Indonesia Jadi Tujuan Favorit Investasi Dunia Ini Alasan-alasannya

Indonesia Jadi Tujuan Favorit Investasi Dunia Ini Alasan-alasannya
info gambar utama

Indonesia yang tengah gencar melakukan pembangungan infrastruktur membutuhkan banyak dana segar. Berbagai cara dilakukan untuk membiayai proyek tersebut salah satunya adalah dengan mendatangkan investasi dari luar negeri. Kabar baiknya, Indonesia dalam berbagai laporan dikategorikan sebagai negara yang menarik sebagai tujuan investasi.

Bagusnya persepsi Indonesia dimata para investor tersebut tampak dari beberapa agensi rating investasi yang menaikkan status Indonesia. Seperti Moodys yang menaikkan rating layak investasi Indonesia menjadi BBB- dengan catatan outlook positif pada awal tahun ini.

Demikian pula dengan lembaga-lembaga internasional yang telah melansir laporannya tentang kondisi investasi di Indonesia. Sebut saja peringkat kemudahan melakukan bisnis di Indonesia atau Ease to doing business yang dilansir oleh Bank Dunia yang mencatatkan bahwa Indonesia berada di peringkat 94. Meski Indonesia berada di peringkat bawah, peringkat tersebut diraih setelah terjadi lompatan lima belas peringkat.

Kemudian berdasarkaan data yang dilansir oleh United Nations on Trade and Development (UNCTAD) Mei lalu, menempatkan Indonesia di peringkat keempat sebagai tujuan investasi internasional. Peringkat ini naik empat peringkat dari tahun sebelumnya. Dalam daftar ini Indonesia "hanya" dibawah Amerika Serikat di peringkat pertama, Tiongkok dan India.

Sementara itu, The Economist seperti dilansir katadata.co.id juga melakukan survei tentang negara paling atraktif bagi perusahaan-perusahaan multinasional untuk tujuan investasi. Hasilnya mengejutkan, Indonesia menempati negara ketiga sebagai negara paling atraktif dengan 53,7 persen responden melihat Indonesia sebagai negara yang memiliki prospek.

Laporan-laporan tersebut menandakan bahwa Indonesia memang dipercaya oleh investor sebagai tujuan berinvestasi. Tentu saja ini bisa menjadi kabar baik untuk upaya membangun Indonesia lewat sektor penanaman modal asing.


Sumber:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini