Lupa Sandi?

Inilah Tol-tol Baru di Jawa Timur yang Bisa Dilalui Saat Mudik

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Inilah Tol-tol Baru di Jawa Timur yang Bisa Dilalui Saat Mudik

Sejumlah ruas jalan tol baru di Jawa Timur akan mulai difungsionalkan pada H-7 lebaran mendatang. Berbeda dengan operasional, fungsional hanya bersifat sementara karena jalur tersebut belum benar-benar selesai pengerjaannya. Empat jalur ruas tol yang akan difungsionalkan yakni ruas Ngawi-Kertosono; Kertosono-Mojokerto; Surabaya-Mojokerto; dan Gempol-Pasuruan.

Untuk Ngawi-Kertosono, dari total 86 km, panjang jalan, nantinya yang akan dioperasionalkan untuk lebaran sekitar 62 km atau baru sekitar 80-an persen jalan yang sudah bisa digunakan sementara.

Sedangkan untuk ruas Kertosono-Mojokerto dari total 40,5 km panjang jalan seluruhnya sudah bisa digunakan untuk mendukung angkutan lebaran. Begitu juga untuk ruas Mojokerto-Surabaya, seluruh panjang jalan sepanjang 62 km juga sudah bisa digunakan untuk mudik lebaran.

"Jadi untuk tol Surabaya hingga Kertosono sudah nyambung 100 persen saat lebaran bisa difungsionalkan atau digunakan sementara," kata Ketut Darmawahana, Kepala Balai Besar Jalan Nasional (BBJN).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi bahwa pemudik yang melintas jalur Surabaya hingga Ngawi pada angkutan lebaran mendatang bisa memanfaatkan jalan tol meski hanya satu lajur. Sengatakan, selain hanya satu lajur, tidak semua kendaraan yang bisa melintas.

"Hanya kendaraan pribadi roda empat saja, bus belum bisa," katanya.

 Keterangan: gambar utama awal di artikel ini menggunakan ilustrasi tol secara umum, dan telah kami ganti dengan ilustrasi tol di Indonesia

Sumber dan referensi:

Suarasurabaya.net | Kompas.com

Label:
jalan tol
Pilih BanggaBangga48%
Pilih SedihSedih4%
Pilih SenangSenang31%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi3%
Pilih TerpukauTerpukau10%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata