Masih Remaja! Pemuda Ini Berhasil Terangi Desa di Sukabumi Berkat Mikrohidro

Masih Remaja! Pemuda Ini Berhasil Terangi Desa di Sukabumi Berkat Mikrohidro
info gambar utama
Berusia belia yang minim pengalaman tidak menghalangi kontribusi untuk masyarakat. Tampaknya prinsip itu yang dianut oleh seorang remaja berusia 17 tahun bernama Gamma Abdurrahman Thohir. Kontribusinya adalah dengan memberikan listrik untuk masyarakat tersebut dilakukan lewat pembangkit listrik mikro berbasis air yang Masyarakat Desa Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat. Pembangkit berkapasitas 40 kW yang dibuatnya berhasilberhasil menerangi 75 rumah di desa tersebut.

Seperti diberitakan Kontan (7/10) Gamma, begitu ia akrab disapa menjelaskan bahwa proyek mikrohidro yang dia kembangkan melalui Micro Hydro for Indonesia bertujuan untuk meningkatkan akses kelistrikan. Sehingga mampu untuk mengurangi kesenjangan pasokan listrik antara kota dengan desa.

“Seperti yang kita lihat, di Indonesia sendiri masih banyak desa-desa yang belum menikmati aliran listrik padahal potensi listrik dari energi terbarukan di Indonesia sangat besar sedangkan pemanfaatannya masih rendah,” kata Gamma.

Berkat masuknya listrik untuk masyarakat desa Ciptagelar, kualitas kehidupan dalam hal ekonomi bisa meningkat. Salah satu caranya adalah dengan memaksimalkan produksi kopi yang memang banyak terdapat di Ciptagelar.

Kepedulian sosial yang dilakukan Gamma rupanya tidak dilakukan dalam waktu singkat. Gamma telah memiliki inisiatif sebagai pemuda agen perubahan sejak tahun 2015 yang saat itu memiliki ketertarikan pada bidang energi. Dirinya melakukan riset secara mandiri dan menyiapkan proposal sekaligus melakukan edukasi relawan untuk mendapat dukungan dan pendanaan.

Penerapan teknologi mikro hidro di Ciptagelar yang dilakukan Gamma bukanlah langkah ceremonial belaka. Namun telah direncanakan hingga tahap bagaimana masyarakat akan bisa secara mandiri mengelola dan memanfaatkan listrik. Sehingga terjadi alih pengetahuan dan teknologi dari Micro Hydro for Indonesia kepada masyarakat lokal.

Sambil merendah, Gamma mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan buah kerja keras dari seluruh tim, termasuk keterlibatan warga Kasepuhan Ciptagelar yang terlibat siang dan malam selama proyek berlangsung.
Sementara itu, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar mengapresiasi program pemanfaatan listrik yang diinisiasi dan dikembangkan oleh Gamma dan timnya. Dirinya berharap, keberhasilan Gamma menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di seluruh Indonesia dalam berkontribusi aktif bagi masyarakat.
“Pemerintah mendukung penuh inisiatif dan kreativitas anak muda seperti yang telah dilakukan oleh Gamma. Proyek Micro Hydro for Indonesia ini tidak hanya sekedar untuk kepuasan personal, tapi juga mampu menggerakkan anak muda untuk melakukan inisiatif-inisiatif lainnya melalui kontribusi yang positif,” jelasnya.
Proyek Microhydro for Indonesia merupakan bukti bahwa generasi muda Indonesia mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat. Berkat proyek ini diharapkan akan ada lebih banyak lagi upaya-upaya pengembangan energi terbarukan di Indonesia.
Keberhasilan proyek Microhydro for Indonesia diharapkan akan mendorong pemerintah dan banyak pelaku usaha lainnya untuk lebih aktif dalam mengembangkan energi terbarukan di Indonesia.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini