"Anoa" Amphibious merupakan salah satu karya hasil penelitian dan pengembangan anak bangsa yang dibuat dengan memperhatikan kondisi geografis serta kontur bumi Indonesia dimana sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari perairan seperti sungai dan danau.

Diproduksi oleh PT Pindad, panser ini merupakan kelanjutan dari Panser Anoa yang sebelumnya sempat diproduksi. Dengan berat 12 ton, Panser Anoa Amphibious memiliki water propeller‎ atau baling-baling yang terdapat di dua sisi di bagian belakang. Alat tersebut membuat manufer panser lebih cepat di dalam air dan dapat berputar 360 derajat. Bahkan kendaraan ini bisa maju dan mundur di dalam air.

Dengan baling-baling yang cukup besar di bagian belakang tersebut, panser ini mampu melaju dengan kecepatan 10 knot atau 18,52 km/jam di dalam air.

Pada 4 Januari lalu, Panser Anoa Amphibious sudah diuji coba oleh TNI dan juga presiden Joko Widodo secara langsung. Panser ini pun sempat mendapat pujian dari Menteri Luar Negeri India, Singh saat dilakukan uji coba.

Generasi Panser Anoa sebelumnya  yang merupakan produk andalan PT Pindad pernah membawa nama Indonesia ke kancah internasional. Pasalnya, Panser Anoa 6x6 yang berwarna putih telah dipesan oleh PBB sebanyak 14 unit. 

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Panser Anoa  produksi Indonesia yang telah dipesan oleh PBB sebanyak 14 unit (© militerhankam)

Pada Habibie Festival 2017 yang sedang berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Panser Anoa  terbaru yakni Anoa Amphibious turut dipamerkan. Berikut spesifikasi Panser Anoa Amphibious yang berhasil GNFI dapatkan dari pameran tersebut.

Specifications

Configuration      6x6

Crew                        10 persons

Length                    6 m

Width                       2.5 m

Height                      2.63 m

Empty Weight      12.5 ton

Fuel Capacity        200 L

Speed                       80 km/h on highway

                                     30 km/h on off road

                                      10 km/h in water

Range                        600km

Gradient                   60%

Side Slope               30%

Power Plant            Diesel Engine in line 6 cylinder 320 HP

Transmission          Automatic

Communication    Intercom Set

Dengan spesifikasi diatas, panser ini dibanderol seharga 12M. Kabarnya, pada tahun ini Panser Anoa Amphibious sedang dalam tahap sertifikasi. Akankah Anoa Amphibious menjadi produk unggulan anak bangsa seperti Panser Anoa sebelumnya?

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu