Telkom Siapkan Jaringan Kecepatan Tinggi untuk Konektivitas Maritim Indonesia

Telkom Siapkan Jaringan Kecepatan Tinggi untuk Konektivitas Maritim Indonesia
info gambar utama

Lewat Patrakom, perusahaan penyediaan layanan telekomunikasi miliknya, PT Telkom Indonesia berkomitmen untuk menyediakan jaringan komunikasi kecepatan tinggi untuk konektivitas maritim di Indonesia. Komitmen ini dilakukan melalui kerjasama dengan SES Government Solution, sebuah perusahaan operator satelit asal Luxembourg.

Jaringan komunikasi kecepatan tinggi yang disediakan, akan ditujukan bagi keperluan kapal penumpang dan tongkang minyak yang melintasi rute domestik. Kerjasama ini akan menyediakan konektivitas bagi lebih dari 80 kapal melalui SES 9 yang terletak di 108,2 derajat timur.

SES 9 adalah satelit terbesar milik SES, yang diperuntukkan bagi layanan Asia-Pasifik. Satelit ini sediakan data bagi kapal-kapal yang melintasi Samudera Hindia Timur. Diferensiasi data, termasuk soal mobilitas kapal, menjadi salah satu keunggulannya.

SES 9 telah beroperasi sejak Maret 2016, setelah diluncurkan ke Geostationary Orbit (GEO) oleh sebuah roket pendorong SpaceX Falcon 9. Satelit ini membawa 57 transponder Ku-band berdaya tinggi dan menyediakan penyiaran dan data Direct-to-Home (DTH) melalui Asia Pasifik, serta layanan komunikasi maritim di Samudera Hindia.

Sumber: Satellite Today.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini