Aset Berharga Bumi Pertiwi di Era Globalisasi

Aset Berharga Bumi Pertiwi di Era Globalisasi
info gambar utama

Budaya diartikan sebagai budi dan daya, daya atau kekuatan pada budi dan menjadi penggerak dan sumber pada kebudayaan. Sedangakan keragaman budaya atau “cultural diversity” adalah sebagian harta yang ada di bumi Indonesia. kenyataan bahwa Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam konteks pemahaman masyarakat majemuk, yaitu Masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan bangsa yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda baik dari segi kultur, letak geografis, maupun sikap dari masing-masing individu. selain kebudayaan kelompok suku bangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah yang bersifat kewilayahan dan merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok suku bangsa yang ada didaerah tersebut. Bangsa indonesia terkenal sebagai bangsa yang heterogen atau majemuk, bangsa yang besar ini memiliki keberagaman suku bangsa budaya, agama, dan ada tistiadat (tradisi).

Indonesia yaitu negara kepalauan yang memiliki segudang kekayaan alam dan juga Semua hal yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Misalnya dalam upacara adat, rumah adat, baju adat, nyanyian dan tarian daerah, alat musik, bahasa daerah dan makanan khas menjadi ciri khas negara kesatuan yang patut dibanggakan oleh seluruh lapisan masyarakatnya. Keanekaragaman suku bangsa dan budaya ini bisa dijadikan sebagai modal pembangunan bangsa. Berbagai perbedaan tersebut disatukan dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika yang mengandung arti berbeda-beda namun tetap satu jua, dan dengan berpegang pada ideologi negara yang tidak dimiliki oleh negara lain yaitu Pancasila, sebagaimana diyakini merupakan jiwa kepribadian dan pandangan hidup manusia Indonesia, dan telah dibuktikan oleh perjalanan sejarah bahwa Pancasila merupakan sebuah sumber kekuatan bagi perjuangan bangsa karena mampu menjadikan Rakyat Indonesia bersatu, Persatuan dan kesatuan harus selalu kita tegakkan di bumi Indonesia.

Menerapkan cinta tanah air dalam diri setiap masyarakatnya menajadi salah satu modal yang mampu menjadikan negeri ini tetap bersatu. Kebanggan terhadap segala aset yang dimiliki negeri ini seharusnya mampu menjadi kekuatan penuh bagaimana kita harus mengenalkan atau bahkan menunjukan pada dunia bahwa negeri ini tetap bersatu, negeri ini tetap akan kukuh ditengah-tengah perbedaan budaya yang ada didalamnya dengan cara saling menghormati dan menghargai sesama suku bangsa dan tindak lanjutnya setiap anak daerah harus berusaha melestarikan warisan budaya dan adat istiadat daerahnya. Masyarakat Indonesia memilki satu status dan kedudukan yang sama yakni sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagaiwarga negara Indonesia, yang dituntut untuk selalu bersatu tanpa mempedulikan berbagai perbedaan yang ada demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai generasi penerus bangsa yang harus mampu mampu memastikan bahwa segala kekayaan negeri ini tidak akan mudah terpengaruh oleh tempaan pengaruh budaya global. Pemuda harus mampu menyebutkan bahwa kearifal lokal dari setiap wilayah dalam NKRI dapat memberikan atau mengapresiasi sesuatu yang postif dan pengaruh global juga harus diaparesiasikan dengan positif pula, hal ini menunjukan paham kebebasan yang melandasi kehidupan demokrasi yang akan diwujudkan melalui suatu proses dan telah membawa kita ke perjuangan kemerdekaan, demokrasi. Kenyataan budaya yang mulai terkikis akibat arus globaliasi dan perkembangan teknologi harus bisa di atasi dengan menyeimbangkan kedua hal tersebut. Masyarakat harus mampu menunjukan bahwa kekayaan budaya yang dimiliki negeri ini akan tetap lestari berjalan dengan perkebangan global yang dunia tawarkan untuk seluruh penghuni bumi ini.

Salah satu contoh kebudayaan Indonesia yang masih lestari hingga hari ini terdapat di Kolon Progo, Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di Jawa Tengah, daerah ini merupakan salah satu daerah yang masih terkenal dengan budaya sekitarnya. Selain itu banyak sekali spot wisata yang terdapat di daerah ini yang sudah terkenal di seluruh kalangan masyarakat khususnya. Setiap tahunnya Dinas Kebudayaan Kab. Kulon Progo mengadakan acara pawei Kirab Budaya yang di laksanakan di Kulon Progo, acara ini serentak mengambil banyak perhatian masyarakat, Kegiatan ini banyak mendapatkan parsitipasi dari daerah-daerah lain terutama daerah di jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Acara pawei kirab membuktikan bahwasanya di daerah tersebut masih ada budaya-budaya yang bertahan hingga era moderen seperti sekrang ini, Selain itu untuk memperkenalkan kepada masyarakat yang belum mengetahui tentang budaya-budaya yang ada di jawa tengah dan DIY khususnya. Contoh budaya yang di tampilkan oleh tiap-tiap daerah adalah pakaian adat daerah, seni gamelan, Reog Ponorogo dan lain sebagainya. Kegiatan ini juga sekaligus mengingatkan kepada kita untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya yang telah ada di daerah kita agar semuanya tetap terjaga dan masyarakat bisa tetap merasakan beragam Budaya dari tiap-tiap daerah. Betapa kayanya Inonesia yang tuhan ciptakan dengan sejuta keindahan alam dan isinya. Terbukti sudah bahwa Indonesia mampu mempertahankan budaya yang ada dari tiap-tiap daerah dengan berbagai macam perbedaan tetapi tetap dengan satu tujuan, yaitu membuat Indonesia tetap merdeka di mata semua warga negara khususnya di Indonesia sendiri dan umum nya untuk semua orang yang yang ada di dunia. pemikiran postif yang harus selalu ditunjukan bahwa dengan adanya kecanggihan teknologi masyrakat akan mampu dan dengan mudah mengenalkan segala kekayaan NKRI ini pada msayarakat dunia.


Sumber:

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini