Telolet kembali Tenar, Kini Mendunia!

Telolet kembali Tenar, Kini Mendunia!
info gambar utama

Pertengahan tahun 2016, fenomena klakson Telolet dari bus antar kota antar provinsi (AKAP) di sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi perbincangan karena mendadak populer. Hal tersebut terjadi karena semakin banyak pemandangan anak-anak yang menunggu di pinggir jalan untuk meminta bus AKAP membunyikan klakson Teloletnya. Fenomena ini pun akhirnya menarik perhatian media dan beberapa media online nasional seperti Kompas.com pada bulan Mei yang lalu kemudian membuat beberapa seri artikel tentang Telolet.

Menariknya, di penghujung tahun 2016, Telolet seakan hidup kembali setelah beberapa Disc Jockey (DJ) di Amerika membuat cuitan di Twitter tentang Om Telolet Om. Sebut saja DJ Rusia yang aktif di Los Angeles, Zedd berkicau sederhana "Om Telolet Om" dan dalam waktu singkat telah di retweet sebanyak 29ribu kali. Hal yang sama juga dilakukan oleh DJ Snake dan di retweet sebanyak 30ribu kali. Pun Steve Aoki turut ikut-ikutan berkicau.

Sontak belantika musik Amerika Serikat bertanya-tanya tentang apa maksud dari kata "Om Telolet Om". Martin Garrix misalnya bertanya "what is Om Telolet Om?". Sampai saat ini setidaknya kaca kunci Om Telolet Om telah menjadi topik paling populer di Indonesia, dan bahkan di tingkat dunia menjadi paling populer dengan 439ribu cuitan. Angka ini bisa jadi akan terus naik mengingat fenomena ini baru saja terjadi dalam 24 jam terakhir.

Viralnya Om Telolet juga tidak berhenti di dunia Twitter, gaungnya bahkan sampai ke forum online terbesar dunia Reddit.com, Instagram ataupun Snapchat. Pun laman musik terkenal dunia Billboard.com juga tidak ketinggalan terpapar Om Telolet Om. Laman yang secara rutin merilis tangga musik dunia itu mengaku kebingungan dengan kata tersebut dan kemudian berusaha melacak bagaimana asal mulanya.

Jika menilik kembali pada hasil investigasi yang telah dilakukan Kompas.com, klakson Telolet sejatinya sudah ada sejak 5-6 tahun yang lalu. Hanya saja saat ini menjadi populer kembali berkat antusiasme anak-anak untuk merekam dan mengabadikan momen saat Telolet berbunyi dari bis AKAP. Bahkan dikabarkan terdapat komunitas khusus untuk klakson berbiaya 1,5 juta sampai 2 juta rupiah yang unik ini.

Puncaknya adalah ketika DJ Firebeatz dan beberapa DJ lain akhirnya merilis versi remix dari Om Telolet Om sebagai bentuk tribute.

Dan tentu saja hal ini menjadi hal yang membahagiakan bagi insan netizen di Indonesia. Ternyata bahagia itu sederhana ya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Bonus, video Star Wars yang disusupi Telolet

Sumber : Billboard.com; Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini