Lupa Sandi?

Chris Lesmana, Desainer Mobil Kodok Yang Terkenal Di Kancah Internasional

Andari Widanto Fitria Aisyah
Andari Widanto Fitria Aisyah
0 Komentar
Chris Lesmana, Desainer Mobil Kodok Yang Terkenal Di Kancah Internasional

Saat ini semakin banyak  anak bangsa yang berhasil menoreh prestasinya di dunia. Dengan prestasi yang berhasil diraih dan kemampuan hebat yang dimiliki oleh anak-anak bangsa ini mampu menunjukan kepada dunia bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara yang pantas untuk bersaing di kancah Internasional. Berkat prestasi anak bangsa, nama Indonesia bisa dikenal di seluruh penjuru dunia.

Prestasi yang berhasil diraih oleh anak bangsa tidak hanya dalam bidang olahraga saja melainkan berbagai bidang. Salah satu anak bangsa yang tak hanya membanggakan nama Indonesia tetapi juga memiliki prestasi yang diakui di kancah Internasional ,yaitu Chris Lesmana.

Chris merupakan salah satu anak bangsa yang dipercaya menjadi perancang mobil kelas dunia. Pria kelahiran 15 Maret 1969 yang dilahirkan di Bandung, Jawa Barat ini merupakan perancang mobil Jerman Volkswagen atau yang lebih dikenal dengan singkatan VW.  Salah satu mobil yang sukses dirancang oleh Chris adalah VW Up!.

Chris sangat tertarik dengan VW sejak remaja. Ayahnya, Tony Lesmana, merupakan penggemar VW atau yang lebih terkenal di Indonesia dengan sebutan mobil kodok. Dia memiliki bengkel las mobil di Bandung. Ketika Chris ulang tahun ke-17, ayahnya memberi kado berupa mobil VW hitam seri 1303. Sejak itu, Chris sering mengoleksi VW. Kegemaran Chris pada desain juga berdampak pada mobil VW kado dari ayahnya. Dia merubah interior dan eksterior tampilan mobil VW tersebut. Kemampuannya mempercantik mobil bekas dipelajari dari sang ayah.

Cita-cita Chris kecil adalah menjadi desainer mobil. Dia rela meninggalkan kuliahnya di jurusan desain produk Institut Teknologi Bandung tahun 1988-1991 untuk mengejar cita-citanya. Dia menlanjutkan Sekolah TInggi Desain Fakultas Desain Industri jurusan desain transportasi di Pforzheim, Jerman. Chris meninggalkan kuliah di ITB untuk belajar bahasa Jerman agar bisa sekolah di Pforzheim.

Membangun Mimpi Masa Kecil, Chris Lesmana Berhasil Jadi Desainer VW Terbaik | www.astralife.co.id
Membangun Mimpi Masa Kecil, Chris Lesmana Berhasil Jadi Desainer VW Terbaik | www.astralife.co.id

Karier Chris diawali dari magang di pabrik Volkswagen di Wolfsburg, Jerman selama 6 bulan pada semester 6 tahun 1995. Pihak Volkswagen merasa puas dengan Chris, dan pada 1996 kontrak magang Chris di Volkswagen diperpanjang lagi selama 6 bulan. Karier Chris tak berhenti sampai di situ. Tertarik dengan Chris, Volkswagen AG kemudian menawarkan dia untuk resmi bergabung dengan Volkswagen pada April 1997.

Chris mendesain VW Up! bersama dengan temannya yaitu Klaus Bischoff dan Marco Antonio Pavone. Mobil rancangan dari Chris sudah dipatenkan dan terdaftar di Amerika Serikat sejak tahun 2008 lalu. VW Up! ini dipilih oleh 64 juri yang merupakan jurnalis otomotif seluruh dunia. Mobil yang ikut kompetisi ini sebanyak 34, namun VW up! behasil unggul. Penghargaan yang diberikan kepada mobil ini menunjukan bahwa VW Up! memiliki detail yang terbaik dan sudah memenuhi semua aspek yang diharapkan dari sebuah mobil perkotaan, diantaranya pengemudian mobil ini sangat responsif, mesin yang efisien, suspensi yang canggih dan kualitas material yang bagus. Dari pernyataan juri-juri, belum ada di kelas tersebut yang menawarkan mobil mewah seperti ini.

VW Up! dipasarkan dalam dua rancangan, yaitu dengan 3 dan 5 pintu. Tetapi karena terkendala bakar ramah lingkungan standar Euro 5 yang memang belum ada di Indonesia, jadi mobil ini belum bisa masuk ke negara Indonesia . Pada 2012, Volkswagen UP! dijadikan sebagai salah satu mobil terbaik.

VW Up bukan satu-satunya buah tangan Chris. Pria berusia 46 tahun ini juga merancang VW New Beetle 2011 yang dijuluki “The Beetle”.

Chris berhasil mendesain VW Up dan VW New Beetle | http://bianginovasi.com/uploads/images/20110426_VW_Beetle_Fischer_014.jpg
Chris berhasil mendesain VW Up dan VW New Beetle | http://bianginovasi.com/uploads/images/20110426_VW_Beetle_Fischer_014.jpg

VW New Beetle juga mendapatkan pujian dan sanjungan dari pihak Volkswagen. Pimpinan Volkswagen Group, Martin Winterkorn sendiri yang memilih sketsa hasil karya Chris dari beberapa sketsa hasil rancangan yang lainnya. Dan yang lebih mengagumkan, sketsa Chris dipakai hampir seluruhnya tanpa ada perubahan sama sekali. Pihak VW mengatakan bahwa rancangan Chris sudah sangat bagus sehingga tidak melakukan perubahan lagi.

Dengan 23 juta terjual di seluruh dunia selama jangka panjang, termasuk 6 juta di Amerika Serikat, Beetle bukanlah subjek mudah untuk mengalami penyegaran. Mobil itu telah didesain ulang dua kali dalam perjalanan untuk menjadi kekuatan penjualan dan ikon budaya VW di seluruh dunia. VW New Beetle ini dirancang khusus sebagai mobil untuk para kaum wanita.

Sekarang, sudah hampir 20 tahun Chris Lesmana berkarier di salah satu merek otomotif terbesar dunia ini sebagai desainer mobil di Volkswagen AG. Karena tuntutan pekerjaan itulah, maka Chris dan keluarganya harus tinggal di Jerman. Meskipun demikian, Chris tetaplah menjadi salah satu orang yang membuat bangga Indonesia.

"Saya sudah ikut mendesain banyak mobil VW." kata Chris. 

Sumber: detik.com

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau25%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ANDARI WIDANTO FITRIA AISYAH

Keterbatasan bukanlah batasan untuk meraih sebuah mimpi. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara