Lupa Sandi?

Pesepakbola Muda Indonesia yang Merumput di Luar Negeri

Adriani Zulivan
Adriani Zulivan
0 Komentar
Pesepakbola Muda Indonesia yang Merumput di Luar Negeri

Prestasi atlet Indonesia di kancah dunia tak dapat dipandang sebelah mata. Berbagai cabang olahraga mereka juaraii, sepakbola adalah diantaranya. Tak pelak prestasi tersebut mengantarkan sejumlah anak bangsa untuk merumput di berbagai belahan dunia.

Meski demikian, mereka tetap memperkuat tim Indonesia di ajang internasional. Dikutip dari FourFourTwo, inilah pemain muda Indonesia yang berkarir di luar negeri. 

Samuel Christianson, Spanyol

Jebolan Liga Kompas ini sempat mengikuti seleksi U-19. Saat itu ia akan dilibatkan dalam Piala AFF Suzuki Cup U-19 2016 di Vietnam. Namun sayang, ia batal terlibat akibat cidera. Samuel pernah bergabung dengan klub semi-profesional Frenz United, klub di Malaka, Malaysia. Kini pemuda asal Jakarta ini menimba ilmu sepakbola di Valensia Soccer Academy, Spanyol.

 Syahrian Abimanyu, Spanyol

Ia menjadi salah satu punggawa dalam Piala AFF Suzuki U-19 2016. Bersama Samuel, pemain asal Banjarnegara, Jawa Tengah ini, pernah mengikuti ajang Gothia Cup 2012 dan dikirim ke akademi di Southampton, Inggris. Masih sama dengan Samuel, Syahrian kini menimba pengalaman di Spanyol.

Nicholas Pambudi, Spanyol

Binaan Soccer School Indonesia (SSI) Arsenal di Tangerang, Banten ini pada 2011/12 pernah bergabung dengan tim JFA. Pada 2016 ia mengikuti seleksi "12 Best Players U-19". Di usia 12 tahun, ia telah bergabung dengan Marcet Fundacion, sebuah akademi sepakbola di Barcelona.

Pancar Nur Widiastono, Spanyol

Pemain Munial Sports Group ini digadang-gadang miliki peluang besar untuk menjadi kiper utama dalam timnas U-19. Setelah penampilannya di ajang Gothia Cup 2016, Pancar mendapat tawaran program internasional dari klub Real Valladolid di Spanyol.

Adam Putra Firdaus, Spanyol

Sebagaimana Pancar, pemain posisi gelandang ini juga merumput di Real Valladolid. Lewat sepakbola remaja, sebelumnya ia bergabung dengan SC Buitenboys. Ini merupakan salah satu klub divisi tiga di Belanda. 

Excel Favour Yosafat Tomboelu, Italia

Pemain bek tengah ini bergabung dengan akademi sepakbola ISM Academy di Italia. Andrea Ranochia, Gennaro Gattuso dan Marco Storari merupakan pemain kawakan lulusan akademy berbasis di Perugia tersebut. 

Fidelis Kelby Timothy, Italia

Sebagaimana Excel, pemain posisi gelandang serang ini kini belajar di ISM Academy. Fidelis merupakan alumni Manchester United Camp yang menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di Old Trafford pada 2012. Saat itu ia mengalahkan 80 peserta lainnya.

Muhammad Rafid Habibie, Italia

Ia sempat dilatih Indra Sjafri di klub Bali United. Gelandang usia 16 tahun ini menimba ilmu di ISM Academy Italia bersama pemain muda Indonesia lainnya. Sebelumnya ia pernah mengikuti seleksi akademi Sporting Lisbon, meski tak lolos.

George Brown, Inggris

Terlibat dalam The Skill Competition Manchester United 2013, George terpilih untuk berangkat ke Old Trafford, Inggris. Ia bermain di dua klub, yaitu Bretwood School dan Hutton FC. Pada kedua klub, pemain usia 18 tahun ini menjadi pilihan utama.

Jack Brown, Inggris

Merupakan adik dari George Brown. Sebagaimana sang kakak, ia juga menangi The Skill Competition Manchester United School 2012 yang membawanya ke Old Traffold. Prestasi lain yang diperolehnya adalah Best Player of The Year of Sony Tournament 2010 dan The Best Midfielder IFA 2011. Pemain usia 15 tahun ini bermain untuk tim U-15 ISFA, yang merupakan bagian dari federasi sepakbola Inggris yang memasok pemain muda berbakat. 

Andri Syahputra, Qatar

Prestasi membuat Qatar ingin menaturalisasi pemuda usia 17 tahun ini. Andri merupakan didikan Aspire Football Academy, salah satu akademi terbaik di Timur Tengah. Ia menjadi tim utama bersama klub elit Liga Qatar, Al-Gharafaa. Sayangnya pemain asal Aceh ini tak dapat mengikuti seleksi timnas U-19, akibat jadwal belajar di Malaga dan Eropa.

Charalamboss Elias David, Yunani

Pernah mengikuti kompetisi Gotia Cup 2016 bersama tim Liga Kompas Gramedia - SKF Indonesia di Swedia. Elias berhasil membawa timnya meraih hal positif.

Samuel Nainggolan, Australia 

Ia diprediksi menjadi salah satu pemain yang akan dipanggil mengikuti seleksi timnas U-19. Saat ini pemain 20 tahun tersebut tergabung dengan tim junior Brisbane Roar, Australia.

Pilih BanggaBangga17%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang83%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADRIANI ZULIVAN

A big fan of Indonesian heritage--from culture to nature, tangible to intangible. Reading and writing as hobby, as well as dedicated work. Interested in urban discussion, disability rights, disaster m ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata