Indonesia saat ini sedang gencar mengkampanyekan pariwisata Indonesia di kancah Internasional. Simbol Wonderful Indonesia adalah salah satu kampanye yang mencirikan indahnya pariwisata Indonesia. Patut kita apresiasi tentang bagaimana pemerintah Indonesia dengan semangatnya memasarkan berbagai pariwisata Indonesia seperti Candi Borobudur, Gunung Bromo, Bali dan lain sebagainya.

Sebuah pemadangan unik akan kita temui di Frankfurt, Jerman. Sebuah kendaraan bus dipasangi dengan foto tempat wisata Indonesia bersama dengn logo Wonderful Indonesia. Biasanya, bus, sebagai alat transportasi akan dipasangi foto suatu produk untuk mempromosikannya. Hal ini juga yang diterapkan oleh KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) di Jerman. Transportasi umum ini akan berkelilingi kota Frankfurt sesuai dengan jalurnya dan membuat siapapun yang melihat akan mengetahui seklias tentang pariwisata Indonesia.

Dimulai semenjak 20 Desember 2016, KJRI Frankfurt berharap iklan Wonderful Indonesia melalui media ini akan meningkatkan wisatawan jerman ke Indonesia yang sebelumnya pada tahun 2015 mencapai 197.307. Langkah inipun ditindak lanjuti dengan fasilitas bebas visa untuk warga jerman yang kini sudah diberlakukan.

Berkenaan dengan kebijakan bebas visa untuk warga jerman, pemerintah Indonesia juga telah mencantumkan informasi ini di alamat website dan akun sosial media dari Visit Indonesia sehingga memudahkan wisatawan asing untuk mendapatkan informasi secara mandiri.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Destinasi Wisata Indonesia di Frankfurt (Sumber :Kemenerian Luar Negeri Indonesia)

Beberapa destinasi wisata dan budaya Indonesia yang telah dipampang di media bus ini antara lain adalah Raja Ampat, Papua Barat, dan Tari Topeng Betawi. Pemasangan foto-foto peandangan wisata ini berada di sisi samping dan sisi belakang bus, sehingga memudahkan warga Jerman untuk melihat secara jelas tentang pariwisata Indonesia.

Selain itu, pemilihan kota Frankfurt adalah karena status kota Frankfurt sebagai pusat perekonomian Jerman dan Eropa yang dinilai menyimpan potensi yang sangat besar untuk meningkatkan promosi pariwisata di negeri tersebut. Faktor lain yang membuat promosi ini layak untuk dilakukan adalah karena jumlah spending atau pengeluaran wisatawan jerman yang rata-rata mencapai 2500 US Dollar. Sebagai bentuk kerja sama Indonesia dan Jerman, KJRI Frankfurt juga akan mendorong berbagai pihak di Indonesia termasuk Pemerintah Daerah untuk menigkatkan promosi pariwisata di kota Frankfurt.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Mengaspal Di Jalanan Jerman Dengan Indah (sumber : rayapos.com)

Pada tahun 2016 Indonesia telah menargetkan wisatawan asing yang datang sebesar 12 juta orang dan menurut perkembangan yang terjadi setelah Rakornas IV Pariwisata di Grand Ballroom Hotel Sultan, Gelora Senayan, Jakarta pada 6-7 Desember, Arief Yahya sebagai Menteri Pariwisata mengatakan bahwa target untuk tahun 2017 adalah sebesar 15 juta wisatawan asing.

Sumber :

Kementerian Luar Negeri Indonesia

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu