"Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote..."

Salah satu jinggle merk mie yang bisa mengingatkan betapa luasnya Indonesia yang terdiri dari kepulauan. Pulau-pulau membentang dari ujung barat ke timur dengan beranda sabang-merauke. Sementara, pintu-pintu Indonesia bagian utara dan selatan yang bertempat di pulau Miangas-Rote.  Namun, sampai saat ini kebanyakan masyarakat belum mengetahui secara pasti bagaimana kondisi masing-masing pintu Indonesia tersebut. Sebagaimana namanya, pintu adalah gerbang untuk masuk ke dalam sebuah ruang. Ruang dapat menggambarkan bagaimana aktivitas dan kondisi manusia di dalamnya. 

Salah satu pintu Indonesia bagian selatan adalah Pulau Rote. Terletak Indonesia bagian timur dan berbatasan langsung dengan benua Australia membuat beberapa kondisi geografis wilayah ini berbeda dengan tanah Jawa. Pun dengan kondisi antropologinya. Ini menarik untuk ditelisik dan dipahami bahwa Indonesia kaya dengan beragam perbedaannya. 

Perjalanan dua bulan di dua tahun yang lalu telah menyisakan berbagai pandangan, ulasan, dan memori tersendiri bagi Tim KKN-PPM NTT-011 dalam menjalankan pengabdiannya. Perjalanan tersebut kemudian diurai dan diabadikan dalam jurnal perjalanan tunas di tapal batas. Banyak makna tersirat dalam torehan kata pada jurnal tersebut. Sebuah karya yang tidak mungkin dapat tercipta tanpa sebuah usaha dan proses selama dua bulan lamanya.

Kami akan sangat bahagia jika dapat berbagi cerita tersebut dengan warga hebat Indonesia.  Jurnal perjalanan kami dapat dinikmati dan diunduh melalui tautan yang tertera di bawah.

Jurnal Perjalanan Pulau Rote

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu