Seputar Candi Borobudur Ada di Aplikasi BorobudurPedia

Seputar Candi Borobudur Ada di Aplikasi BorobudurPedia

Borobudur Pedia © lh3.googleusercontent.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang sering menulis di situs online mengenai peninggalan bersejarah ini, namun terkadang mereka menulis dengan persepsinya sendiri sehingga tak jarang sedikit menyimpang dari kebenaran akan Candi Borobudur.

Badan Konservasi Borobudur menyatakan telah membuat Borobudur Pedia, yang berisi informasi lengkap mengenai candi terbesar di dunia yang dibangun sekitar abad kedelapan tersebut. Aplikasi yang bisa diunduh lewat Android ini akan membantu mendapatkan informasi yang lebih jelas kepada wisatawan termasuk juga masyarakat Indonesia mengenai salah satu warisan budaya Indonesia, Candi Borobudur.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Aplikasi Borobudur Pedia (© play store)

Tak hanya memberikan informasi secara benar dan jelas seputar candi, aplikasi ini pun memuat berbagai foto, video serta kamus mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Candi Borobudur secara alfabetis, seperti istilah arca ataupun amitabha yang berhubungan dengan candi. Tak hanya itu, aplikasi yang mirip dengan wikipedia ini pun akan mengikutsertakan pembacanya untuk aktif memberikan informasi atau masukan kepada aplikasi ini. Ke depannya situs itu bukan sebagai informasi statis, tapi pengguna pun bisa menambahkan informasi menarik di sana. Balai Konservasi Borobudur akan menyaring informasi-informasi tersebut.

“Kami punya dua redaksi, satu redaksi tetap dan satu lagi redaksi pakar. Kontribusi dari masyarakat akan kami tampung dan kami telaah kembali apakah informasi tersebut benar atau tidak,” kata Marsis, Kepala Balai Konservasi Candi Borobudur, dilansir dari antaranews.com.

Borobudur Pedia bisa menjadi milik bersama masyarakat, tidak hanya milik Balai Konservasi Borobudur. Aplikasi tersebut saat ini memuat ribuan kata mengenai Candi Borobudur. Kamus itu tersedia dalam bentuk buku. Versi web dan aplikasi Androidnya masih dalam pengembangan. Borobudur Pedia diharapkan dapat membuat semakin banyak orang lebih mengenal candi yang terletak di Magelang (Jawa Tengah) tersebut. Mengingat Candi Borobudur merupakan salah satu potensi objek pariwisata berskala Internasional.


Sumber: antaranews.com | viva.co.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau50%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Siap Jadi Pusat Perhatian Dunia Pada IMF-World Bank 2018 Sebelummnya

Siap Jadi Pusat Perhatian Dunia Pada IMF-World Bank 2018

Buku Pintar, "Wikipedia-nya" Orang Indonesia Sebelum Era Internet Selanjutnya

Buku Pintar, "Wikipedia-nya" Orang Indonesia Sebelum Era Internet

Rizkia Yulianti
@rizkyuliant

Rizkia Yulianti

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.