Akhirnya Dua Pulau Terluar RI Kini Punya Bandara!

Akhirnya Dua Pulau Terluar RI Kini Punya Bandara!
info gambar utama

Pulau Anambas dan Pulau Miangas. Mungkin khalayak masih cukup jarang mendengar kedua nama pulau ini. Tapi faktanya, kedua pulau tersebut merupakan dua dari sekian banyak pulau terluar yang ada di Republik indonesia. Mengapa disebut sebagai pulau terluar?

Pulau terluar atau dalam bahasa inggris disebut outermost island merupakan pulau-pulau yang berada di ujung atau letaknya ada di pinggir batas sebuah negara. Biasanya sebutan ini diberikan kepada negara-negara yang bentuknya kepulauan (Archipelago).

Berdasarkan data dari Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, terdapat sekitar 92 pulau terluar yang ada di Indonesia. Dan 2 dari pulau tersebut kini memiliki bandara. Sungguh sebuah kemajuan yang membanggakan.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Wujud Bandara Letung yang berada di Pulau Anambas(© detik.com)

Pulau Anambas yang merupakan salah satu pulau terluar Indonesia, berada di Laut China Selatan dan termasuk dalam Provinsi Kepulauan Riau baru-baru ini diberitakan telah memiliki sebuah bandara. Baru saja diresmikan pada April 2017, bandara tersebut bernama Bandara Letung yang telah dilengkapi dengan mesin x-ray.

Tak hanya itu, bandara Letung juga dilengkapi apron dan landasan pacu pesawat sepanjang 1.200×30 meter serta taxi way sepanjang 15×125 meter. Fasilitas di bandara ini pun juga telah memadai, seperti adanya gedung administrasi, klinik kesehatan, ruang operasi, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Pemadam Kebakaran (PKP-PK), gedung kelistrikan, ground support equipment dan gedung VIP.

Tak mau kalah dengan Pulau Anambas, Pulau Miangas yang merupakan pulau terluar di Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara pun juga ternyata sudah memiliki bandara.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Bandara Miangas memiliki panjang landasan pacu (runway) sepanjang 1.400 m x 30 m yang dapat didarati pesawat sejenis ATR-72. Selain itu dilengkapi runway strip 1.400m x 150m dan apron 130m x 65m yang mampu menumpang 3 unit pesawat.

Meski memiliki ukuran yang relatif kecil, namun bandara ini punya pemandangan yang sangat cantik. Langsung berbatasan dengan laut, paduan pasir putih, aspal landasan pacu yang hitam, hijaunya hutan di sekitar bandara dan birunya laut memberi pemandangan cantik yang memanjakan mata ketika bandara ini dilihat dari atas pesawat.

Kehadiran bandara-bandara tersebut tentunya memiliki beberapa manfaat yakni membuka keterisolasian masyarakat di wilayah kepulauan, menjaga pertahanan dan keamanan NKRI, membuka perekonomian dan fungsi kemanusiaan. Dari total 92 pulau terluar di Indonesia, 2 pulau kini sudah memiliki bandara. Akankah pulau terluar lainnya memiliki bandara? Kita tunggu saja!


Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini