Lupa Sandi?

Kesatuan Pembangun Keberagaman

Putri Rachma
Putri Rachma
0 Komentar
Kesatuan Pembangun Keberagaman

Indonesia merupakan negara seribu pulau tak hanya seribu pulau saja ,Indonesia juga mempunyai julukan Heaven Earth karena suatu keindahan alam Indonesia, kesuburan tanahnya dan kekayaan bangsa Indonesia ini, itu membuktikan bahwa Indonesia tak hanya negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, pulau yang banyak itu didukung oleh keindahan alam yang begitu indahnya . Bahkan lebih dari 17.500 pulau yang membentang di Indonesia meberikan suatu keunikan tersendiri untuk tanah air Indonesia. Pulau-pulau yang ada di Indonesia menciptakan suatu keragaman budaya dan kekayaan alamnya masing-masing, semua itu seolah-olah melengkapi keindahan yang ada di Indonesia sendiri. Beragamnya suku-suku yang dimiliki bangsa membuat Indonesia berbeda dari bangsa lainya..

Tak hanya sampai disitu, Indonesia juga sebuah negara mega biodiversity. Mega biodiversity adalah sebuah julukan yang dianugrahkan para peneliti kepada bumi pertiwi ini untuk merealisasikan kekaguman mereka terhadap keanekaragaman flora dan fauna yang ada di Indonesia. Begitu beragamnya flora dan fauna di Indonesia menyimpan sumber daya alam yang sangat kaya, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya dengan beribu pulaunya disertai dengan berbagai flora fauna dan sumber daya alam yang tersimpan. Indonesia dijuluki juga sebagai paru-paru dunia karena hutan yang dimiliki Indonesia sangat penting untuk di lindungi khususnya di pulau Kalimantan karena berfungsi sebagai penopang paru-paru dunia. Pulau Kalimantan dianggap sebagai salah satu paru-paru dunia karena karena luas hutanya yang mencapai 40,8 juta hektar.

Masyarakat di Indonesia juga sangat beragam , terdapat lebih dari 300 suku etnik yang ada di Indonesia. Suku tersebut memiliki budaya yang berbeda satu sama lain, memegang teguh nilai-nilai dan norma dengan begitu eratnya, memiliki bahasa daerah yang berbeda pula. Sedangkan Indonesia memiliki 6 agama resmi dan beberapa agama yang masih bersifat kedaerahan. Bahkan Indonesia memiliki 4 golongan ras. Keberagaman masyarakat yang ada di Indonesia sangat menambah kekayaan dan nilai-nilai norma yang ada di nusantara ini. Tak dapat mengelak lagi , Indonesia merupakan negara dengan berjuta-juta kekayaan yang mampu menarik mata mancanegara.

Tentunya semua itu sangatlah membutuhkan suatu kerja sama yang sangat erat dari semua masyarakat yang sangat beragam ini. Indonesia sangat keren dengan beribu pulaunya, beratus-ratus suku etniknya, dan berjuta-juta hektar pohonya. Namun yang paling keren dari negriku Indonesia adalah sifat kesatuanya. Indonesia adalah satu itulah kunci dari semua kedamaian yang tercipta dari berbagai perbedaan di negri ini. Bayangkan jika masyarakat di Indonesia melalaikan satu kata tersebut maka berjuta-juta kekayaan yang terdapat di Indonesia ini tidaklah bertahan dan tetap beragam hingga saat ini. Suatu alasan yang mendasari dari semua ke kerenan Indonesia adalah kesatuan. Bhinekka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu, semboyan itu mampu menuntun Indonesia ke kemerdekaan dan kemenangan setalah beratus-ratus tahun para leluhur berjuang untuk kebahagiaan penerus-penerus bangsa.

Baca Juga

Suatu kesatuan di Indonesia sangatlah keren, dengan jumlah total populasi sekitar 255 juta tak menghalangi masyarakat Indonesia untuk tetap menggalakan suatu kesatuan, tidaklah mudah membuat 255 juta orang menjadi 1 jiwa, namun Indonesia bisa. Suatu kesatuan tercipta karena adanya rasa peduli satu sama lain, suatu toleransi yang besar terhadap perbedaan yang tercipta dan juga suatu peredaman dari ke egoisan masing-masing individu. Masyarakat di Indonesia sangatlah hebat mereka mampu membentuk suatu pola perilaku yang tetap berpegang teguh pada budayanya namun tetap menghargai budaya lainya karena apapun suku, agama, ras dan kepercayaan mereka, dimanapun mereka tinggal, mereka tetaplah satu yaitu Indonesia. Persaudaraan diantara mereka yang tak pernah luntur hingga menciptakan suatu keragaman bangsa Indonesia yang tetap adil. Indonesia itu keren karena indonesia itu satu dan aku bangga.

Artikel ini diikutkan dalam kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG PUTRI RACHMA

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie