Bangga! Surabaya Menjadi Tuan Rumah Dalam Festival Layang-Layang Internasional

Bangga! Surabaya Menjadi Tuan Rumah Dalam Festival Layang-Layang Internasional
info gambar utama

Bulan Agustus tahun ini menjadi bulan sibuk bagi Kota Surabaya karena ada banyak agenda Internasional yang digelar di Kota yang terkenal sebagai Kota Pahlawan ini. Setelah sukses menggelar agenda Surabaya Half Marathon 2017 Minggu kemarin, pekan ini Surabaya akan menjadi tuan rumah Festival Layang-Layang Internasional. Acara ini merupakan acara rutin yang dilakukan setiap tahunnya. Tahun ini, Festival Layang-layang siap di gelar untuk ke-20 kalinya di Side Area Long Beach Timur Pakuwon City.

Widodo Suryantoro selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya mengatakan bahwa Pemerintah Kota Surabaya sendiri sudah beberapa kali menggelar festival layang-layang Internasional ini. Tetapi pada tahun 2017 ini, Festival Layang-Layang atau yang dikenal dengan Surabaya International Kite Festival 2017 di yakini akan lebih meriah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, jumlah peserta terus bertambah hingga mencapai ratusan peserta dari dalam dan luar negeri. Sampai saat ini, telah tercatat ada kurang lebih 120 partisipan yang akan hadir.

“Rencananya ibu wali kota juga akan hadir membuka festival layang-layang ini.” Kata Widodo Suryantoro.

Peserta yang mengikuti festival ini merupakan klub layang-layang yang berasal dari berbagai negara. Diantaranya peserta dari Malaysia, Tiongkok, Hongkong, Singapura, Thailand, Australia, Kanada, Kamboja, Vietnam, dan Swedia. Selain itu, terdapat juga peserta dari berbagai provinsi di Indonesia yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Depok Solo, Cilacap, Kebumen, Ponorogo, Tuban, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Bali dan Makassar.

Konferensi pers Festival Layang-Layang Internasional 2017 di Surabaya (Foto: Bagus DR/GNFI)
info gambar

Widodo Suryantoro menambahkan bahwa agenda ini sangat penting sebagai upaya untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia, serta meningkatkan apresiasi masyarakat kepada layang-layang. Selain itu, memberikan hiburan kepada masyarakat untuk menyemarakkan peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Maka dari itu, silahkan warga untuk hadir meramaikan kegiatan yang akan dilaksanakan 2 hari berturut-turut yakni tanggal 19 – 20 Agustus 2017.

Pada hari pertama, akan di mulai pukul 08.30 WIB - 16.00 WIB. Pengunjung akan disuguhkan dengan Upacara Pembukaan (Opening Ceremony), Olahraga Dirgantara (Aero Sport), Workshop pembuatan Layang – Layang, Demo Olahraga Layang-Layang (Demo Sport Kite), Lomba Layang-Layang Hias (Ornamental kita Competition) dan Lomba Layang-Layang 2D (2D Flying Kite Competition). Sedangkan pada hari kedua, acara ini di buka pukul 10.00 WIB – 16.00 WIB dengan menampilkan Festival Layang-Layang terbang Bersama (Kite Flying Together Festival), Lomba Layang-Layang 3D (3D Flying Kite Competition), Kompetisi Rokkaku (Rokkaku Chalengge), dan Upacara Penutupan (Closing Ceremony).

Surabaya Menjadi Tuan Rumah Festival Layang-layang | indonesiashow.biz
info gambar

Festival ini akan mampu untuk menghias langit Kota Surabaya penuh dengan aneka bentuk dan warna-warni yang cantik. Corak warna-warni tersebut merupakan warna dari layang-layang yang beraneka ragam. Layang-layang ini memiliki bentuk dua dimensi sampai bentuk tiga dimensi dengan ukuran mulai dari yang kecil hingga raksasa. Bagi warga Kota Surabaya yang ingin menonton pelaksanaan Surabaya International Kite Festival 2017 ini, ada baiknya untuk membawa membawa pelindung tubuh dari sengatan matahari.


Sumber: dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini