Kabar Gembira Nih! Ada Layanan “Khusus” Pembuatan SIM Gratis di Bulan Agustus

Kabar Gembira Nih! Ada Layanan “Khusus” Pembuatan SIM Gratis di Bulan Agustus
info gambar utama

Datangnya bulan agustus membuat berbagai lembaga ataupun tokoh masyarakat berlomba-lomba menggelar kegiatan menarik untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya pelaksanaan perlombaan tradisional maupun modern, karnaval seni dan kebudayaan, bahkan masyarakat yang bernama “Agus”pun mendapatkan berkah di bulan agustus. Selain itu, ada pula penggratisan masuk tempat wisata bersejarah selama bulan agustus.

Satlantas Polres Penajam Paser Utara (PPU) juga memiliki tawaran menarik untuk memeriahkan HUT ke-72 R1. Polres PPU menyediakan layanan gratis pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C khusus di bulan agustus saja.

Namun, layanan gratis pembuatan SIM tidak berlaku setiap hari di bulan agustus dan juga tidak diperuntukkan untuk semua warga Penajam Paser Utara. Hanya warga pemiliki tanggal lahir 16 dan 17 agustus yang bisa mendapat layanan gratis pembuatan SIM.

Warga yang ingin mendapatkan layanan pembuatan SIM gratis bisa langsung datang ke Mapolres PPU.

Layanan SIM gratis khusus ini hanya berlaku untuk pembuatan SIM baru dan tidak berlaku untuk perpanjangan SIM.

Walaupun bersifat gratis bukan berarti tidak melengkapi dokumen dan persyaratan. Warga harus memenuhi Kelangkapan dokumen yang disyaratkan seperti pada umumnya dan mengikuti seluruh rangkain tes. Kelulusan tes mengemudipun juga sama pada umumnya, yaitu lulus tes teori dan praktik.

“Pendekatan layanan terus digalakkan. Termasuk pengurusan pajak tahunan. Selain menyediakan layanan Samsat Keliling, kami juga membuka posko layanan di beberapa kelurahan dan desa yang jauh dari pusat layanan,” Ujar Kasatlantas Polres PPU, Iptu Hari Purnomotegas.

Program Layanan pembuatan SIM gratis ini tidak hanya untuk menyemarakkan HUT ke-72 RI, juga sebagai bentuk dorongan Polres PPU agar semua warganya memiliki SIM.


Sumber: jpnn.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini