Lupa Sandi?

Menggaet Essien, Persib Menjadi Tim Sepak Bola Terbaik Dunia

Arifina Budi
Arifina Budi
0 Komentar
Menggaet Essien, Persib Menjadi Tim Sepak Bola Terbaik Dunia

Berita bergabungnya Michael Essien ke salah satu klub sepak bola yang dibanggakan oleh masyarakat Indonesia, Persib Bandung, menjadi perbincangan media tanah air sampai media luar negeri. Bagaimana tidak? Michael Essien yang notabene adalah pesepak bola asal Ghana yang pernah bermain untuk klub Chelsea ternyata tertarik untuk bergabung dengan Persib Bandung. Pun sejak saat itu, nama Persib Bandung semakin melambung dan dikenal dunia.

Sebenarnya bergabungnya Essien itu bukan menjadi momentum makin tenarnya nama Persib di mata dunia. Pada tahun 2013 Persib pernah punya gelar sebagai klub sepak bola terpopuler di dunia versi The Top Tens, mengalahkan Barcelona. Berita ini sampai membuat para fans Barcelona tidak percaya dan bertanya-tanya 'Kok, bisa Persib yang jadi nomor satu??'. Peringkat satu juga pernah diraih Persib pada tahun 2015.

Lantas beberapa waktu lalu situs polling tersebut menempatkan Persib di posisi ke-6 dalam 10 Klub Sepak Bola Terbaik Dunia. Posisi ini bahkan mengalahkan Arsenal, Juventus, Liverpool, dan AC Milan yang masing-masing berada di bawah ranking Persib.

Sementara itu, klub paling terpopuler di dunia ditempati oleh Barcelona diikuti oleh Real Madrid dan Manchester United. Menariknya, dari 10 deretan klub paling populer di dunia, Persib yang mendapatkan komentar paling banyak mencapai 9.305 komentar. Sedangkan Barcelona yang menempati peringkat pertama hanya mendapat 1.543 komentar.

Baca Juga
Usai menggandeng Essien, Persib semakin memantaskan diri sebagai klub sepak bola terbaik dunia (foto: antara foto)
Usai menggandeng Essien, Persib semakin memantaskan diri sebagai klub sepak bola terbaik dunia (foto: antara foto)

Sebagai informasi, situs The Top Tens merupakan sebuah situs polling yang memberikan kesempatan pada setiap pengunjungnya di sleuruh dunia untuk memberikan suara terhadap semua hal, termasuk klub sepak bola ini. Situs ini juga memberikan kesempatan kepada para voter untuk memberikan komentar terhadap pilihannya.

Tak hanya The Top Tens, salah satu media asal Spanyol, Marca juga menyebutkan bahwa Persib adalah salah satu klub sepak bola terbaik Indonesia. Hal ini ditulis ketika Marca memberitakan soal bergabungnya Essien ke Persib. Sebelumnya, Marca juga beberapa kali memberitakan tentang bergabungnya Luis Milla ke timnas Indonesia.

Sebenarnya, jumlah fans alias supporter Persib dibandingkan dengan Arsenal memang kalah jauh. Arsenal sendiri tercatat sebagai klub dengan fans terbanyak ke-3 di dunia dengan 113 juta fanbase di seluruh dunia berdasarkan data dari Sport Markt tahun 2013. Sementara itu, dari pantauan GNFI, tahun 2011 menurut informasi dari manajemen Persib mereka memiliki jumlah pendukung sebanyak 5,3 juta. Pun salah satu akun fanbase Persib @BobotohID mengungkapkan bahwa Persib punya 9,2 juta penggemar di laman Fan Page Facebook Persib.

Harus diakui memang bahwa voting tersebut sifatnya sangat subjektif, artinya hanya melihat dari sisi supporter. Bila mengingat lagi ranking timnas Indonesia di FIFA, sangat jauh dengan ranking yang dimiliki timnas Spanyol dan Inggris. Namun, kita tetap harus  membuka hati bahwa nyatanya Persib semakin diakui oleh dunia. Sudah tercatat juga bahwa pemain kelas dunia semacam Michael Essien akhirnya ikut bergabung bersama Persib.   Jadi, dengan predikat Persib sebagai salah satu klub sepak bola terbaik dunia, maka kita harus sadar bahwa kini Persib tidak lagi hanya milik kita melainkan milik dunia. 

*

Sumber : diolah dari berbagai sumber

Pilih BanggaBangga82%
Pilih SedihSedih3%
Pilih SenangSenang2%
Pilih Tak PeduliTak Peduli3%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi3%
Pilih TerpukauTerpukau7%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIFINA BUDI

Pencerita hal-hal baik untuk dunia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas