7 Masjid Terbesar di Asia Tenggara, 4 Di Antaranya di Indonesia!

7 Masjid Terbesar di Asia Tenggara, 4 Di Antaranya di Indonesia!
info gambar utama

Masjid merupakan tempat ibadah penting bagi umat Islam. Selain untuk beribadah, masjid juga menjadi tempat pembelajaran, musyawarah, perlindungan, sampai pusat kebudayaan

Sebagai ikon kebudayaan, masjid tak terlepas dari budaya masyarakat Muslim di kawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, hingga sebagian dari Thailand dan Filipina.

Asia Tenggara merupakan salah satu kawasan dengan populasi Muslim terbanyak di dunia, dengan jumlah sekitar 240 juta pemeluk agama Islam atau 42% total populuasi di kawasan ini. https://guides.library.cornell.edu/IslamSoutheastAsia

Ini dia tujuh masjid terbesar di Asia Tenggara, berdasarkan perhitungan kapasitas. Empat diantaranya dari Indonesia!

1. Masjid Istiqlal – Indonesia

Istiqlal Mosque, Indonesia. Foto: Indonesia.travel
info gambar

Masjid Istiqlal terletak di Jakarta, Indonesia dengan kapasitas 200.000 jamaah, menjadikannya yang terbesar di Asia Tenggara. Berdasarkan luar area bangunan dan lahan, Masjid Istiqlal juga yang terbesar di Asia Tenggara dan keempat di unia, dengan laham 95.000m2.

Masjid ini diresmikan pada tahun 1978 untuk memperingati kemerdekaan Indonesia sebagai rasa syukur negeri. Nama Istiqlal berasal dari Bahasa Arab yang berarti kemerdekaan. Para pemimpin dunia telah mengunjungi masjid ini sebagai bagian dari kunjungan diplomatiknya, seperti Presiden Amerika Serikat Barrach Obama dan Pangeran Charles dari Inggris

2. Sultan Haji Hassanal Bolkiah – Filipina

Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Foto: Wandering Blue Crab
info gambar

Sultan Haji Hassanal Bolkiah merupakan masjid terbesar di Filipina dengan kapasitas 60.000 jamaah. Masjid ini terletak di Cotabato City, Filipina dan diresmikan pada tahun 2011. Pembangunan masjid ini didanai oleh Hassanal Bolkiah of Brunei Darussalam dengan anggaran mencapai US$48 juta untuk membantu perkembangan masyarakat Muslim di kawasan Filipina Selatan

3. Masjid Agung Surabaya – Indonesia

Masjid Agung Surabaya. Foto: Tribunnews
info gambar

Masjid Nasional Al Akbar, yang dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya diresmikan pada tahun 2000. Masjid ini dapat menampung 59.000 jamaah di lahannya yang seluas 18.800m2. Menara masjid ini memiliki lift yang terbuka untuk umum di mana masyarakat dapat menikmati keindahan kota Surabaya, khususnya di malam hari.

4. Masjid Islamic Center Samarinda - Indonesia

Masjid Islamic Center Samarinda. Foto: Beautiful Mosques
info gambar

Masjid Islamic Center Samarinda terletak di Samarinda, Kalimantan Timur. Dengan luas area 43.500m2, masjid ini bisa menampung sampai 40.000 jamaah. Lahan masjid ini pada awalnya merupakan lahan untuk pemotongan kayu milik PT Inhutani I, yang kemudian dihibahkan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

5. Masjid Agung Baiturrahman – Indonesia

Foto Masjid Agung Baiturrahman pada 28 Desember 2004 (kiri) dan 11 Desember 2014. Foto: ABC News
info gambar

Masjid Agung Baiturrahman terletak di Banda Aceh, NAD. Dibangun pada tahun 1881, 30.000 jamaah dapat ditampung di masjid ini. Masjid Agung Baiturrahman selamat dari terjangan tsunami Aceh pada tahun 2004, dengan ratusan masyarakat yang berlindung di dalamnya. Masjid ini juga menjadi ikon kebanggaan Aceh.

6. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin – Malaysia

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin. Foto: Wikipedia
info gambar

Masjid Mizan Zainal Abidin yang juga dikenal sebagai Masjid Besi terletak di Putrajaya, Malaysia. Dengan total area 73.795 m2, masjid ini dapat menampung sampai 34.000 jamaah. Masjid ini diresmikan pada tahun 2009 oleh Yang di-Pertuan Agong Tuanku Mizan Zainal Abidin.

7. Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz – Malaysia

Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah. Foto: Thousand Wonders
info gambar

Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz berlokasi di Shah Alam, ibukota Selangor Malaysia. Masjid ini dikenal juga dengan sebutan Masjid Biru karena kubah birunya yang indah. Diresmikan pada tahun 1988, masjid ini dapat menampung hingga 24.000 jamaah.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini