Evolusi Indonesia

Evolusi Indonesia
info gambar utama

Evolusi adalah proses perubahan secara berangsur-angsur (bertingkat) dimana sesuatu berubah menjadi bentuk lain (yang biasanya) menjadi lebih kompleks/ rumit ataupun berubah menjadi bentuk yang lebih baik. Sedangkan, Indonesia adalah Negara Republik yang diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Indonesia adalah negara tempat saya lahir, negara yang akan saya banggakan dengan kelebihan sekaligus kekurangannya. Semaju-majunya negara, tidak ada negara yang benar-benar sempurna.

Indonesia, negara yang terkenal dengan nuansa hijaunya. Terkenal dengan kekayaan alamnya. Terkenal dengan keramahtamahannya. Juga, dengan militernya yang kuat. Banyak negara lain yang iri akan itu. Meski, banyak juga keburukannya yang sudah menjadi rahasia umum.

  • Rasa cinta masyarakat Indonesia, kepada negaranya sendiri

Yang pertama kali ingin saya bahas adalah “Rasa cinta masyarakat Indonesia, kepada negaranya sendiri”. Masyarakat Indonesia, terutama kalangan anak muda (11 – 35 tahun) lebih menyukai negara-negara di benua Eropa dan Amerika. Dari segi musik, pakaian dan rangkaian tren ala Eropa dan Amerika. Kalau boleh jujur, saya juga sempat tertarik.

Mereka menyukai gaya Barat dengan berbagai macam alasan. Adalah yang karena “Wah, keren ya tren A”. Ada juga yang “Wah, sudah ada tren baru lagi! Harus cepat-cepat coba nih! Kalau tidak, bisa dikata cupu / kudate”. Atau, alasannya seperti ini, “Jelas lebih seru gaya Barat! Daripada gaya di sini yang itu-itu saja. Bosan”. Alasan yang sebenarnya merupakan permasalahan di benak mereka.

Di mana ada masalah, di situ ada solusi. Tuhan tidak mungkin menciptakan masalah tanpa solusi. Begitu juga ahli besi, dia tidak mungkin membuat gembok tanpa kunci. Sebenarnya, ada saja kok solusi dari rangkaian alasan itu. Mulai dari alasan pertama, menyukai suatu tren Barat. Solusinya, kita bisa saja kok kita buat tren ala Indonesia, yang tentunya lebih bermanfaat. Lalu alasan kedua, takut dikata cupu / kudate oleh temannya. Solusinya, kita boleh saja kok berpendapat lain, dan juga tidak ada salahnya untuk mencoba hal-hal yang berkaitan dengan budaya Indonesia. Juga alasan ketiga, bosan dengan gaya Indonesia yang itu-itu saja. Solusinya, kenapa tidak mencoba budaya Indonesia? Memangnya sudah pernah coba? Padahal, tari Jaipong atau tari Kipas gak kalah seru lho. Tren yang sedang hangat belum tentu baik lho. Contohnya saja skip challenge. Kabarnya, skip challenge bisa menyebabkan kematian.

Saya rasa cukup untuk pembahasan pertama, harapan saya tentang pembahasan pertama adalah berharap agar kita semua bisa lebih mencintai Indonesia.

  • Keistimewaan Indonesia, di mata dunia.

Ada banyak sekali keistimewaan Indonesia. Akan saya coba bahas satu per satu:

  1. Tambang emas terbesar dengan kualitas emas terbaik didunia ada di Indonesia

Hal ini sangat membanggakan. Namun, akibat kurangnya teknologi yang dimiliki oleh negara kita, tambang emas tersebut dikelola oleh pihak asing yaitu PT. Freeport milik Amerika. Tambang ini diketahui telah menghasilkan 725 ton emas.

  1. Memiliki cadangan gas alam terbesar didunia.

Natuna adalah sebuah kepulauan yang memiliki luas wilayah 141.901 km², memiliki cadangan gas alam terbesar didunia. Hal itu menjadikan wilayah kepulauan Natuna menjadi incaran banyak negara, meraka ingin mengklaim wilayah tersebut menjadi wilayah negara mereka. Blok Natuna D, menyimpan cadangan gas alam yang jika diambil tidak akan habis hingga 30 tahun yang akan datang. Tidak hanya Blok Natuna D, ada Blok Cepu, dll yang terdapat diwilayah ini.

  1. Tanah yang subur

Karena dilintasi oleh garis khatulistiwa membuat negara ini beriklim tropis yang bagus untuk pertanian. Tidak hanya itu banyaknya gunung merapi yang aktif dan tersebar di seluruh nusantara menjadikan tanah di negeri ini sangat subur.

  1. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia

Sebutan negara kepulauan terbesar didunia mungkin memang pantas disandang oleh Indonesia, kenapa tidak Indonesia memiliki 17.508 pulau yang tersebar diseluruh wilayah. Tidak hanya itu 5 pulau di Indonesia termasuk kedalam 13 pulau-pulau terbesar didunia. Terletak diantara dua samudera yakni samudra Hindia dan samudra Pasifik, menjadikan negara ini kaya dengan keanekaragaman hayati. Sebagai contoh berbagai jenis ikan yang tidak ada dinegara lainnya, tetapi ada di wilayah perairan Indonesia.

  1. Terdapat hutan tropis terluas didunia

Hutan tropis Indonesia seluas 39.549.447 Ha, memiliki keanekaragaman hayati terlengkap didunia. Kekayaan hutan Indonesia tidak hanya kayu, tetapi juga flora dan fauna. Namun, hutan tropis tersebut sekarang sudah terus menerus berkurang, akibat penebangan hutan secara liar dan baru-baru ini banyak terjadi kebakaran hutan. Indonesia juga disebut-sebut sebagai paru-paru dunia. Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama menjaga keselamatan hutan-hutan di Indonesia!

  1. Indonesia memiliki suku bangsa terbanyak di dunia

Menurut data sensus pada tahun 2010 di ketahui ada 1.340 suku bangsa yang ada di Indonesia. Suku jawa memiliki total populasi terbesar di Indonesia yaitu sebesar 41%. Banyak sekali ya suku di Indonesia. Oleh sebab itu, mari kita lestarikan.

  1. Pulau Jawa merupakan pulau berpenduduk terpadat di dunia

Memiliki luas 126.700 km² pulau ini memegang rekor penduduk terpadat didunia. Jumlah penduduk pulau jawa tercatat 124 juta jiwa, dengan 6 provinsi.

  1. Bahasa daerah terbanyak didunia

Sekitar 750 bahasa daerah yang ada di negara Indonesia. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Indonesia, tetapi bahasa daerah yang paling banyak dipakai ialah bahasa jawa. Kalau begitu, mari kita pelajari bahasa daerah lainnya!

  1. Umat muslim terbanyak didunia

Terdapat 5 agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia antara lain Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Budha. Dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia, sebanyak 214 juta jiwa merupakan pemeluk agama Islam atau 88% dari penduduk Indonesia. Serta juga memiliki jumlah mesjid terbanyak didunia. Saya adalah salah satu muslim dari 214 juta jiwa yang tersebar di Indonesia. Nah, Umat Muslim di Indonesia telah menang secara kuantitas. Saya menghimbau, agar Umat Muslim di seluruh Indonesia mencoba untuk menjadi lebih baik dari segi kualitas. Jadi, kita tidak menang dari segi kuantitas saja, dalam segi kualitas kita juga harus menang!

  1. Candi Borobudur adalah candi terbesar didunia

Monumen bersejarah ini termasuk salah satu keajaiban dunia dan terletak di negara kita. Candi Borobudur ini dibangun oleh Dinasti Syailendra selama 40 tahun. Salah satu warisan tertua didunia.

  1. Tempat ditemukan manusia purba tertua didunia

Pithecanthropus Erectus adalah manusia purba tertua didunia yang di perkirakan hidup 1,8 juta tahun yang lalu ditemukan di Indonesia. Namun phitecanthropus sudah tidak tidak bisa ditemukan lagi sisa-sisa fosilnya dikarenakan manusia purba ini ditemukan sebelum masehi.

  1. Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi ASEAN

Pada bulan September 2015 bahasa Indonesia yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia menjadi bahasa resmi ASEAN dan ini merupakan kelebihan yang tidak di miliki oleh negara lain.

  1. Bahasa Indonesia di pelajari oleh beberapa negara didunia

Saat ini ada 45 negara yang mempelajari bahasa Indonesia dan negara-negara tersebut telah membuka program studi bahasa Indonesia. 500 sekolah di Australia sudah membuka kelas bahasa Indonesia. Tidak hanya itu negara Vietnam menyatakan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di negara mereka.

  1. Wikipedia bahasa Indonesia berada pada nomor urut 26 didunia.

Dikutip dari web Wikipedia menyatakan bahwa dari 250 wikipedia berbahasa asing, wikipedia bahasa Indonesia berada pada peringkat ke 26. Namun ditingkat Asia, Indonesia menduduki peringkat ketiga karena banyak kelebihan di Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

15.Bahasa Indonesia merupakan bahasa ketiga paling banyak digunakan pada WordPress

Setelah bahasa Spanyol sebagai peringkat pertama didunia, bahasa Indonesia berada diposisi ketiga terbanyak digunakan oleh pengguna wordpress yang menggunakan bahasa Indonesia.

  1. Kopi andalan di Starbuck

AS adalah Java Mocha, Sumatera, dan Toraja Coffe berasal dari indonesia. 3 kopi tersebut dipajang pada etelase paling depan. Merk internasional yang sangat terkenal yaitu Gucci menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan baku produknya.

  1. Seni Batik berasal dari Indonesia

Batik yang sudah diakui dan sangat terkenal diseluruh dunia bahkan sampai ke mancanegara. Batik merupakan kesenian yang berasal dari negri tercinta kita ini. Sehingga pada tanggal 2 Oktober telah ditetapkan sebagai hari Batik sedunia untuk mengeluarkan berbagai kreatifitas seluruh bangsa indonesia yang melalui hari batik nasional yang selalu dipeeringati setiap tahun.

  1. Terdapat binatang purba yang hanya hidup di Indonesia

Di Indonesia juga terdapat komodo binatang dari zaman purba yang masih hidup hingga kini, berada di pulau Komodo Nusa Tenggara Timur. Sayangnya binatang ini sudah termasuk binatang yang langka sehingga sulit di temukan di pulau komodo.

  1. Indonesia tempat ditemukannya ikan terkecil didunia

Ikan ini ditemukan hidup dalam rawa-rawa berlumpur pulau Sumatera. Panjang ikan ini hanya 7,9 mm dan memiliki bentuk tubuh yang transparan dan tidak ada tulang kepala.

Wah, keren sekali ya rangkaian keistimewaan Indonesia. Barang kali, ada yang belum tahu keistimewaan Indonesia, setelah tahu, kita akan lebih bangga dengan negara tercinta ini. Selain keistimewaan, ada juga rangkaian julukan untuk Indonesia yang diberikan negara lain. Diantaranya:

  1. Our Large Neighbour to North and Our Nearest Asian Neighbour

Ini julukan yang diberikan pemerintah Australia melihat Indonesia adalah negara asia tetangga terbesar dan terdekat secara letak geografis dengan Australia.

  1. Negara Nyiur

Julukan ini disematkan karena Indonesia adalah Negara maritim yang otomatis ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa.

  1. Garuda

Julukan ini mengacu pada symbol Negara Indonesia

  1. Negara Megabiodiversitas

Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena para peneliti dunia kagum akan keanekaragaman flora dan fauna yang ada termasuk spesies purba dan spesies langka di indonesia seperti komodo, anggrek hitam dan raflessia arnoldi.

  1. Mafia Asia

Julukan ini diberikan karena indonesia menjadi penggerak pembahasan masalah2 di Asia.

  1. The Big Mouslem Population

Ini julukan yang diberikan orang musim dunia kepada Indonesia atas kekaguman mereka terhadap kuantitas pemeluk agama islam di Indonesia.

  1. Negara Seribu Candi

Julukan negeri seribu candi diberikan dunia kepada Indonesia berawal dari dipilihnya candi Borobudur sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia

  1. Macan Asia yang Tertidur

Julukan aslinya adalah Macan Asia. tapi julukan ini berubah menjadi Macan Asia yang tertidur pada era modern. Ini julukan yang di berikan oleh Negara-negara asia terhadap Indonesia karena Indonesia diakui memiliki potensi menjadi sebuah negeri adidaya.

  1. Heaven Earth

Julukan ini diberikan kepada Indonesia karena banyak Negara dunia iri dengan kekayaan alam Indonesia yang subur dengan hasil bumi yang melimpah dan pemandangan yang memanjakan mata.

  1. Balinesia

Julukan Ini diberikan oleh para tourist yang mengagumi penampakan alam saat berkunjung ke bali. Dengan catatan sebenarnya para tourist itu tidak tahu jika bali adalah bagian dari Indonesia.

  1. Negara Maritim

Julukan ini mengacu pada kenyataan perairan Indonesia yang luas.

  1. Jamrud Khatulistiwa

Julukan ini diberikan dunia kepada Indonesia karena letak geografis Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dengan penampakan alam yang sangat hijau seperti jamrud.

  1. Negara Agraris

Julukan ini mengacu pada kenyataan bahwa lahan pertanian Indonesia sangat luas dengan sebagian besar mata pencaharian penduduk kita sebagai petani.

  1. Negara Seribu Pulau

Julukan ini diberikan melihat Indonesia terdiri dari ribuan pulau sekaligus menegaskan bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan dengan jumlah pulau terbanyak di dunia

  1. Paru-Paru Dunia

Julukan ini beberapa kali di sematkan oleh AS dan Singapura melihat pulau Kalimantan sebagai hutan yang harus dilindungi karena berfungsi sebagai penopang paru-paru dunia.

  1. Nusantara

Ini adalah julukan yang di sematkan oleh kerajaan majapahit terhadap wilayah Indonesia dari Sumatra sampai Papua dalam literature bahasa Jawa.

Banyak sekali julukan hebat yang dimiliki Indonesia. Deretan julukan tersebut bisa membuat kita lebih bangga lagi. Nah, ‘Impianku Untuk Indonesia’ kali ini ada banyak sekali. Yaitu:

  • Indonesia mempunyai banyak sekali kelebihan. Namun, akan sayang sekali apabila kelebihan tersebut diolah oleh negara lain. Padahal, aku mendengar bahwa justru para pekerja Indonesia bekerja untuk negara lain. Ketika para pekerja di Indonesia ditanya “Kenapa tidak bekerja di Indonesia?” Mereka menjawab, “Karena kami TIDAK DIHARGAI di Indonesia.” Maksud mereka tidak diharagai adalah mereka kurang dihargai pemerintah. Mereka juga diberi upah lebih besar di luar Negeri.
  • Indonesia memiliki banyak flora dan fauna. Namun, banyak sekali flora dan fauna yang terancam punah. Saya sangat menyayangkan hal tersebut. Karena itu berarti jumlah flora dan fauna akan semakin sedikit. Salah satu sebab fauna bisa punah adalah karena perburuan liar. Dan salah satu sebab flora punah adalah karena penebangan liar. Itu semua karena rasa EGOIS manusia.
  • Indonesia memiliki banyak suku di dunia. Juga memiliki banyak bahasa daerahnya. Sayangnya, seringkali bahasa daerah dan budayanya DIACUHKAN oleh warganya sendiri. Justru, Negara lain yang TERTARIK untuk mempelajari budaya dan bahasa daerah Indonesia. JANGAN SALAHKAN MEREKA, kalau nantinya mereka MENGAKUI kalau budaya dan bahasa daerah Indonesia, adalah budaya dan bahasa daerah mereka.
  • Indonesia memiliki banyak candi. Namun, ada saja yang MERUSAK candi. Bahkan ada saja yang MENCURI bagian dari candi. Seharusnya candi itu dirawat dan dilindungi.
  • Umat Muslim di Indonesia telah menang secara kuantitas. Saya menghimbau, agar Umat Muslim di seluruh Indonesia mencoba untuk menjadi lebih baik dari segi kualitas. Jadi, kita tidak menang dari segi kuantitas saja, dalam segi kualitas kita juga harus menang!
  • Indonesia memiliki kesempatan untuk menjadi negara adidaya. Saya kurang mengerti mengapa bisa begitu. Namun, kita harus berusaha lagi untuk mewujudkan kesempatan tersebut.
  • Sisi negatif Indonesia, yang harus dihilangkan.

Saya akan coba kembali bahas satu per satu.

  1. Indonesia Negara Terkorup Asia Pasifik

Indonesia merupakan negara paling korup dari 16 negara Asia Pasifik yang menjadi tujuan investasi para pelaku bisnis. Itulah hasil survei pelaku bisnis yang dirilis Senin, 8 Maret 2010 oleh perusahaan konsultan “Political & Economic Risk Consultancy” (PERC) yang berbasis di Hong Kong [1]. Penilaian didasarkan atas pandangan ekskutif bisnis yang menjalankan usaha di 16 negara terpilih. Total responden adalah 2,174 dari berbagai kalangan eksekutif kelas menengah dan atas di Asia, Australia, dan Amerika Serikat.

  1. Jakarta, Kota Terpolusi Ketiga Dunia

Kota Jakarta berada di urutan ketiga untuk kategori kota terpolusi di dunia. Pesatnya jumlah kendaraan baru dan masih banyaknya kendaraan tua dituding menyumbang polutan terbanyak. Saat ini terdapat lebih dari 7 juta kendaraan melintas di jalan-jalan Jakarta Membebaskan Jakarta dari polusi hampir mustahil direalisasikan. Tetapi kebijakan mereduksi polusi di Jakarta pasti didukung warga. Gelar kota terpolusi nomor tiga di dunia pun harus segera dapat dihapus.

  1. Indonesia Negara Terkorup Urutan Keempat Dunia

Indonesia hanya satu langkah di bawah negara Timor Leste, negara yang baru saja merdeka "Indonesia menjadi urutan keempat itu karena masalah korupsi hanya dijadikan bacaan, bukan sebagai larangan yang harus ditaati,

  1. Pencemaran air terburuk di Dunia

Kondisi perairan di Indonesia semakin buruk dengan tercatatnya Sungai Citarum sebagai salahsatu dari 10 sungai terburuk di dunia. Sepuluh sungai terburuk tersebut merupakan hasil riset dari Internasional River Basin Monitoring, lembaga riset independen internasional yang menangani masalah lingkungan.Panjang 200 mil Sungai Citarum di Indonesia menjadi tuan rumah lebih dari 500 pabrik sepanjang tepi sungai dan merupalan sungai yang paling tercemar di dunia. Ada begitu banyak sampah lapisan permukaan yang di banyak tempat Anda tidak dapat melihat air

  1. No 2 Negara Pembajakan Software Terbesar Di Dunia

Untuk urusan pembajakan software, hasil riset yang dikeluarkan IDC mengungkapkan bahwa aktivitas pembajakan software di Indonesia tahun 2011 kian melonjak. Indonesia berada di posisi ke 2 sebagai negara dengan tingkat pembajakan software terbesar di dunia.
Presentase yang dicatat adalah 89%. Jika diibaratkan ada 100 software yang digunakan, maka 89 di antaranya merupakan software ilegal. Presentase 89% ini merupakan prestasi minor bagi Indonesia, sebab selama dua tahun sebelumnya, Indonesia mampu menurunkan presentase pembajakan, meski hanya turun 1%.

  1. Termasuk Negara Negara Miskin Didunia

Sekitar 20,8% dari 238 juta penduduk berada di bawah garis kemiskinan

Seperti biasa, saya akan bahas satu per satu.

  • Banyak sekali koruptor di Indonesia. Mirisnya, koruptor banyak tersebar di antara orang-orang yang berkaitan dengan politik. Mulai dari polisi, PNS, mentri, dan deretan politikus lainnya. Itulah sebabnya Indonesia lebih KEKURANGAN ORANG JUJUR dibandingkan ORANG PINTAR. Karena itu, orang tua saya lebih menjunjung AKHLAK dan KEJUJURAN dibandingkan KEPINTARAN, walaupun kepintaran memang tak kalah pentingnya. Karena, untuk apa pintar kalau suka berbohong? Untuk apa pintar kalau sombong? Kata orang tua saya, “Orang itu tidak mau mempekerjakan orang yang akhlaknya buruk. Jadi, buat apa PINTAR kalau akhlaknya BURUK? Lagipula, orang yang selalu ranking satu di kelasnya belum tentu akan jadi bos. Dan orang yang tidak mendapatkan ranking juga belum tentu hidupnya akan miskin.” Kalau kata saya, “Karena hidup tidak se-klise itu.”
  • Jakarta, Ibukota Indonesia. Jakarta menduduki urutan ketiga kota terpolusi. Salah satu sebabnya, ditebangnya pohon di Jakarta. Sekali lagi, ini karena rasa EGOIS manusia. Padahal, nantinya dia sendiri yang terkena akibatnya. Dia akan sulit mencari udara segar. Mungkin bisnis mereka memang penting, namun mereka SEHARUSNYA tidak sampai menebang pohon HANYA untuk keperluan bisnis pribadi.
  • Pencemaran air terburuk di dunia. “Waktu kecil, terutama saat puasa, kalau siang bolong ayah suka mandi di kali x. Karena itu, masa kecil ayah bahagia sekali. Kasihan sama masa kecil kamu, mandi di kali kalau pulang kampung saja.” Kata ayahku. Itu sebagian dari cerita ayah tentang kebiasaannya mandi di kali sewaktu kecil. Menurut ceritanya, sungai puluhan tahun silam sangat jernih. Berbeda sekali dengan sungai sekarang, sudah sangat kotor dan tidak sehat. Itu semua karena KEBIASAAN BURUK yang suka buang sampah sembarangan. Padahal, sungai jernih jelas lebih indah dibandingkan sungai yang keruh.
  • Tentang membaca, Indonesia berada di urutan ke- 60 dari 61.

Miris sekali. Urutan 60 dari 61.

PRESENTER senior Najwa Shibab mengatakan sebagai duta baca, dirinya hanya seorang provokator yang mengajak seluruh warga Indonesia agar gemar membaca. Karena dirinya sangat prihatin dengan posisi Indonesia yang berada di urutan 60 dari 61 negara yang malas membaca.

"Saya hanya provokator untuk baca yang kerjanya menyebarkan virus baca kemana- mana," kata Duta Baca, Najwa Shihab saat berkunjung ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat, 11 Agustus 2017.

Di Kupang, Najwa Shihab akan menggelar talk show di Aula El Tari Kupang malam ini, dan mengunjungi Kabupaten Lembata. Kapasitasnya berkunjung ke NTT hanya sebagai Duta Baca.

Awal diangkat menjadi Duta Baca, Najwa Shihab mengaku merasa tegang dan stres, karena Indonesia masih jauh tertinggal dari negara lain di dunia dalam urusan membaca. Di Amerika minta baca mencapai angka 25-27 buku per tahun per orang, Jepang 15- 18 buku, sedangkan Indonesia hanya 0,01 per tahun.

Setelah berkeliling ke beberapa daerah di Indonesia, menurut dia, sebenarnya minat baca warga Indonesia sangat tinggi, namun akses bukunya masih sangat kurang. "Di daerah terpecil, jika ada orang yang membawa buku pasti menjadi rebutan anak- anak," katanya.

Karena itu, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan, seperti harga buku harus lebih murah, karena salah satu satu kendala minat baca di Indonesia, karena harga buku terlalu mahal. Kendala lainnya yakni penyebaran buku yang tidak merata hingga ke desa- desa. "Memang ini juga menjadi masalah, karena pengiriman buku ke daerah sangat mahal," ujarnya.

Untuk mengatasi masalah itu, maka dirinya sudah bertemu dengan Presiden Jokowi untuk menetapkan tanggal 17 setiap bulan sebagai hari kirim buku gratis ke daerah manapun melalui PT Pos Indonesia. "Kami berharap pencanangannya pak Jokowi bisa mengirimkan buku ke daerah, sehingga menjadi virus bagi orang lain," ujarnya.

Najwa mengatakan dengan bekermbangnya teknologi saat ini banyak yang membaca melalui handphone (HP), sehingga pihaknya juga menyiapkan aplikasi ipusnas bagi pengguna HP agar bisa membaca buku. "Membaca harus menjadi kebiasaan, dan terjadwal dengan baik," KATANYA.


Dapat diambil kesimpulan bahwa ada beberapa penyebab warga Indonesia kurang membaca, diantaranya:

  • Warga Indonesia kurang membaca karena susahnya akses untuk mendapatkan buku. Di daerah terpencil, mereka mempunyai rasa gemar membaca buku. Tentu itu tidak boleh disia-siakan.
  • Sebenarnya kita memiliki minat membaca buku yang cukup tinggi. Namun, kita membaca buku dalam jumlah sedikit karena harga buku yang cukup mahal. Saya benarkan hal itu, saya hanya membeli buku ketika saya mencapai suatu ‘goals’ yang sudah disetujui oleh orang tua.

Saya mencoba bertanya kepada teman-teman saya “kenapa kalian tidak suka membaca buku?”

Jawabannya berfariasi. Ada yang “Malas. Pusing lihat tulisan sebanyak itu”

Ada juga yang “Kalau sudah ada film-nya, lebih baik nonton film-nya. Malas, baca buku setebal itu.”

Padahal, baca buku itu seru lho. Kata ayah saya, “Ayah kalau baca buku dahulu lalu menonton film-nya. Ayah lebih suka bukunya, karena biasanya film-nya kurang menarik. Dan cerita yang ditampilkan di buku jauh lebih lengkap dibandingkan pada film-nya. Bukankah begitu?” saya membenarkannya. Ketika saya membaca suatu buku, dan saya menonton film-nya. Memang banyak yang tidak ditampilkan di film. Di bukunya jauh lebih lengkap. Saya lebih mengerti cerita dari buku, dibandingkan dari film.

Saya menjadikan buku sebagai salah satu hobi saya. Buku yang biasa saya baca adalah novel. Tapi, ada saja yang lebih suka buku jenis lain. Seperti buku Ensiklopedia, buku non fiksi, buku sejarah, dan lain-lain.

Hobi saya membaca buku. Cita-cita saya menjadi penulis, atau sastrawati. Saya sangat kagum kepada Prof. Hamka. Beliau sangat keren. Saat guru saya menceritakan tentang Prof. Hamka, saat itu juga saya mengidolakan beliau.

Terkait menulis dan membaca, saya akan sedikit bercerita tentang sejarah kelam Eropa dan Amerika. “Masa Kegelapan di Amerika dan Eropa. Masa gemilang Islam di Timur Tengah”. Cerita dari guru saya. Cerita yang mebuat saya berdecak kagum, “Wah, Eropa dan Amerika yang sangat maju punya masa lalu silam.” Bukankah itu sangat menarik untuk disimak? Sepanjang waktu saat menyaksikan kisahnya, mata saya selalu berbinar. Rasanya merinding. Dan tak henti-hentinya bilang, “Wah, Keren sekali!” Satu hal lagi yang membuat saya kagum. Islam ‘pernah’ diakui oleh dunia. Islam diakui di dunia adalah salah satu impian terbesar saya. Mengingat Islam yang ‘agak’ dibenci di Amerika dan Eropa.

Ceritanya begini. Alkisah ada sekelompok anak yang diperintahkan gurunya untuk mencari penemuan masa kegelapan di sebuah perpustakaan. Mereka bertanya pada seorang perpustakawan tentang masa kegelapan. Setalah percakapan panjang, pustakawan tersebut akhirnya mau menjelaskan tentang masa kegelapan.

Pustakawan tersebut memberikan buku ‘ajaib’ kepada mereka. “Bukalah kalau berani.” Kata sang pustakawan. Dengan sedikit ragu-ragu, mereka mebuka buku tersebut. Keluar cahaya yang menyilaukan dari buku. Pakaian sang pustakawan pun berubah.

“Siapa kau sebenarnya?” tanya salah satu anak.

“Namaku Al-jazari. Seorang insinyur dan seorang penemu” Kata Al-jazari.

“Peradaban apakah itu?”

“Peradaban orang Islam, sahabatku.”

“Melalui para ilmuan dari berbagai macam keyakinan. Beberapa penemuan penting telah ditemukan manusia pada saat itu. Peradaban yang menggambarakan kearifan zaman dulu.” Kata Al-jazari lagi.

“Seperti apa?”

“Segalanya.”

Saat salah satu anak ingin memotret kejadian tersebut, munculah seseorang. Orang itu berkata, “Aku tahu ini adalah suatu ide yang bagus.”

“Siapa kau?”

“Izinkan aku memperkenalkannya, Ibnu Al-Haitam. Seorang ilmuan yang memberikan ide penemuan kamera.” Kata Al-Jazari.

“Apakah kau yang menemukan kamera?”

“Sebenarnya akulah yang memberikan ide kamera modern dengan cara menjelaskan kinerja mata kita. Aku menemukan cara bagaimana sebuah proyeksi dapat memberikan gambar pada suatu permukaan. Melalui sebuah lubang kecil dalam kamar yang gelap. Dikenal dengan nama “Camera Obscura” (Qamara = kamar = Kamera). Kamera, proyektor, dan benda lainnya yang memiliki kinerja sama.” Kata Ibnu Al-Haitam lalu dia menghilang.

“Hati-hati!” seru seorang dengan alat terbang.

“Lihat! Siapa dia?”

“Perkenalkanlah teman baikku, Abbas bin Firnas. Dia adalah orang yang percaya bahwa manusia bisa terbang. Dia berani bermimpi sepuluh abad sebelum Wright bersaudara menemukan kapal terbang.” Kata Al-Jazari.

“Bersiaplah! Aku akan terbang!” kata Abbas bin Firnas. Namun, akhirnya jatuh.

“Tapi dia lupa satu hal. Ekor, untuk pendaratan.” Kata Al-Jazari.

“Punggungku sakit! Apakah ada dokter?”

“Apa ada yang memanggilku?” kata seseorang yang baru muncul.

“Oh teman lamaku, mengapa kau tidak mengenalkan namamu ke tamu kecilku?” kata Al-Jazari.

“Aku adalah Abu al-Qasim al-Zahrawi, banyak orang memanggilku bapak pembedahan.”

“Apakah kau benar-benar melakukan pembedahan pada masa itu?”

“Tentu saja, pada kenyataannya banyak peralatan operasi modern yang berhasil aku temukan dan masih digunakan di rumah sakit modern seperti sekarang. Maaf, aku sedang ada pasien.”

“Pisau bedah ada? sepertinya aku membutuhkan jahitan.” Kata Abbas bin Firnas.

“Pada kasus seperti ini aku biasa menggunakan Catgut”

“Catgut?”

“Berasal dari usus (gut) hewan. Sangat cocok untuk penjahitan luka dalam. Dokter bedah masih menggunakannya sampai saat ini.”

Tiba-tiba muncul seorang wanita. “Siapa dia?” tanya seorang anak.

“Dia adalah Maryam Al-Aastrolabi. Seorang wanita cerdas di masanya. Dia adalah wanita yang membuat system astrologi canggih.” Kata Al-Jazari.

“Alat tersebut mempermudah dalam melihat posisi bulan dan bintang. Sehingga kalian dapat menghitung pukul berapa dan berada di mana kalian berada. Prinsip alat tersebut digunakan dalam kompas dan navigasi. Dan membantu banyak orang menjelajahi dunia”

“Ilmu pengetahuan adalah suatu hal yang sangat luar biasa, dan semuanya telah dikembangkan pada zaman keemasan. Dan semua itu merupakan awal. Masih banyak penemuan lainnya yang mencangkup seluruh kehidupan manusia saat ini.” Kata Al-Jazari

Kurang lebih seperti itu ceritanya. Guru saya menambahkan. Bahwa saat itu ilmuan sangat didukung. Para pemerintah membiayai penelitian. Dan seorang guru mendapat upah tujuh ratus juta per bulan. Dan seorang penulis juga mendapat upah yang banyak.

Mungkin, Indonesia bisa meniru rasa penghormatan yang tinggi pada ilmuan, guru, dan penulis. Karena itu, pada saat itu mereka berlomba-lomba menjadi guru, ilmuan, dan penulis.

Karya : Adelia Rizky Darmawan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Good News From Indonesia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini