Mulai Besok! Pekik Proklamasi Bung Karno Akan Berkumandang Tiap Pagi di Tugu Proklamasi

Mulai Besok! Pekik Proklamasi Bung Karno Akan Berkumandang Tiap Pagi di Tugu Proklamasi
info gambar utama

Tugu Proklamasi merupakan tugu peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang terletak di kawasan Pegangsaan, Jakarta Pusat. Tahun ini ada yang spesial dari tugu tersebut.

Terletak di ruas jalan yang dulu bernama Pegangsaan Timur, pada kompleks Taman Proklamasi juga terdapat patung para proklamator, yaitu Soekarno dan Hatta. Patung keduanya berukuran besar, berdiri berdampingan sebagaimana posisi keduanya saat membacakan teks proklamasi pada 1945.

Di antara Soekarno dan Hatta terdapat pahatan marmer hitam yang berbentuk naskah. Ini adalah naskah yang dibuat mirip secara susunan dan tulisan, dengan naskah ketikan asli teks proklamasi. Diorama kedua tokoh ditambah teks proklamasi jadikan suasana di taman ini benar-benar gambarkan suasana sebagaimana saat teks proklamasi dibacakan.

Sejatinya, lokasi ini memang merupakan lokasi yang sama dengan tempat dibacakannya teks proklamasi oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945. Dulunya lokasi tersebut merupakan rumah kediaman Soekarno. Setelah kemerdekaan, Soekarno meminta Gubernur Jakarta untuk merubuhkan rumah tersebut, demi menghilangkan jejak kolonialisme. Saat itu, Soakarno telah pindah ke Istana Negara.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Soekarno melakukan pencangkulan pertama tanah untuk pembangunan Tugu Petir pada 1 Januari 1961. Pada tugu berbentuk bulatan tinggi berkepala petir ini, tertulis "Disinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Tanggal 17 Agustus 1945 djam 10.00 pagi oleh Bung Karno dan Bung Hatta".

Baru pada di masa pemerintahan Soeharto, patung Soekarno dan Hatta dibangun. Peresmiannya dilakukan pada 17 Agustus 1980. Sejak itu, namanya berubah menjadi Tugu Proklamasi. Tiap tahunnya tugu ini menjadi tempat peringatan Hari Proklamasi. Pada peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini, ada hal spesial yang dibuat pemerintah terkait monumen ini.

Terhitung mulai 17 Agustus 2017 nanti, tiap pukul 10.00 di Tugu Proklamasi akan berkumandang suara Bung Karno ketika membacakan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Kumandang proklamasi ini diresmikan Gubernur Djarot pada Rabu (16/08). Pekik proklamasi Bung Karno ini diharap mampu bangkitkan semangat perjuangan bagi tiap orang yang mendengarnya.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini