Siapa yang tak kenal dengan salah satu stasiun kereta api ( KA ) ter-sibuk di Indonesia ini? dalam satu hari saja stasiun yang terletak di Jakarta Selatan ini, dapat melayani hampir lebih dari seribu perjalanan KA yang didominasi oleh 881 perjalanan KRL. Perjalanan KA yang melewati Stasiun Manggarai antarai lain :
- Kereta tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur
- KRL Jakarta Kota- Bekasi
- KRL Jakarta Kota- Bogor
- KRL Jatinegara - Tanah Abang - Bogor
- KRL Pengumpan ( feeder ) Duri - Manggarai
- Angkutan batu bara Merak - Citayam - Nambo
- Angkotan galon air mineral Sukabumi - Kampungbandan
Untuk memperbesar kapasitas KA yang dapat dilayani sekaligus agar dapat melayani KA bandara di stasiun yang menjadi stasiun central bagi seluruh perjalanan KA di Jabodetabek ini, Kementerian Perhubungan lewat Direktorat Jenderal Perkeretaapian ( DJKA ) akan mengembangkan Stasiun Manggarai sedemikian rupa.
Pengembangan yang dimaksud adalah membangun jalur ganda berganda ( Double Double Track ) lintas Manggarai - Cikarang dan untuk menunjang pembangunan tersebut Stasiun Manggarai akan dikembangkan. Pengembangan tersebut berupa :
- Stasiun Manggarai akan dijadikan 3 tingkat, tiap tingkat dapat melayani KA yang melintas tanpa saling bersinggungan ( bergantian ).
- Lantai pertama : 4 Jalur KRL Bekasi - Manggarai - Tanahabang - Jatinegara PP, 4 jalur KA Bandara dengan panjang peron cukup untuk menampung 12 kereta
- Lantai kedua : dijadikan ruang layanan penumpang dengan luas 9.108 m2 dilengkapi lift dan tangga berjalan
- Lantai ketiga : 6 Jalur KA jarak jauh dan 4 jalur KRL Jakarta Kota - Bogor
Dengan dikembangkannya Stasiun Manggarai menjadi 3 lantai dan jalur ganda berganda, pengaturan perjalanan akan mengalami perubahan sebagai berikut
- KA Jarak jauh akan mengakhiri perjalanan di Stasiun Manggarai dan sebagian di Stasiun Pasar Senen
- KA jarak jauh akan dipisah dengan perjalanan KRL jalur Bekasi setelah pembangunan jalur ganda berganda
- KRL jalur Bekasi akan terpisah dengan KRL jalur Bogor
- KA Bandara akan memiliki rute Manggarai - Duri - Batuceper - Bandara Soekarno Hatta
Setelah pembangunan ini selesai, diharapkan dapat memperlancar lalu lintas kereta api sehingga dapat membuat pengguna kendaraan pribadi berali ke kendaraan umum. Pembangunan ini juga akan diintegrasikan dengan LRT dan MRT Jakarta.
Sumber : Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan
Sumber gambar : Direktorat Jenderal Perkeretaapian, telah disunting tanpa sedikitpun mengubah makna gambar asli
Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News