Lupa Sandi?

MONSTER, Salmonella Hush.. Hush.. Sana..

Eka Tiyas Anggraeni
Eka Tiyas Anggraeni
0 Komentar
MONSTER, Salmonella Hush.. Hush.. Sana..

Kabar terbaru, mahasiswa kreatif Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang menciptakan alat sterilisasi telur ayam menggunakan tegangan tinggi. Alat ini dibuat dalam rangka Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) yang diberi nama MONSTER (Modern sterilization machine). 

“Selama ini belum ada teknologi untuk menterilisasi telur ayam, padahal telur ayam adalah produk yang rentan terhadap bakteri salmonella“ ungkap faradyna  

Telur segar yang dibiarkan pada suhu ruang dalam beberapa hari akan tercemar bakteri yang dapat membahayakan tubuh manusia seperti salmonella. Bakteri berbahaya seperti salmonella dapat menyebabkan penyakit  yang disebut dengan salmonellosis. Ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis adalah diare, keram perut, dan demam dalam waktu 8-72 jam setelah memakan makanan yang terkontaminasi oleh salmonella. Gejala lainnya adalah demam, sakit kepala, mual dan muntah-muntah

Melihat hal tersebut maka sekelompok mahasiswa PKM-KC FTP-UB diantaranya 5 mahasiswa progam studi teknik pertanian yaitu Faradyna Sumarsono, Eka Tiyas Anggraeni, Hilda Putri Hayuningsih serta dua mahasiswa progam studi ilmu teknologi pangan yaitu Dewi Mashitoh dan Aldilah Daydeva yang dibimbing oleh Endrika Widyastuti, S.Pt, MSc, MP berinovasi menciptakan alat inovatif MONSTER (Modern Sterilization Machine) yang dapat membunuh bakteri salmonella sampai 99 %.

Baca Juga

MONSTER (Modern Sterilization Machine) merupakan teknologi masa depan berbasis teknologi dielectric barrier discharge plasma yaitu dengan memanfaatkan radiasi pembangkit tegangan tinggi yang dapat menghasilkan gas terionisasi didalam ruang plasma. Elektron yang saling bertumbukan masuk ke dalam pori-pori cangkang telur kemudian mendeteksi adanya mikroba berbahaya seperti salmonella dan merusak merusak membran dari bakteri tersebut.  

Keunggulan dari alat sterilisasi MONSTER (Modern Sterilization Machine) yaitu hemat energi, murah, fleksibel, mengurangi salmonella dengan cepat dan mudah di operasikan. Spesifikasi dari alat sterilisasi MONSTER (Modern Sterilization Machine)  yakni memiliki dimensi 40x40x20 cm 3,daya 660 VA atau 528 watt,  frekuensi 786 kHZ dengan waktu perlakuan 5 menit.

Dengan menggunakan teknologi MONSTER ini, dapat memperpanjang umur simpan telur. Sangat terlihat perbedaan setelah 20 hari, telur yang mendapat perlakuan sterilisisasi menggunakan MONSTER dan tidak. 

Sumber: Mahasiswa FTP Brawijaya

Pilih BanggaBangga25%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi25%
Pilih TerpukauTerpukau50%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG EKA TIYAS ANGGRAENI

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas