Wah Sekarang Lagu-Lagu Klasik Indonesia Dapat Lestari Berkat Aplikasi Ini

Wah Sekarang Lagu-Lagu Klasik Indonesia Dapat Lestari Berkat Aplikasi Ini

© spinlet.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Tidak banyak yang tahu bahwa label musik pertama kali di Indonesia adalah Lokananta. Label musik tersebut sampai saat ini menyimpan ribuan arsip musik dan lagu Indonesia dalam berbagai bentuk. Bila dahulu Lokananta banyak menyimpan musik dalam bentuk fisik, kehadiran teknologi digital tentu saja mengancam keberadaannya. Sebab itulah kemudian Telkom Indonesia lewat Melodi Online atau MelOn berinisiatif untuk menyelamatkan kekayaan budaya musik Indonesia dalam bentuk digital.

Seperti diberitakan Indotelko, MelOn yang bekerjasama dengan Percetakan Negara RI (PNRI) sebagai induk dari Lokananta telah resmi menandatangani kerjasama sinergi sebagai wujud nyata BUMN Hadir untuk Negeri. Kerjasama tersebut akan menempatkan koleksi lagu-lagu Indonesia dalam platform digital milik MelOn, sehingga mulai dari musik Indonesia klasik seperti keroncong, lagu daerah, lagu nasional, lagu rakyat dan lagu-lagu populer lainnya akan tersedia secara daring. Bahkan lewat aplikasi MelOn moblie lagu-lagu tersebut bisa didengarkan setiap saat.

Musik Lokananta telah berhasil didigitalisasi oleh JK Record yang merupakan publisher yang ditunjuk oleh Lokananta untuk mengatur distribusi lisensi lagu-lagu Lokananta. JK Record sendiri saat ini digawangi oleh oleh Leonard Kristianto sebagai CEO dan telah mendistribusikan lisensi musik Lokananta di dalam dan luar Indonesia.

Aplikasi MelOn (Foto: Bagus DR/GNFI)
Aplikasi MelOn (Foto: Bagus DR/GNFI)

Beberapa konten musik Lokananta yang telah didigitalisasikan antara lain album Entit oleh Waldjinah, Mengenang Samsaimun & Maryati, Bubi Chen, Karawitan Studio RRI Surakarta Pimpinan Ki Narto Sabdo, Rangkaian Melati oleh Orkes Sapta Nada, dan masih banyak lagi.

“Saat ini lagu-lagu tersebut secara bertahap dapat dimainkan dan didapatkan melalui platform musik yang dikelola oleh Melon,” kata Pria yang akrab disapa Anto itu.

Berkat inisiatif ini, diharapkan budaya musik Indonesia akan terus terjaga, karena terdistribusi dan mudah didapatkan masyarakat sehingga mampu terwariskan.

“Dengan menempatkan musik Lokananta pada platform musik digital Melon, maka musik yang merupakan budaya klasik nasional ini terdistribusi secara mudah, terjaga, dan terwariskan kepada masyarakat Indonesia,” kata Achmad Sugiarto

Sumber : Indotelko

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga47%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang24%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi3%
Pilih TerpukauTerpukau13%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

 Leonard Hutabarat Berbicara Mengenai Masa Depan Indonesia Sebelummnya

Leonard Hutabarat Berbicara Mengenai Masa Depan Indonesia

Aturan Baru WhatsApp Soal ‘’Meneruskan’’ Pesan Selanjutnya

Aturan Baru WhatsApp Soal ‘’Meneruskan’’ Pesan

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.