Putra Berdarah Riau, Pelayan Jamaah Haji dari 17 Negara

Putra Berdarah Riau, Pelayan Jamaah Haji dari 17 Negara
info gambar utama

Sebelum kota Makkah masuk ke dalam pemerintahan Kerajaan Arab Saudi (Periode Saudi Ketiga) dibawah Raja Abdul Aziz Al Saud, banyak orang-orang dari Nusantara yang pindah ke Makkah hingga memiliki keturunan.

Maka jangan heran banyak dari masyarakat Makkah yang berwajah Asia, memiliki nama kabilah yang tidak asing bagi kita. Sebut saja Asyi (Aceh), Mandayli (Mandailing), Fadan (Padang), Falimban (Palembang), Manduroh (Madura), Banjar, Sambas, Bugis dan masih banyak lagi.

Kakek-kakek mereka sudah berada di Makkah sebelum Raja Abdul Aziz Al Saud masuk ke Makkah, sehingga mereka mendapatkan kewarganegaraan Arab Saudi hingga anak cucu mereka.

Untuk mempermudah pelayanan jamaah haji, Kementerian Haji Arab Saudi (yang saat ini bernama Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi) sekitar 25 tahun yang lalu membentuk "Muassasah" sebuah organisasi yang bertugas untuk mengurus pelayanan administrasi dan lapangan jamaah haji selama berada di tanah suci.

Muassasah di Makkah disebut Muassasah Mutawwify, Muassasah di Madinah disebut Muassasah al-Adilla, serta di Jeddah ada Wukala atau perwakilan kantor Muassasah.

Terdapat 6 Muassasah yang ada sekarang ini, Muassasah Haji Asia Tenggara, Muassasah Haji Asia Selatan, Muassasah Haji negara-negara Arab, Muassasah Haji Afrika non Arab, Muassasah Haji Turki, Amerika dan Eropa, serta Muassasah Haji Iran.

Meskipun bernama Muassasah Haji Asia Tenggara, Muassasah bukan hanya melayani jamaah haji yang berasal dari Asia Tenggrara, melainkan melayani jamaah haji yang berasal dari 18 negara di Asia Tenggara dan Asia Timur, yaitu Indonesia, Malaysia, Republik Rakyat Tiongkok, Thailand, Taiwan, Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Korea Selatan, Macao, Korea Utara, Mongolia, Jepang, Guam dan Hong Kong.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Foto: Raja Salman bersama Muhammad Amin Indragiri, CEO Muassasah Haji Asia Tenggara, dimana orang tua atau kakek beliau berasal dari Indragiri, Riau.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini