(pada musim yang baik, uir-uir dan kuning padi

kekanak berebut layang-layang

di lepau-lepau ada kawa dan lemang panggang

singgahlah!

kusampaikan kisah penjual peta ….)

Minggu pagi 12 Maret 2017, Ngalau Indah Payakumbuh dihoyak “Baromban”. Penggalan Puisi berjudul Kisah Penjual Peta –mengenang PDRI yang merupakan bagian kumpulan puisi penyair yang mendunia asal Payakumbuh Iyut Fitra itu dengan lantang dibacakan oleh Sekretaris Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura SST. Baromban melebur Payakumbuh sepanjang Minggu di Pentas di depan Gedung Pondok Promosi Kota Payakumbuh.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Ny. Henny Riza Falepi mengaku salut dan takjub dengan karya putra asli Payakumbuh ini. Baromban dihayati, diperlombakan, dibacakan oleh para peserta tingkat SLTP. Para peserta terlihat antusias hingga selesai lomba.

Bersama dengan Punggawa Teater Sumbar, S Metron, Iyut Fitra menilai penampilan para peserta dengan seksama. Di kursi kehormatan sudah ada Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Dra Elfira Zaharman MM, bersama Kepala UPTD Pondok Promosi Niken Rizal SSTP.

Bersamaan dengan itu juga di tenda lebar bawah para siswa PAUD se-Payakumbuh berlomba mewarnai. Tak kalah animonya, para peserta PAUD ini sibuk menggoreskan pensil warna dan crayonnya pada lembar mewarnai.

Pondok Promosi Payakumbuh

Pondok Promosi Payakumbuh yang dikepalai oleh Niken Rizal pun menjadi saksi Baromban menghoyak dan menggetarkan semangat. Tepat berlokasi di depan Gedung Pondok Promosi kegiatan lomba ini dilaksanakan. Payakumbuh memang kota penuh perjuangan. Produk asli karya warga Payakumbuh yang dipajang rapi di Pondok Promosi, yang gedung dua lantai itu, diakui Niken Rizal pun tengah disiapkan melaju di era pemasaran moderen atau e-market.

”Tahun ini akan kita realisasikan. Langkah dan pola kerja sudah ada. Kita, di Pondok Promosi selain memarketing juga menjual produk Payakumbuh ini hingga ke level dunia,” kata Niken Rizal yakin.

Pondok Promosi Payakumbuh tidak hanya memamerkan, mempromosikan, dan menjual produk makanan dan minuman dalam kemasan terbaik, juga ada yang kini sedang inn di dunia busana nasional, Tenun Balai Panjang.

Dalam waktu dekat Pondok Promosi yang sudah memulai gebrakan menjual secara online di website www.pondokpromosi.com akan mengembangkan pasar dengan memaksimalkan jejaring penjualan online. Niken Rizal menginformasikan bahwa Pondok Promosi akan menjadi salah satu wadah penjualan produk UKM terkemuka di Payakumbuh ke dunia.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Ny. Henny Riza Falepi menginformasikan segera akan hadir Rumah Kemasan di Payakumbuh. Rumah Kemasan ini selain merancang, mendesain, juga memproduksi dan menjual kemasan produk terbaik bagi pasar Payakumbuh ke dunia. Insya Allah!(Dodi Syahputra & Novaldi Herman)


Sumber : http://www.padang-today.com/baromban-menghoyak-ngalau-indah-pondok-promosi-siap-mendunia/

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu