Inilah Tol-tol Baru di Jawa Timur yang Bisa Dilalui Saat Mudik

Inilah Tol-tol Baru di Jawa Timur yang Bisa Dilalui Saat Mudik
info gambar utama

Sejumlah ruas jalan tol baru di Jawa Timur akan mulai difungsionalkan pada H-7 lebaran mendatang. Berbeda dengan operasional, fungsional hanya bersifat sementara karena jalur tersebut belum benar-benar selesai pengerjaannya. Empat jalur ruas tol yang akan difungsionalkan yakni ruas Ngawi-Kertosono; Kertosono-Mojokerto; Surabaya-Mojokerto; dan Gempol-Pasuruan.

Untuk Ngawi-Kertosono, dari total 86 km, panjang jalan, nantinya yang akan dioperasionalkan untuk lebaran sekitar 62 km atau baru sekitar 80-an persen jalan yang sudah bisa digunakan sementara.

Sedangkan untuk ruas Kertosono-Mojokerto dari total 40,5 km panjang jalan seluruhnya sudah bisa digunakan untuk mendukung angkutan lebaran. Begitu juga untuk ruas Mojokerto-Surabaya, seluruh panjang jalan sepanjang 62 km juga sudah bisa digunakan untuk mudik lebaran.

"Jadi untuk tol Surabaya hingga Kertosono sudah nyambung 100 persen saat lebaran bisa difungsionalkan atau digunakan sementara," kata Ketut Darmawahana, Kepala Balai Besar Jalan Nasional (BBJN).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi bahwa pemudik yang melintas jalur Surabaya hingga Ngawi pada angkutan lebaran mendatang bisa memanfaatkan jalan tol meski hanya satu lajur. Sengatakan, selain hanya satu lajur, tidak semua kendaraan yang bisa melintas.

"Hanya kendaraan pribadi roda empat saja, bus belum bisa," katanya.

Keterangan: gambar utama awal di artikel ini menggunakan ilustrasi tol secara umum, dan telah kami ganti dengan ilustrasi tol di Indonesia

Sumber dan referensi:

Suarasurabaya.net | Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini