Jauh dari Indonesia tak menyurutkan semangat pianis muda Indonesia ini untuk menularkan semangatnya mengharumkan Indonesia di tingkat internasional. Lifia Teguh, yang juga merupakan mahasiswa Indonesia tahun ketiga di Portland State University jurusan Piano Performance, akan menampilkan lagu dan aransemen original ciptaannya yang terinspirasi dari lagu daerah Indonesia di Portland, Amerika Serikat pada Jumat (26/5).

Kepiawannya dalam musik klasik dan kecintaannya pada Indonesia memberinya ide untuk mengkombinasikan musik tradisional Indonesia dengan klasik, blues atau jazz, hingga pop. Ia pun dapat mengubah suara piano menjadi gamelan.   

Salah satu karyanya telah ditampilkan di  malam budaya Indonesian Night 2016: SEJARI di Portland, Amerika Serikat, di mana ia menghipnotis pengunjung oleh suara piano yang berubah jadi suara gamelan Jawa, gemerincing gelang penari Ngremo, sampai suara sasando dan kendhang.

Penampilan Lifia Teguh saat di malam budaya Indonesian Night 2016: SEJARI di Portland, Amerika Serikat. Foto: PERMIAS PDX
Penampilan Lifia Teguh saat di malam budaya Indonesian Night 2016: SEJARI di Portland, Amerika Serikat. Foto: PERMIAS PDX

“Di tengah situasi yang sedang bergejolak di Indonesia, saya yakin bahwa sebagai warga negara Indonesia, kita harus tetap menjunjung tinggi kesatuan NKRI dan memberi yang terbaik bagi negara kita,” kata Lifia saat dihubungi Good News from Indonesia.

Lifia tidak main-main dalam misi budayanya melalui musik. Ia telah tampil baik secara solo di Amerika Serikat dan Asia, maupun di festival musik prestisius G. Lettimi Conservatory International Master Classes dan Music Fest Perugia di Italia.

“Saya yang berada di Amerika ingin menularkan semangat saya untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia lewat bidang yang saya geluti, yaitu musik,” kata gadis asal Surabaya yang juga merupakan Presiden Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (PERMIAS) Portland.

What a World, Junior Recital by Lifia. Foto: Facebook
What a World, Junior Recital by Lifia. Foto: Facebook

Sebagai musisi muda dan mahasiswa, ia telah meraih lebih dari 60 penghargaan untuk kompetisi piano tingkat nasional maupun regional di Indonesia, dan menerima beasiswa International Cultural Service Program, President’s Equal Access, Leadership Fellows, Della Mae Johnson, dan Monday Musical Club selama studinya di AS.

Tertarik untuk mengintip pertunjukkannya yang memukau? Kunjungi laman ini dan sebarkan semangat Indonesia pada dunia!

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu