena pesona luar biasa yang ditawarkan oleh pulau – pulau tersebut. Dilansir dari berbagai sumber, berikut pulau – pulau terluar Indonesia yang terkenal dengan keindahannya.

  1. Pulau Enggano
Pulau Enggano (sumber : brucelevick.com)
(sumber : brucelevick.com)

Pulau Enggano berada di Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Pulau ini memiliki luas sekitar 397km persegi serta terbagi menjadi 6 desa adat yang masih tradisional. Beragam flora dan fauna unik bisa ditemukan di pulau ini, berkat hutan lebat yang masih sangat terjaga hingga saat ini.

Di pulau ini, bisa ditemukan lima jenis pantai yang sangat indah, yaitu pantai berpasir, berlumpur, pasir berkarang, pasir berkarang dan berlumpur serta pantai berkarang batu. Akses Pulau Enggano pun semakin mudah, dengan kapal yang beroperasi setiap hari dari lepas pantai Bengkulu menuju Pulau Enggano yang berjarak 156 kilometer. Selain pantainya yang berwarna biru nan indah,  ada juga spot camping yang menantang.

  1. Pulau Fani
Pulau Fani (sumber : travelerguidance.blogspot.co.id )
(sumber : travelerguidance.blogspot.co.id )

Indonesia timur memang surganya pantai eksostis, tidak terkecuali dengan pantai – pantai yang ada di Pulau Fani ini. terletak di Kabupaten Sorong, Papua, Pulai Fani merupakan salah satu pulau terluar yang dihuni oleh pasukan TNI Angkatan Laut. Pulau Fani berbatasan langsung dengan Palau, sebuah negara kecil di Samudera Pasifik.

Di pulau Fani, terdapat berbagai pantai yang masih sangat alami dengan pasir – pasir putih super lembut. Letaknya yang sangat terpencil ini membuat sensasi berkunjung ke   Pulau Fani akan terasa seperti liburan yang sangat eksklusif. Anda bisa berpuas diri menikmati indahnya pantai – pantai yang ada di pulau Fani seorang diri.

  1. Pulau Ndana
Pulau Ndana (sumber : bluepackerid.com)
 (sumber : bluepackerid.com)

 

Berada di ujung selatan Indonesia, tepatnya di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Merupakan salah satu pulau terluar yang tidak berpenghuni, serta berbatasan langsung dengan Australia. Di Pulau Ndana, mata anda akan disejukkan dengan padang savanna yang masih dihuni oleh Rusa Timor yang bebas berkeliaran, serta hamparan pantai berpasir putih dan air yang berwarna biru kehijauan. Jangan takut, pulau ini hanya berjarak 4 kilometer dari Pulau Rote.

Di pulau ini juga terdapat sebuah danau yang cukup unik, yaitu Danau Merah. Dinamakan danau merah karena air danau tersebut berwarna merah yang konon katanya disebabkan karena  pada zaman dahulu ketika Ndana masih berupa kerajaan, pasukan – pasukan perang sering membersihkan pedang mereka di danau tersebut setelah berperang dengan pasukan dari kerajaan lain. warna merah tersebut berasal dari darah yang dibersihkan dari pedang mereka.

  1. Pulau Maratua
(sumber : travel.kompas.com)
(sumber : travel.kompas.com)

Berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia dan Filipina, Pulau Maratua terletak di kawasan Berau yang tidak jauh dari Pulau Kakaban. Pulau Maratua telah dikelola dengan cukup baik, terlihat dari banyak sekali resort – resort indah di atas air laut yang berwarna biru jernih. Maratua berbentuk V terbalik dengan daratan yang memanjang dari dua sisi dan terdapat pulau yang lebih kecil di bagian tengah. mengunjungi pulau ini akan membuatmu merasa betah dan tidak ingin pulang.

  1. Pulau Rondo  
(sumber : diliputnews.com)
(sumber : diliputnews.com)

Terletak di kawasan Sabang, pulau di bagian ujung barat Indonesia ini menjadi pertemuan arus antara Samudera Hindia dan Selatan Malaka. Hutan – hutan yang lebat di sekeliling Pulau Rondo memberikan sensasi eksotis dengan pantai – pantai berpasir putih yang sangat menantang untuk dijelajahi. Ketika gelombang laut sedang tenang, pulau ini menawarkan pemandangan yang begitu menakjubkan.

Itulah beberapa pulau terluar Indonesia dengan keindahan yang menakjubkan. Pesonanya kerap menawarkan rasa penasaran bagi siapapun yang ingin mengunjunginya, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Tidak hanya itu, letaknya yang berada di area terluar dari Indonesia juga kerap menjadi bahaya tersendiri, sebab dengan keindahannya yang luar biasa pulau – pulau ini menjadi daya tarik bagi negara – negara disekitarnya untuk diambil alih. Kerap menjadi incaran, sudah saatnya kita memusatkan perhatian untuk melindungi pulau – pulau tersebut.    


Sumber :travellingyuk.com, boombastis.com, ayojalan.com, wikipedia.org 

Pilih BanggaBangga53%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang4%
Pilih Tak PeduliTak Peduli2%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi11%
Pilih TerpukauTerpukau28%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG THOMAS BENMETAN

A Fulltime life-learner who lost himself into book, poem, Adventure, travelling, hiking, and social working. Graduated from Faculty of Communication Science, Petra Christian University. Currently pur ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas