Bekerja di salah satu perusahaan rintisan (startup) bidang perdagangan elektronik (e-commerce) di Malaysia, membuat saya memiliki kesempatan lebih untuk memahapi perkembangan dunia perdagangan elektronik di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Meski bekerja di negeri orang, saya selalu merasa bangga ketika di forum internasional mendengar nama perusahaan rintisan asal Indonesia. Ini terjadi ketika beberapa waktu lalu perusahaan tempat saya bekerja menjadi penyelenggara "iPrice E-Commerce Merchant Awards (iEMA) 2016" yang berlangsung Kamis (9/03) lalu.

Sejumlah perusahaan Indonesia, seperti Bukalapak, Mayaza, Blibli, Matahari Mall dan Muslim Market, hadir di agenda tersebut bersama 21 perusahaan lainnya dari Asia Tenggara. Seluruh nominasi merupakan hasil pilihan langsung yang dilakukan oleh konsumen di sleuruh Asia Tenggara, selama kurun waktu 15 November 2016 hingga 31 Januari 2017. Tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk menghargai usaha para pelaku bisnis di masing-masing negara.

Bukalapak meraih penghargaan paling bergengsi, yaitu Pemenang Umum yang merupakan pendulang suara terbesar. Perusahaan ini juga memboyong kategori Paling Populer. Saya pun berkesempatan berbincang dengan Evi Andriani, Public Relations Manager Bukalapak. "Dengan pergerakan pasar yang mengarah ke ranah digital, kami bersyukur Bukalapak menjadi pilihan utama masyarakat untuk berbelanja online," katanya.

Memahami benar kebutuhan pasar untuk mempertemukan penjual dan pembeli secara aman, Achmad Zaky bersama Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid membangun portal belanja Bukalapak. ide yang muncul dari obrolan di garasi rumah ini, kemudian mereka pasarkan lewat Suitmedia. Semangat untuk memajukan usaha kecil menengah juga menjadi bagian penting dari usaha ini.

"Kami akan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan penjual dan pembeli, agar terus bisa memberikan layanan terbaik," lanjutnya. Inovasi tersebut diantaranya diterjemahkan dengan memberikan layanan pengiriman cepat, komunikasi 24 jam serta kecepatan koneksi di portal dan aplikasi. Saat ini Bukalapak juga membuat fitur baru seperti penyediaan investasi berjangka bernama BukaReksa.

Dari lima kategori yang dilombakan, perusahaan Indonesia masuk di empat kategori bahkan menguasai seluruh Penghargaan Paling Populer. Berikut daftar lengkapnya:

  • Penghargaan Paling Populer. Pemenang: Bukalapak. Finalis: Mataharimall, Blibli.
  • Penghargaan Paling Berkualitas. Pemenang: Mazaya. Finalis: Muslimarket, Mataharimall.
  • Penghargaan Spesial iPrice. Pemenang: BloomThis. Finalis: Althea, BMS Organics.
  • Pemenang Umum iEMA 2016: Bukalapak.

Informasi lain tentang iEMA 2016 dapat dilihat di sini.

Ada 6 komentar

Ayo ikutan juga