FOTO: Kegagahan Pasukan dan Alutsista TNI di HUT ke-72

FOTO: Kegagahan Pasukan dan Alutsista TNI di HUT ke-72
info gambar utama

Tentara Nasional Indonesia ( TNI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 dengan menggelar upacara di Dermaga PT Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017) pagi.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menjelaskan, dipilihnya Dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon lantaran lokasi dinilai cocok untuk melakukan parade dari tiga matra baik itu darat, udara maupun laut.

"Tidak ada tempat lain, dari segi keamanan, di sini yang cocok," ujar Gatot pada Tirto.id.

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara. Sedangkan Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi bertindak selaku komandan upacara.

Foto: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
info gambar

Upacara diawali dengan parade pasukan dan defile berjumlah 5.932 orang yang terdiri dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, Brigade Upacara II Akademi TNI, Brigade Upacara TNI AD, Brigade Upacara TNI AL, Brigade Upacara TNI AU, Batalyon Upacara PNS, Batalyon Komponen Cadangan, dan Batalyon Pasukan Lintas Sejarah TNT.

Tidak hanya parade, TNI juga menampilkan latihan gabungan dengan menggunakan alutsista andalan dari masing-masing matra TNI, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Foto: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
info gambar

TNI Angkatan Darat mengerahkan 3 unit Bush Master Kopassus, 6 unit P6 ATAV Kopassus, 3 unit Junkie Kopassus dan 9 kendaraan tempur Anoa.

Selain itu ada pula 9 unit tank M113 A1, 10 unit tank Marder 2A1, dua unit INF Pandur H 8X8, tiga unit tank Arisgator, 9 unit Leopard 2R1, 9 unit tank Tarantula, Unit Panser Pandur 105 MM, satu unit Tank Kaplan dan satu unit Panser Badak.

Tidak ketinggalan juga 9 unit MRLS Astros II MK 6 dan sejumlah unit meriam lainnya.

Foto: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
info gambar

Sementara itu TNI Angkatan Laut menampilkan satu unit tank Recovery BMP~3F, enam unit truk, lima unit kendaraan kecil, 48 KRI berbagai kelas dan 17 Unit Pesud FIX Wing.

Selain itu TNI AU juga mengerahkan dua unit pesawat CN295, lima unit EMB-314 Super Tukano, 8 Unit SU-27/30, 8 unit pesawat F-16 dan lima unit EC-120 Colibri.

Foto: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
info gambar

Setelah demo latihan gabungan, Jupiter Aerobatic Team akan menunjukkan kebolehannya. Sebanyak enam pesawat KT 1 B dan satu helikopter SAR Super Puma bermanuver akrobatik udara.

Pantuan Liputan6.com, di lokasi, ribuan warga sudah memenuhi tiap tribun-tribun panggung yang disediakan. Untuk bisa mengisi barisan tempat duduk yang disediakan itu, warga harus rela berangkat sebelum matahari terbit.

Foto: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
info gambar

"Saya dari jam 5 sudah di sini. Rumah kebetulan 10 kilolah, naik motor udah macet juga padahal masih gelap saya udah jalan," kata Yatno warga Cilegon, Banten ada Liputan 6.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, perayaan HUT ke-72 TNI Tahun 2017 mengambil tema "Bersama Rakyat TNI Kuat".

Makna yang terkandung adalah kesadaran TNI yang bersumber dari rakyat, berbuat dan bertindak bersama rakyat.

Foto: KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
info gambar

Hal itu, kata Gatot, menjadi modal utama TNI dalam mengawal dan mengamankan kepentingan nasional menuju cita-cita bangsa.

"Kenapa ambil tema itu karena sejarah telah membuktikan bahwa yang merebut kemerdekaan ini adalah rakyat. Belum ada TNI. Lalu setelah kemerdekaan, pejuang yang merebut kemerdekaan ada yang kembali pada karyanya masing-masing tapi ada juga tinggal di tempat untuk menjaga kemerdekaan dan keamanan rakyat," ujar Gatot pada Kompas.

"TNI tidak pernah berjuang sendiri, selalu bersama dengan rakyat. Maka sentral kekuatan TNI adalah bersama rakyat. Tanpa rakyat, TNI tidak ada apa-apanya," kata dia.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini