Hebat, Menteri Susi Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Hebat, Menteri Susi Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
info gambar utama

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia masuk dalam daftar 100 wanita paling berpengaruh dan paling menginspirasi di dunia pilihan kantor berita BBC.

Seperti yang dilansir oleh Liputan6, BBC merilis nama-nama wanita paling berpengaruh di dunia. Ada 100 wanita yang disebut paling memberikan pengaruh di tahun ini. Dari 100 orang tersebut, BBC baru merilis 60 nama, di mana Menteri Susi berada di urutan 54. Sementara 40 nama lainnya akan dirilis bulan Oktober mendatang.

Selain menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi begitu sapaan akrabnya, juga merupakan pengusaha yang sukses.

Susi Juga Aktif Untuk Melihat Pameran Yang sedang Diadakan | kompas
info gambar

Wanita kelahiran 15 Januari 1965 Pangandaran, Jawa Barat ini memang berbeda dengan menteri kebanyakan. Jika menteri-menteri yang lain adalah lulusan sarjana, bahkan hingga perguruan tinggi luar negeri, Susi hanya memiliki ijazah SMP.

Meskipun begitu, ia tetap menjadi pengusaha yang sukses. Kesusksesannya dapat dilihat dari puluhan pesawat yang dia miliki dari berbagai jenis seperti Cessna Grand Caravan, Pilatus PC-06 Porter, dan Piaggio P180 Avanti.

Susi mengawali karir sebagai pengepul ikan di Pangandaran. Bisnisnya berkembang kemudian mendirikan pabrik pengolahan ikan pada PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan lobster bermerk Susi Brand. Pasarnya, pun berkembang hingga ke luar negeri seperti Asia dan Amerika.

Menteri Susi Pudjiastuti, menunggu detik-detik peledakan kapal nelayan asal Thailand, di Selat Dempo | popbela.com
info gambar

Berkembangnya pasar produk ini pun membuatnya mau tak mau membutuhkan sarana transportasi sehingga produk yang dibawa dalam keadaan segar. Akhirnya, muncullah pemikiran untuk membeli sebuah pesawat pengangkut yang kemudian melatarbelakangi berdirinya PT ASI Pudjiastuti Aviation dan berkembang hingga saat ini.

“Anda harus melepas rintangan dari pikiran Anda terlebih dahulu. Pria dan wanita sama. Jika Anda masih sibuk membahas masalah gender, maka Anda tidak akan maju,” ujar Susi.

Gebrakan yang dilakukannya menuai perhatian dari banyak kalangan. Hingga kemudian, Susi selalu dianugerahi pengharagaan antara lain, Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Young Entepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005, serta Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprose Exporter tahun 2005.

Berkat kerja kerasnya dalam menjaga kemaritiman laut Indonesia, Susi juga sudah mendapat pengakuan dari dunia internasional | magazine.banananina.co.id
info gambar

Dengan berbagai prestasinya selama menjadi pengusaha, Susi pun ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam kabinet kerja.

Melalui berbagai kebijakannya selaku menteri, Susi memberikan banyak pengaruh dan inspirasi tidak hanya bagi sektor kelautan dan perikanan Indonesia, tetapi juga dunia. Kebijakannya tidak hanya berupaya mendorong kemajuan sektor perikanan dan kelautan, tetapi juga mengangkat harga diri bangsa Indonesia sebagai negeri maritim yang besar.

Selain itu, 100 wanita tersebut nantinya akan diminta untuk membagikan pengalaman, keahlian, dan kreatifitas mereka guna menangani empat masalah terbesar yang dihadapi para wanita di seluruh dunia. Empat masalah tersebut yakni diskriminasi, kebutahurufan, pelecehan di ruang publik, dan seksisme di olahraga.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini