Lupa Sandi?

Wow! 2 Wakil Indonesia Jadi Juara Google Business Group Stories

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Wow! 2 Wakil Indonesia Jadi Juara Google Business Group Stories

Start up digital asal Indonesia kembali meraih prestasi. Kali ini datang dari kompetisi Google Business Group (GBG) Stories. Kompetisi ini merupakan kompetisi yang mengumpulkan cerita-cerita pengusaha digital yang menggunakan produk-produk google dalam kesehariannya. Indonesia yang pada tahun 2016 yang lalu diwakili oleh dua start up yakni Pasienia dan Reblood pada tahun ini dinobatkan sebagai pemenang dalam kompetisi ini. Masing-masing menempati posisi satu dan dua, sedangkan posisi ketiga diraih oleh Croquetero dari Meksiko.

Sebagaimana dilansir dari situs resmi GBG, ketiganya merupakan pemenang dari sembilan cerita bisnis yang terpilih oleh juri. Sembilan finalis tersebut datang dari berbagai negara dan Indonesia diwakili oleh dua start up yang berbasis di Yogyakarta (Pasienia) dan Surabaya (Reblood). Kedua wakil Indonesia tersebut juga menang berkat pilihan para pemirsa yang dipilih berdasarkan jumlah suara terbanyak.

Berkat kemenangan ini, mereka akan berkesempatan untuk bergabung dalam Google I/O Conference di Mountain View, California akhir tahun ini dengan seluruh biaya akan ditanggung oleh perusahaan paling bernilai di dunia versi Brand Finance tahun 2017 itu. Di sana para pemenang akan bertemu dengan pemikir-pemikir teknologi, invator dan para pemimpin bisnis digital. Sebuah kesempatan yang sangat jarang di dapatkan.

Pasienia merupakan sebuah aplikasi yang mampu memberikan interaksi bagi para pasien-pasien yang sedang dalam masa pengobatan. Mereka akan bisa berbagi tips dan informasi terkait dengan penyakit yang diderita berdasarkan pengalaman dan pengetahuan dari dokter. Aplikasi ini didirikan oleh Fadli Wilihandarwo sejak tahun 2015 bersama tiga rekannya dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sedangkan Reblood merupakan aplikasi interaksi dan gamifikasi terkait aktifitas donor darah. Aplikasi yang dicanangkan oleh Leonika Sari, seorang perempuan lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ini berangkat dari kegelisahannya terhadap suplai darah yang sangat minim di Indonesia. Lewat aplikasi yang dibuatnya tersebut diharapkan masyarakat Indonesia akan tertarik untuk melakukan donor darah secara rutin dan menjadi gaya hidup tanpa merasa terbebani. 

Kompetisi GBG Stories sendiri merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh Google untuk para pengguna aplikasinya untuk keperluan bisnis. Perlu diketahui, produk-produk Google pada umumnya diberikan secara gratis ataupun sangat murah untuk kalangan bisnis kecil diberbagai negara di dunia. Lewat kelompok bisnis Google, para pebisnis tersebut dibina dan diberi pengetahuan tentang layanan-layanan yang dimiliki oleh Google untuk menunjang aktifitas bisnis. GBG sendiri di Indonesia terdapat di beberapa tempat seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dsb.

Penasaran seperti apa cerita yang disampaikan oleh dua start up asal Indonesia itu? Simak video-video berikut

Pasienia

Reblood

Pilih BanggaBangga79%
Pilih SedihSedih7%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli7%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi7%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata