Aksi Baik Babel: Komunitas Anak Muda untuk Bangka Belitung Lebih Baik

Aksi Baik Babel: Komunitas Anak Muda untuk Bangka Belitung Lebih Baik
info gambar utama

Anak muda selalu menjadi bagian penting dari suatu wilayah. Mereka menjadi sumber daya penting bagi masa depan. Perkembangan mereka dapat menjadi perkembangan suatu wilayah. Dewasa ini banyak anak muda yang turut memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran mereka dengan aktivitas sosial yang bertujuan untuk membantu perkembagan masyarakat dalam suatu wilayah. Hal ini juga berlaku di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebuah gerakan yang diinisiasi oleh beberapa anak muda telah hadir di Babel yang merupakan singkatan dari Bangka Belitung, sebuah provinsi kepulauan yang terletak disebelah timur Provinsi Sumatra Selatan. Gerakan itu dinamai Aksi Baik Babel (ABB).

ABB memulai aksi pertamanya dengan membantu mengembangkan sebuah perpustakaan di Desa Kurau Timur, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah. Dengan dukungan warga desa sekitar, ABB berhasil merenovasi perpustakaan kecil disana. Pada 26 Februari 2017 lalu, ABB dan pengurus perpustakaan berhasil menggelar sebuah acara terkait peresmian perpustakaan tersebut . Acara tersebut berhasil menarik masyarakat sekitar. Tidak hanya masyarakat sekitar, namun juga beberapa perwakilan pemerintah diantaranya Bapak Kepala Dinas Arsip Perpustakaan Bangka Tengah dan perwakilan dari anggota DPRD Komisi 2. Didalam peresmian acara tersebut, ABB bersama Pengurus perpustakaan tidak hanya menunjukkan sebuah perpustakaan yang layak dan cantik namun juga beberapa bakat seperti menari, menyanyi dan berdakwah dari perwakilan anak anak di desa Kurau.

Persiapan pembangunan perpustakan yang diberi nama Perpustakaan Gempita ini, memakan waktu kurang lebih dua bulan lewat program Gerakan Seribu Buku (Geser Buku). Geser Buku berhasil mengumpulkan kurang lebih 800 buku dan sejumlah dana yang digunakan untuk membangun dan merenovasi bangunan perpustakaan. Saat ini komunitas ABB juga masih menerima donasi yang dapat diberikan baik berupa buku, dana atau barang barang yang dapat digunakan sebagai pendukung di Perpustakaan Gempita. Untuk memberikan donasi tersebut, dapat menghubungi tim ABB di media sosial dengan akun @AksiBaikBabel di Facebook dan Instagram.

Menginspirasi anak muda Babel agar tergerak berbuat lebih untuk memajukan kualitas sumber daya manusia di Babel, merupakan salah satu keinginan dari ABB. Dengan slogan "Yoh gerek kapan agik", komunitas ini mengajak anak muda untuk segera bergerak bahkan dalam hal positif terkecil tanpa lama lama berpikir untuk mengembangkan Bangka Belitung menjadi lebih baik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini