Lupa Sandi?

Inilah Alasan Mengapa Stadion Pakansari di Bogor Dipilih untuk Gelar Semifinal Piala AFF

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Inilah Alasan Mengapa Stadion Pakansari di Bogor Dipilih untuk Gelar Semifinal Piala AFF

Kesebelasan Indonesia dipastikan menggunakan Stadion Pakansari di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, untuk menjamu Vietnam pada semifinal pertama Suzuki AFF Cup 2016, 3 Desember nanti.

Stadion yang disebut berkapasitas penonton 30 ribu itu disahkan oleh perwakilan AFF yang mengunjungi pada Senin (28/11/2016). Sekjen PSSI, Ade Wellington mengatakan AFF menilai stadion ini layak digunakan. 

Stadion Pakansari adalah salah satu arena yang dipertimbangkan PSSI untuk menjadi kandang bagi Indonesia selama Piala AFF 2016. Tiga stadion lain adalah Gelora Bandung Lautan Api (BLA) di Bandung (Jawa Barat), Stadion Manahan Solo (Jawa Tengah), dan Stadion Maguwoharjo Yogyakarta.

Dua stadion yang terakhir disebut pernah menjadi arena pertandingan (persahabatan) Indonesia dengan Malaysia dan Vietnam. Namun Pakansari dan GBLA belum pernah.

Baca Juga

Pakansari sejak diresmikan pada pertengahan 2015, digunakan sebagai arena PON 2016 Jawa Barat dan menjadi kandang PS TNI untuk pertandingan kandang turnamen Indonesia Soccer Championship 2016.

Stadion Pakansari | info Publik
Stadion Pakansari | info Publik

Adapun GBLA yang menjadi unggulan utama justru sedang tak bisa digunakan karena tengah menjalani perbaikan lapangan. Rumput lapangan GBLA rusak parah setelah digunakan sebagai arena utama PON 2016.

PSSI merasa perlu mencari stadion alternatif untuk laga kandang Piala AFF karena stadion utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, sedang direnovasi. Pekerjaan itu dilakukan untuk keperluan Asian Games 2018.

Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan Pakansari kemudian menjadi pilihan utama PSSI dan disetujui AFF.

Stadion Pakansari | Imgrum
Stadion Pakansari | Imgrum

"Stadion Pakansari masih baru, dan akses yang dekat dari Jakarta juga menjadi nilai tambah. Kualitas dan fasilitas Stadion ini juga bagus sesuai standart," ungkap Joko. 

Sebagai turnamen kelas A yang diakui FIFA, AFF dan PSSI mau tak mau harus mengikuti aturan berlaku. FIFA menyatakan stadion untuk turnamen internasional harus berjarak maksimal 150 km atau bisa ditempuh maksimal dua jam dari bandara internasional terdekat.

Posisi Pakansari di Cibinong hanya berjarak sekitar 40 km dari bandara internasional Halim PerdanaKusuma di Jakarta Timur. Sedangkan jarak dari bandara Soekarno Hatta di Banten, Jawa Barat, mencapai maksimal 81 km.

Kapasitas 30 ribu penonton | Bogor Online
Kapasitas 30 ribu penonton | Bogor Online

Pakansari sebenarnya belum 100 persen selesai dibangun. Namun itu hanya fasilitas penunjang di luar stadion seperti lapangan parkir dan taman.

Sedangkan fasilitas di dalam stadion, termasuk lapangan, sudah bisa digunakan seperti lazimnya. 

"Rencananya latihan di Stadion Pakansari pukul empat sore," kata asisten pelatih Indonesia, Wolfgang Pikal, kepada para jurnalis di Jakarta.

Akses menuju Pakansari

PSSI mengatakan keputusan soal tiket, baik jumlah maupun harga, bagi para penonton akan diumumkan pada Selasa pula. Namun gosip soal harga tiket telah beredar di Twitter dan dianggap terlampau mahal.

Di luar soal jumlah dan harga tiket, para calon penonton juga perlu mempertimbangkan akses menuju Stadion Pakansari. Perlu diketahui, lalu lintas di dekat stadion sekitar kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor ini selalu padat --bahkan cenderung macet.

Stadion berada di tengah antara Jalan Raya Bojonggede (Depok) dan Jalan Raya Bogor. Jarak dari Jalan Raya Bogor lebih dekat, sekitar 1 km, dibanding dari Jalan Raya Bojonggede (sekitar 2 km).

Untuk mencapai stadion, ada sejumlah moda transportasi yang bisa digunakan --baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Kendaraan pribadi bisa menggunakan jalur Pasar Minggu-Depok kemudian lanjut ke Jalan Raya Bojonggede dan Jalan Tegar Beriman lalu masuk Jalan Kol. Edy Yoso Martadipura yang tepat mengarah ke stadion.

Kendaraan roda empat juga bisa melewati tol Jagorawi atau tol JORR yang muaranya tetap di Jalan Raya Bogor. Bila memilih tol Jagorawi, Anda bisa keluar di pintu Citereup atau pintu tol Sentul kemudian ambil arah ke Cibinong atau Jalan Raya Bogor.

Setelah itu bertemu pertigaan Jalan Tegar Beriman dan ikuti jalur hingga bertemu Jalan Kol. Edy Yoso Martadipura. Apabila melalui tol JORR, keluar di pintu tol Cijantung/Pasar Rebo dan masuk ke Jalan Raya Bogor hingga bertemu pertigaan dimaksud.

Bila ingin menggunakan kereta komuter, Anda harus memilih kereta jurusan Jakarta-Bogor. Anda turun di Stasiun Bojong Gede, lalu menyambung dengan angkutan kota 05 jurusan Depok-Bojonggede.

Anda harus turun di pertigaan Jalan Tegar Beriman, kemudian sambung lagi dengan angkutan kota nomor 35. Demikian pula bila Anda menggunakan bus APTB jurusan Cibinong.

Dari terminal Cibinong, Anda perlu sambung dengan angkutan kota 08 dan turun di Jalan Tegar Beriman atau Cibinong City Mal. Setelah itu naik angkutan kota nomor 35.

Bila Anda tak mau repot berganti-ganti angkutan kota, Anda bisa menggunakan transportasi ojek sepeda motor berbasis aplikasi. Jadi dari terminal atau stasiun kereta bisa langsung ke stadion.

Dari seluruh pilihan moda itu, laman Info Olahraga tidak menyarankan penggunaan kendaraan pribadi roda empat. "Risiko menggunakan mobil adalah parkiran yang penuh," demikian kesimpulannya.

Lokasi Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, di peta Google.
Lokasi Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, di peta Google.
© Google Maps
sumber: https://beritagar.id/artikel/arena/mengapa-semifinal-piala-aff-di-stadion-pakansari

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih12%
Pilih SenangSenang8%
Pilih Tak PeduliTak Peduli2%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi2%
Pilih TerpukauTerpukau8%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata